Pepes Ikan Pindang Ini Murah Meriah, Cobain Deh!

Pepes Ikan Pindang #RianaMasak

Haiiiii, bagaimana kabar teman-teman di tengah pandemic ini? Ah, semoga tetap sehat dan produktif ya 😃 Hihihi, jujur ya, saya juga merasa sulit untuk bertahan dalam kondisi seperti sekarang. Tapi, apa iya kita hanya mau meratapi nasib yang entah sampai kapan ini? Mendingan produktif dong ya membuat hal-hal yang bisa dinikmati, misalnya bikin menu masakan enak buat keluarga di rumah 😀

Kamu mau makan apa nih? Hari ini #RianaMasak PEPES IKAN PINDANG loh 😍 Enak gak, ehmmm dijamin maknyuz dong, selain bahan bakunya murah meriah. Saatnya chef abal-abal beraksi untuk cobain ngolah makanan yang katanya berasal dari tanah Sunda ini. Hihi…

Mau yang dibakar atau yang dikukus nih? Hihi, kali ini #RianaMasak pepesnya dengan cara dikukus dulu ya. Besok-besok boleh banget deh cobain yang dibakar, kayak resep ibu dulu. Olahan makanan yang satu ini memang jadi idola bagi para pecinta kuliner, bahkan konon katanya sudah ada sejak zaman nenek moyang 😀

Ada yang penasaran bagaimana cara memasaknya? Yuk boleh kepoin 😀

#RianaMasak PEPES IKAN PINDANG

Resep ini bisa untuk 6 porsi ya 😊

BAHAN :

  1. 6 ekor ikan pindang (bersihkan & buang durinya).
  2. 1 ikat daun kemangi (petik daunnya)
  3. 18 lembar daun pisang (diasumsikan per bungkus pepes membutuhkan 3 lembar/sebagai cadangan jika sobek)
  4. Biting/tusuk gigi (untuk menyemat/mengunci bungkusan pepes)

BUMBU A (untuk campuran)

  1. 1/2 buah jeruk nipis (peras untuk melumuri ikan agar tidak amis)
  2. 1/2 buah jeruk nipis (peras airnya untuk campuran bumbu)
  3. 3 batang sereh (iris tipis)
  4. 2 batang daun bawang (iris tipis)
  5. 6 buah cabe rawit
  6. 6 lembar daun salam  
  7. 2 sdt garam (atau sesuai selera)
  8. 1 sdt gula (atau sesuai selera)

BUMBU B (dihaluskan)

  1. 10 buah cabe merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. 3 cm jahe
  5. 3 cm lengkuas (atau setengah ukuran jempol)
  6. 3 cm kunyit
  7. 3 butir kemiri

CARA MEMASAK PEPES IKAN PINDANG

  1. Haluskan Bumbu B (bisa diulek atau diblender)
  2. Iris tipis daun bawang & serai, lalu campurkan pada bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis, garam, gula pasir juga penyedap rasa sesuai selera. 
  3. Buang tulang dan duri ikan, lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis untuk mengurangi amis.
  4. Buka bagian perut ikan, oleskan bumbu, lalu tutup kembali. Ini bertujuan agar bumbu merasuk hingga ke dalam daging.
  5. Siapkan kukusan, isi air, lalu tutup hingga mendidih.
  6. Bagaimana membungkus ikannya? Caranya, ambil lembaran daun pisang, lalu masukkan daun kemangi, tumpuk dengan ikan, olesi bumbu di atasnya, lalu tumpuk lagi dengan daun salam, cabe rawit dan diakhiri dengan daun kemangi lagi. Setelah itu, kunci bungkusan pepes ini dengan biting/tusuk gigi pada kedua ujungnya. Lakukan berulang hingga semua ikan terbungkus.
  7. Setelah kukusan mendidih, masukkan semua bungkusan pepes dan kukus selama 20-25 menit.
  8. Selamat menikmati PEPES IKAN PINDANG.

Nah, biar jelas proses memasaknya, lihat yuk videonya di bawah ini:

Pepes Ikan Pindang Rasanya Maknyuzzz Banget

Nah gampang kan bikinnya? Ternyata saya habisin banyak nasi loh pas menikmati lauk legend ini. Untuk jenis ikannya sesuai selera masing-masing ya. Kebetulan saya mengolah ikan pindang karena kemarin baru beli di pasar, harganya pun sangat terjangkau.

Yuk follow IG @rianamasak dan subscribe Youtube Channel RIANA MASAK biar bisa terus ngintipin #RianaMasak. Terimakasih sudah berkunjung, selamat mencoba 🙂


20 thoughts on “Pepes Ikan Pindang Ini Murah Meriah, Cobain Deh!

  1. Wah ini enak banget, Kak. Bumbunya yang meresap dan pedas, maknyus banget deh hehe. Kalau ibuku suka ditambah kelapa juga jadi makin gurih deh pas disantap sama nasi panas. Pas makan ikan pindang begini, aku ingat pas ke Jember di pantai dikasih nelayan yang langsung membakar ikannya. Mereka menyebutnya ikan perka. Apa pun namanya, ikan ini enak banget memang. digoreng doang aja enak. Atau dibikin balado dengan pete, sedaaap 😀

  2. Aku belum pernah buat pepes ikan pindang. Seringnya pepes tahu. Kalau pindang lebih suka dibalado. Uwoww. Tapi ini resep okey punya deh, jadi mengurangi konsumsi minyak

  3. Soal kuliner ini bikin ngiler mulu nih. mana pepes ini menu yang udah lama tidak coba lagi. Terakhir waktu SMA huhuju curhat.

    Setidaknya bisa jadi bahan rujukan untuk buat pepes di rumah

  4. Wahhh dari kemaren nyari-nyari resep ikan pindang, karena biasa cuma di kuah kuning ala masakan Sulawesi Selatan gitu deh.

    Pengen nyoba bikin pepes tapi malas bungkusin daun pisangnya. Padahal kusuka pepes sih, kalau ada yang bikinin. Hehehe..
    berikutnya beli ikan pindang lagi kucoba masak pepes pakai resepmu mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *