Klinik Tumbuh Kembang Anak Terbaik di Jogja

klinik tumbuh kembang anak di Jogja

Usai terlahir ke dunia, seorang anak tentu menjadi mutiara hati bagi orang tuanya. Ya, tak heran jika sebagian dari melakukan konsultasi ke klinik tumbuh kembang anak untuk mendapatkan cukup ilmu dan informasi terkait perkembangan sang buah hati.

Melihat anak tumbuh sehat, ceria, merespon segala hal disekitarnya juga perkembangan fisik yang baik sudah tentu menjadi kebahagiaan orang tua. Klinik tumbuh kembang anak telah memberikan banyak solusi kepada anak-anak yang mengalami masalah dalam perkembangannya.

Masalah Tumbuh Kembang Anak

Urusan tumbuh kembang anak memang harus diperhatikan sedini mungkin. Setiap mom di dunia ini dituntut untuk lebih jeli mengamati pertumbuhan anak-anaknya. Paling tidak, saat anak berusia 2 tahun, perkembangannya diperhatikan secara serius. Jika menemukan kejanggalan, jangan tunda untuk membawanya ke dokter untuk berkonsultasi.

Empat Aspek Tumbuh Kembang Anak

Nah, sebelum membaca informasi lebih lanjut, ada baiknya mom mengetahui empat aspek penting pada perkembangan anak. Apa saja itu?

1. Aspek sensor motorik, misalnya anak tidak menangis saat ia terjatuh dan berdarah. Nah, jangan anggap  sepele ya mom?

2. Aspek bahasa dan komunikasi, misalnya adalah anak sulit berbicara padahal usianya sudah 3 tahun.                  

3. Aspek sosial-emosi, misalnya di umur 3-4 tahun, anak masih suka gondelan (tidak mau lepas dari orang tua) dimanapun berada.

4. Aspek kognitif & pemahaman, dimana orang tua harus memahami bahwa pencapaian perkembangan tiap anak adalah berbeda. Hal yang harus dilakukan adalah selalu waspada dan tes perkembangan anak sedini mungkin.

mengawasi pekembangan anak
Perkembangan anak (pixabay.com)

Faktor yang Memengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam proses tumbuh kembang anak. Pola asuh orang tua bisa jadi faktor penting dalam pembentukan karakter si kecil. Selain itu, lingkungan tempat si kecil berada juga akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Jadi, orang tua perlu menghadirkan lingkungan yang positif dan baik bagi perkembangannya. Asupan nutrisi untuk bocah juga perlu diperhitungkan untuk menunjang kesehatannya.

Nah, dari segi hiburan, karena saat ini jaman digital, orang tua perlu mengawasi anak saat mereka bermain gadget. Berikan tontonan edukatif untuk mengasah keterampilan mereka, juga ajaklah sesekali anak berjalan-jalan agar mereka bisa menikmati dunia luar.

Dampak baik memahami perkembangan fisik anak

Empat aspek di atas sudah selayaknya menjadi perhatian para orang tua saat ingin mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya. Andai menemukan kekurangan dalam proses perkembangan anak, seperti kesulitan belajar, keterlambatan berbicara, atau bahkan hiperaktif, lebih baik berkonsultasi ke klinik tumbuh kembang anak agar segera mendapat penanganan.

Kenapa? Karena terlambat sedikit saja bisa berakibat fatal. Oleh karenanya, orang tua harus aktif melihat perkembangan anaknya dari waktu ke waktu.

Gangguan Perkembangan Anak yang harus Diketahui

Terdapat beberapa macam gangguan tumbuh kembang yang bisa menimpa anak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Autisme

Gangguan tumbuh kembang anak yang satu ini juga harus ditanggapi dengans serius, karena anak yang memiliki gangguan autisme akan lebih emosional, sulit memahami kondisi sekitarnya bahkan sulit berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa ditangani dengan terapi untuk mendorong kemampuan fisik, juga dibutuhkan kesabaran keluarga agar anak merasa nyaman.

