Miss Riana

Tema Blog Favorit Saya yang Kekinian

Tema Blog Favorit Versi Saya

Tema blog yang dipilih dalam menulis itu ibarat nyawa manusia. Ia penentu dari keseluruhan alur artikel yang akan ‘hidup’ dan menemukan nasibnya sendiri. Saya pun merasakannya, apalagi disaat muncul ide cemerlang pada tema tertentu, sebisa mungkin harus dituangkan dalam wujud tulisan. Jika tidak, ya pasti kepikiran terus. Itu saya.

Ya begitulah. Yang namanya hobi sudah pasti akan terasa ringan dan nyaman untuk dilakukan. Seperti saya dan mungkin teman-teman blogger lainnya, menulis sudah menjadi makanan sehari-hari yang memberikan sebuah kepuasan hati. Puas karena sukses menumpahkan isi pikiran, belum lagi jika mendapat respon positif dari pembaca karena tema blog sesuai dengan yang mereka butuhkan. Ehmm, bikin seneng ya 🙂

Tema Blog Kesukaan Blogger Bervariasi, Kamu yang Mana?

Nah, dalam menulispun, setiap orang memiliki tema blog kesukaan masing-masing. Dari beberapa teman yang suka nulis di blog, ada beragam niche atau tema spesifik tulisan mereka yang tak jarang saya baca. Diantara mereka ada yang suka sejarah dan berbagai hal yang berbau heritage.

Banyak pula blogger yang hobi travelling dan menuliskannya dengan sangat apik sehingga membuat saya kepincut untuk mengunjungi destinasinya juga. Blogger lain ada yang suka mengangkat teknologi sebagai tema blognya, misalnya tentang smartphone.

Tema Blog Favorit Versi Saya
(dok.pri)

Nah, kalau saya sendiri, beberapa tema blog sudah pernah saya tulis. Ada yang terpaksa saya tulis untuk menantang diri sendiri, misal saja dalam rangka mengikuti lomba. Ada pula tema-tema yang memang ‘saya banget’, jadi ketika menuliskannya, saya tak terlalu merasakan kesulitan secara teknis.

Nah, tema apa saja sih yang saya sukai untuk melengkapi blog pribadi?

1. Wisata

Nah, ini saya banget ya. Kenapa saya suka menulis tema blog wisata? Karena untuk mengumpulkan ide-idenya, bagi saya ini lebih mudah dibanding menulis bertemakan politik maupun pemerintahan. Hihihi… Apalagi meliput wisata juga sekaligus menjadi momen manis untuk refreshing dari segala rutinitas saya yang tak jarang menimbulkan jenuh dan stres.

Dengan menulis wisata pula, saya semakin tahu betapa destinasi wisata, terutama di Jogja dan sekitarnya, mengalami perkembangan luar biasa dan asyik untuk dikunjungi. Endingnya, saya semakin bersyukur kepada Tuhan atas anugerah alam yang begitu indah dan menyejukkan.

Baca juga: Petualangan Blogger bersama JPS Offroad Gunung Kidul

2. Seni dan Budaya

Dalam beberapa kesempatan, saya menulis beberapa artikel dengan tema seni dan budaya. Dulu pada awal ngeblog, saya suka meliput beberapa acara menarik yang masuk dalam list event seni dan budaya di kota Jogja. Ada secuil unsur sejarah yang saya sukai, walaupun tak semua bisa saya kupas karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki.

Beberapa event seni dan budaya yang pernah saya liput adalah tentang pameran pusaka usai acara Grebeg Maulud Nabi di Kraton Jogja, festival tari di Pura Pakualaman, Pasar Malam Sekaten Yogya dsb. Ada beberapa nilai luhur yang bisa saya petik dari tulisan-tulisan ini, diantaranya pelestarian seni yang harus dipegang teguh sebagai warisan budaya bangsa.

Artikel berjudul “Meriahnya Festival Seni Budaya Klasik di Yogya” adalah contoh tulisan dengan tema blog seni yang membawa pengalaman baru bagi saya.

3. Kuliner

Berbicara tentang kuliner memang takkan ada habisnya. Coba kita pikir, setiap daerah memiliki makanan khasnya. Jika dikalikan dengan seluruh jumlah daerah atau kota di Indonesia, sudah berapa ratus macam coba? Belum lagi makanan khas daerah juga tak selalu hanya satu macam. Bisa dibayangkan kan, betapa Indonesia kaya akan kulinernya?

Ini yang membuat saya hobi meliput makanan. Mau Western, Asian atau Nusantara, masing-masing memiliki keunikan yang tak bisa selalu dibandingkan. Biasanya saya lebih menjiwai dalam menulis review makanan jika saya sudah melihat wujud makanannya dan tentu mencicipnya. Hihihi….

Baca juga: Sate Ratu Menjadi Ikon Kuliner Yogyakarta yang Mendunia

Tema Blog Favorit Versi Saya 2
(dok.pri)

Selain tema kesukaan, sejujurnya ada beberapa tema blog yang sengaja saya ‘tubruk’ padahal saya kurang memiliki modal yang cukup untuk menulisnya. Motivasinya satu, bisakah saya keluar dari zona nyaman dari tema tulisan yang biasanya?

Syukurlah, walaupun sulit, artikel bertema ‘spesial’ itu saya usahakan rampung pada waktunya. Ini contoh tulisan dengan tema blog paksaan (hihihi…) yang saya tulis untuk mengikuti blog competition. 

***

Itulah pengalaman saya dalam memilih tema blog favorit. Ini saya temukan atas dasar pengalaman dan semakin saya menulis dengan lebih dalam, semakin saya bisa menghayati isi dari tulisan saya. Menulis bagi saya pribadi adalah media belajar, terutama belajar berbagi informasi kepada mereka yang membutuhkan.

 

11 thoughts on “Tema Blog Favorit Saya yang Kekinian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *