Kelas Blogger Terbaik untuk SEO? Ikut KGB, Yuk

mengikuti kelas blogger terpercaya

Missriana.com – Masa pandemi dianggap sebagai masa paling membosankan oleh sebagian orang. Ya, bagi mereka yang menjalankan misi Work From Home alias WFH tentu sangat mengerti bahwa di rumah ternyata lebih membuat stres dibanding kerja keluar. Nah, biar terus produktif, saya mengikuti sebuah kelas blogger bergengsi untuk meningkatkan performa blog saya. Kira-kira, kelas blogger ini seasyik apa sih? Kok saya tertarik mengikuti ini?

Mengikuti Pelatihan Blogger di Awal Tahun

Eits, jangan salah, saya ini termasuk peserta yang beruntung, loh. Bukan karena dapat durian runtuh, itu mah sakit ya kena duri-duri tajam. Hahaha… Saat Coach Irwin Andriyanto menghubungi saya via WhatsApp bahwa saya menjadi salah satu dari 40 peserta yang masuk di kelas ini, itu rasanya lebih deg-deg’an dari sidang skripsi beberapa tahun lalu gaes.

Semua ini berawal dari cerita beberapa kawan blogger yang terpilih mengikuti KGB batch #1. Dan dari pengakuan mereka (yang bikin saya panas), kelas ini lumayan mengoyak jiwa keblogeran mereka (halah bahasanya) karena banyak ilmu baru yang didapatkan selama menekuni kelas ini. Apalagi pelatihan meningkatkan kualitas blog yang satu ini tuh ajaib banget. Hahaha, ajaibnya apa sih? Dikasih pintu ajaib ala Doraemon gitu? Husss!

Kelas Growth Blogger (KGB)

Definisi Kelas Growth Blogger (KGB)? Kalau versi saya, ini adalah kelas belajar SEO yang jadi rebutan banyak blogger. Lha iya, yang mendaftar ratusan orang tapi yang diterima jadi peserta hanya 40 orang. Ya, tak lain karena kelas ini diampu para master SEO yang profesional. Selain coach Irwin Andriyanto, ada pula Coach Pewe alias Punto Wicaksono sebagai coach utama, serta ada pula coach Aldhi Fajar, mbak Monica Anggen dan mas Bahrul Ilmi.

Kelas Blogger Terbaik yang Pernah Saya Ikuti

Meningkatkan performa blog dimana angka DA dan PA nya tinggi, itu tujuan awal saya. Siapa sih yang gak mupeng, angka DA yang semula 7 menjadi 30-an. Ah, peserta pelatihan batch #1 memang bikin ngiler. Lulusannya tuh gak kaleng-kaleng, menghasilkan kualitas blog yang bagus. Pantas saja banyak orang menyebut KGB ini sebagai kelas blogger terpercaya di era ini.  

Seiring perjalanan waktu, tujuan saya mengikuti kelas blogger ini sedikit bergeser. Pertama adalah untuk memperbaiki kekurangan blog saya yang jumlahnya seperti bintang di langit, buanyakkkk… Dan kedua, menyajikan sebuah konten yang bersahabat dengan pembaca (enak dibaca) namun tetap menjadi cucu kesayangan mbah Google alias mendapat prioritas untuk masuk 5 halaman pertama Google. Hahaha…

Biaya Mengikuti Kelas untuk Blogger  

Alasan normatif yang membuat para blogger berlomba-lomba untuk mendaftar KGB adalah karena kelas ini sifatnya GRATIS, tanpa dipungut biaya sepeser pun. Nah, karena saya sedang getol-getolnya ingin rajin ngeblog di jalan yang benar (sebelumnya sesat, beneran), dan duwit juga sedang pas-pasan, saya bertekat untuk mendaftar kelas ini dan syukurlah diterima.

Tapi buat kamu yang ingin mendapat layanan istimewa, ada pula kelas premium yang pastinya ilmu SEO yang diberikan juga bakal lebih dahsyat lagi. Kepoin saja web growthing.id untuk cari tahu apa saja yang kamu butuhkan, dan langsung deh konsultasi biar performa blog kamu meningkat. Harganya pun gak melangit kok, kantong mahasiswa mah bisa banget untuk mengikuti kelas blogger bergengsi ini 😀

mengikuti kelas blogger terbaik
Kelas Blogger SEO Premium (growthing.id)

Kursus Blogger untuk Belajar SEO

Nah, inilah momen yang saya tunggu-tunggu saat meramaikan kelas ini. Setiap materinya saya ikuti dengan serius dan memahami penjelasan coach dengan penuh kesyahduan. Iya, saking syahdunya, kadang kepala saya blank atau kehilangan konsentrasi saat belajar.