2. Cerebral Palsy

Jika gangguan perkembangan anak telah terjadi sejak berada di dalam kandungan, seperti cacat fisik, keterlambatan pertumbuhan, gangguan sistem motorik, ini sering disebut dengan Cerebral Palsy. Gangguan ini tidak bisa disembuhkan namun ada beberapa media atau alat untuk menunjang kemampuan fisik anak seiring pertumbuhannya, seperti alat untuk berdiri, berjalan dsb.

3. Terlambat Berjalan

Gangguan tumbuh kembang anak bisa dilihat saat dia berusia sekitar 8 bulan. Apakah ia sudah mulai belajar berjalan? Jika belum ada tanda-tanda demikian, orang tua harus sigap untuk melatihnya bergerak, melakukan terapi atau segera berkonsultasi ke klinik tumbuh kembang anak

4. Terlambat Berbicara

Seperti kasus terlambat berjalan, anak bisa jadi mengalami keterlembatan berbicara di usia yang seharusnya sudah bisa berbicara. Nah, para orang tua bisa menstimulasi anak untuk latihan berbicara, namun jika amsih gagal bisa langsung dikonsultasikan kepada dokter atau terapis.

5. Badan Pendek

Tubuh yang pendek adalah ciri dari anak yang mengalami gangguan ini. Banyak faktor yang menyebabkan ini, diantaranya karena gangguan genetik, kelainan endokrin, kekurangan gizi dsb. Melakukan terapi sedini mungkin bisa jadi solusinya, namun tak bisa menyembuhkan gangguan.

sindrom down - down syndrome pada anak
Anak dengan sindrom down (pixabay.com)

6. Sindrom Down

Gangguan yang satu ini berupa keterlambatan tumbuh kembang berupa sindrom down. Kondisi yang dapat dilihat adalah cacat fisik pada anak, kemampuan sel motorik melemah, bahkan cacat organ bagian dalam juga tak jarang terjadi. Hal ini bisa diatasi dengan berbagai terapi yang dapat mengasah kreativitas, juga dianjurkan untuk rutin melakukan cek kesehatan.

Konsultasi ke Klinik Tumbuh Kembang Anak

Para orang tua yang sedang mengawas perkembangan anak-anaknya, kini bisa lebih berlega hati karena ada klinik tumbuh kembang anak yang bisa memberikan solusi terbaik. Perlukah tergesa-gesa membawa anak ke klinik tumbuh kembang? Nah, agar lebih paham, baca informasi berikut ya.

Apa itu Klinik Tumbuh kembang?

Klinik tumbuh kembang anak adalah klinik yang membantu orang tua untuk melakukan deteksi dini, diagnosis juga intervensi (terapi yang dipilih) terhadap anak yang mengalami gangguan. Tentu, orang tua akan mendapat edukasi dalam memantau perkembangan si kecil dari para ahli.

Kelebihan klinik Tumbuh Kembang

Klinik tumbuh kembang akan memberikan pelayanan penanganna gangguan perkembangan anak secara terintegrasi. Jadi, saat datang ke klinik, petugas akan melakukan pemeriksaan secara detail kepada si kecil, mulai dari lingkar kepala, kesehatan mata dan telinga, berat badan juga perkembangan lainnya untuk mengidentifikasi apabila ada masalah kesehatan yang belum diketahui.

Perlukah Anak pergi ke Klinik Tumbuh Kembang?

Apakah klinik tumbuh kembang hanya untuk anak yang mengalami gangguan? Tentu tidak, bahkan siapapun boleh membawa si kecil kesini, untuk sekedar cek kesehatannya, perkembangannya atau bahkan pola pengasuhan yang tepat untuk buah hati. Nah, sekarang tidak was-was lagi kan saat mengawasi perkembangan si kecil?