Tapi gak perlu khawatir, selama kita aktif mencatat setiap materi kursus blogger yang kece ini, kita bisa mempelajarinya kembali di lain waktu. Beberapa waktu yang lalu masih di kelas yang sama, peserta juga ditantang untuk mmebuat tulisan bertema literasi digital. Penasaran?

Ini tulisan saya : Literasi Digital, Sistem Belajar Baru di Era Pandemi

Oh ya, ilmu apa saja sih yang diajarkan di kelas belajar SEO ini? Saya kasih bocoran dikit ya.

1. Teknik Menulis dan Editing

Jangan bilang kamu seorang blogger jika proses nulis dan ngeditnya masih amburadul. Saya juga butuh bertahun-tahun agar bisa menulis dengan lebih rapi dan enak dibaca. Sekarang udah bagus? Belum juga.. hahaha… Beruntungnya dikelas ini ada mbak Gemaulani, coach yang kasih banyak ilmu tentang menulis, diantaranya adalah pemilihan jenis tulisan, cara mudah membuat outline, penggunaan huruf kapital dst. Pesan di akhir kelas adalah jangan malas membuat catatan kecil dan perbanyak baca buku.

2. Storytelling

Storytelling bisa diartikan sebagai kegiatan menyampaikan cerita. Ya, gaya storytelling sendiri bisa diaplikasikan saat menulis di blog, begitu kata Mas Bambang Irwanto selaku pemateri. Di sini penulis harus pandai memainkan beberapa hal saat menulis storytelling.

Penulis harus mengkondisikan seolah-olah sedang bercerita langsung dengan seseorang, gunakan Point of View (POV) atau sudut pandang bercerita 1 (pertama) dan selalu ingat “Show don’t Tell” (jelaskan, jangan menunjukkan). Kebayang kan isi blog akan lebih menarik?

3. Google Analytics

Nah, kalau yang satu ini adalah tools milik Google yang bermanfaat untuk membaca data terkait traffic blog kita. Menurut coach Baim yang kebetulan memberi materi tentang Google Analytics, setiap blogger wajib menyambungkan blognya dengan Google Analytic ini untuk memantau perkembangan blog, melakukan evaluasi, menentukan waktu posting yang tepat, mengetahui postingan yang banyak dikunjungi juga mengetahui sumber traffic.

Gimana sih cara baca grafiknya dan meningkatkan performa blog setelah itu? Nah, ini bisa kamu dapatkan kalau ikut kelas KGB batch #3 atau sekalian yang premium biar mantab ilmunya 😀

Ah, jadi makin semangat mengembangkan blog pribadi. Saya sempat curhat juga nih tentang asal-usul pembuatan blog missriana.com. Mau kepoin?

Yuk baca ini: Missriana.com, Tempat Mengukir Cerita Indah

4. Riset Keyword

Ada yang tahu gak tujuan blogger riset keyword? Tak lain agar artikel yang diposting bisa bersaing di page 1 Google dari beberapa keyword yang nyantol. Selain itu, riset keyword juga membantu artikel agar isinya lebih informatif sehingga akan banyak pengguna (user) yang mencari dengan keyword yang kita pilih. Ada banyak tool yang diberikan, kece-kece semua gaes dan sangat membantu saya untuk belajar.

5. SEO on Page

Selain untuk memperoleh posisi strategis di mesin pencari Google, SEO on Page juga wajib dilakukan agar konten lebih dipahami oleh pembaca. Dalam kursus belajar SEO yang diampu oleh coach Aldhi fajar ini, ada bebapa tips yang masih saya ingat agar artikel kita lebih SEO friendy, diantaranya adalah jangan lupa riset keyword utama, keyword turunan, riset artikel kompetitor juga menentukan heading dan sub-heading dengan tepat.

Search engine Google
Search engine Google (pixabay.com)

Kelas Online Blogger yang Bermanfaat

Ingat! kelas ini seperti wajib militer, barisan kata yang lumayan bikin deg-deg’an saat membuka pengumuman KGB #2 di blog masirwin.com. Ya, kelas online gratis yang satu ini memang ajaib karena seberat-beratnya tugas yang diberikan, para peserta rata-rata gak pingin nyerah walau katanya ada yang sampai demam, muntah-muntah, diare, depresi, bahkan terlambat memasak menu spesial untuk suami.

Belum lagi proses kick yang bikin adem panas, itu selalu dialami peserta tiga hari sekali. Percaya gak percaya, saya pun sudah merasa agak depresi gaes (hahaha jujur), tapi tetap menikmati setiap prosesnya. Karena saya tahu, ini adalah salah satu langkah saya untuk bisa naik kelas sebagai seorang blogger.

Judul blog yang bagus, cara editing blog, aneka plugin kekinian, juga pemilihan tema blog yang menarik juga diajarkan di kelas ini. Pokoknya lengkap banget.

Baca juga : Inilah Tema Blog Favorit Saya

Meningkatnya performa blog serta meluasnya jaringan pertemanan sudah tentu saya rasakan dalam Kelas Growth Blogger (KGB) batch #2 yang saya ikuti secara online ini.

Performa Blog Meningkat

Beberapa kawan suka memamerkan grafik perkembangan blog mereka, yang rata-rata meningkat. Ya, semua ini didapat dengan kerja keras para peserta, juga ilmu para coach yang memiliki blog dengan performa melejit. Tak hanya itu, kinerja blog yang meningkat dari para peserta juga tak lepas dari bimbingan coach juga selalu perhatian dan mau menjawab setiap keluh kesah peserta, bahkan hingga tengah malam.

Pertemanan Blogger Semakin Luas

Sejak ikut kelas blogger secara online ini, terhitung sudah tiga kali masuk dalam tiga kelompok kerja yang berbeda. Ini artinya, saya wajib beradaptasi dan mau berbaur dengan blogger lain yang kebanyakan belum saya kenal. Hebatnya lagi, saat masih belajar materi-materi awal, saat satu diantara tim ada kesalahan dalam mengerjakan tugas, semua orang dalam tim tersebut auto kick alias dikeluarkan dari grup kelas.

Ini adalah bukti bahwa Kelas Growth Blogger mengajarkan peserta untuk kompak dalam membangun teamwork,  alias tak boleh memikirkan diri sendiri. Disamping itu, jaringan pertemanan saya sejak mengikuti kelas ini juga meningkat.

Kesimpulan: Konsisten Praktik SEO

Sudah dikasih materi di kelas, sayang banget dong jika tidak dipraktikkan. Ya, itu adalah celoteh seorang kawan di tim saya yang benar-benar menjadi moodbooster saya untuk terus berjuang di kelas ini demi blog saya missriana.com. Harapannya sih kami bisa sama-sama menuju puncak dan lulus bareng dari kelas blogger KGB batch #2.

Hal yang menjadi prioritas adalah niat untuk menulis dulu, selanjutnya baru dilengkapi dengan parameter SEO yang sudah diajarkan.

Salam bahagia, Riana Dewie  

7 thoughts on “Kelas Blogger Terbaik untuk SEO? Ikut KGB, Yuk

  1. Waduh. Berat juga tantangannnya tetapi asyik bagi yang suka adrenalin dipacu. Ya, mengikuti kelas antuk narablog itu penting karena berkaitan dengan kompetensi diri yang harus terus diasah.

    Saya sejak bikin follow loop Indonesia Saling Follow blog kurang terurus. Sekarang malah tanbah parah karena sibuk terus dengan komunitas yang diurus sendirian plus belajar daring anak, dan urusan donestik.

    Hanya bisa mempartahankan nilai DA dengan berusaha rutin blogwalking. Nulis mah nanti jika situasinya memungkinkan. Soalnya mood sering amburadul.
    Lagian daya kalau nulis suka detail dan panjang. Niatnya agar evergreen, he he.

    Semangat, ya. Juga selamat sudah gabung di kelas keren. 👍

  2. Wah beruntung sekali ya Mbak Riana bisa ikut kelas bermutu. Apalagi seleksinya ketat, ya. Cuma unsur bikin adem-panas-hampir depresinya itu yang bikin dugun-dugun. Begitu ya, Mbak? 😀 Hal yang dipelajari juga ternyata bukan hanya materi, tapi juga jejaring dan kerja sama tim. Wah keren sekali ini kelas. 🙂 Kalau cari tahu informasi kelas ini di mana ya, Mbak? Jadi kepo.

  3. Kelas yang sarat ilmu banget ya mba, diajar para coach andal di bidangnya jadi tambah ilmu deh, saya jadi penasaran sama kelas KGB ini apalagi sistem kicknya bikin deg degan ya 🙂

  4. Wah. Sekarang Mas Aldhi sama Mas Bams jadi coach di KGB toh. Hebat✨😍
    Tahun lalu, saya juga sempet merasakan di-training di KGB. Tapi hanya separuh jalan, karena tetiba laptop saya rusak sehingga tidak bisa kerjakan tugas.
    Meskipun begitu, dampaknya wow banget loh ke performa blog saya, dan pengetahuan serta skill saya untuk menulis nge-blog jadi nambah banyak.

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.