Klinik Tumbuh Kembang Anak Terpercaya di Jogja

Jika saat ini diantara mom ada yang sedang mengalami masalah terkait tumbuh kembang anak, jangan khawatir karena di Jogja ada beberapa tempat konsultasi. Tapi, ada sebuah klinik yang rekomended banget nih untuk dicoba karena memiliki paket pelayanan yang spesial. Dimana tuh?

Mengenal Jogja Medical Center (JMC)

Maksudnya? Ya, klinik yang satu ini gak ada duanya karena saat anak bermain gembira, mom juga bisa melakukan perawatan disini loh. Keren, dimana sih ini? Yuk kunjungi Z Glow Clinic yang baru di-launching 13 April lalu.

klinik tumbuh kembang anak di jogja medical center
Launching Z Glow Clinic dan klinik tumbuh kembang anak, Jogja Medical Center pada 13 April 2019

Kabar gembira nih buat seluruh keluarga di Indonesia, Z Glow Clinic membuka cabang kelima di Jogja. Akhirnya ya, kota wisata yang satu ini terjamah juga oleh klinik popular besutan PT. Batin Medika Indonesia. Mengusung branding terbaru, yaitu Jogja Medical Clinic (JMC), Z Glow Clinic hadir dengan konsep “Family Clinic”.

Melayani Masalah Anak dan Kecantikan

So, sembari mom melakukan perawatan kecantikan atau gigi, si kecil juga bisa terapi di klinik tumbuh kembang kembang anak. Loh, daddy-nya ikut juga nganterin dua kesayangan ini? Wah bisa banget nih sekalian cek kesehatan rutin. Pokoknya lengkap 😀

Founder dari Z Glow Clinic & JMC, Futri Zulya memiliki mimpi besar untuk menjadikan klinik ini sebagai sentra ternyaman bagi ibu dan anak. Bekerjasama dengan Budi Mulia Foundation, Z Glow Clinic memiliki 4 layanan unggulan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu Klinik Tumbuh Kembang Anak, Klinik Kecantikan, Poli Gigi serta Poli Umum.

Launching  z  glow clinic dan jogja  medical center
Beberapa Blogger tampak meramaikan acara Launching Z Glow Clinic dan Jogja Medical Center

Nah, saya menjadi salah satu yang beruntung nih karena diundang di acara Soft Opening JMC bertemakan edukasi “Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak”. Acara yang dihadiri oleh para Influencers & Bloggers Jogja ini berjalan meriah. Tambah elegan karena desain interiornya dipercantik dengan nuansa baby pink. Ah, saya banget 😀

Setelah berkenalan dengan para penggagas bisnis kesehatan dan kecantikan ini, balon udara berwarna hijau diterbangkan di depan gedung sebagai tanda bahwa JMC dengan Z Glow Clinic-nya dibuka secara resmi untuk melayani masyarakat. Acara yang dikemas sangat menarik ini juga dihadiri oleh para dokter juga tim terapis dari JMC yang nantinya akan berkolaborasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

.

Nah, apa saja sih keunggulan dari masing-masing layanan tadi? Biar gak penasaran, saya akan sharing sedikit informasi tentang produk layanan Klinik Tumbuh Kembang Anak yang pastinya ditunggu-tunggu oleh para mom.

Mendeteksi Masalah Anak Sedini Mungkin

Nah, klinik yang satu ini memang bermanfaat banget bagi para orang tua yang selama ini mungkin terbiasa cuek atau kurang jeli dalam mengamati perkembangan anak. Ada yang penasaran mengapa klinik Tumbuh Kembang Anak menjadi 1 dari 4 prioritas pelayanan di JMC? Ya, ini tak lepas dari pengalaman pribadi sang founder, Futri Zulya.

Ibu dari dua orang anak ini memiliki semangat luar biasa dalam mendidik juga memperhatikan perkembangan buah hatinya. Jika lima hari waktunya ia manfaatkan untuk bekerja, Sabtu dan Minggu adalah milik anak-anaknya karena weekend memang menjadi ajang berkumpul dan berbagi keceriaan.

Bahagia pasti ia rasakan, namun rasa khawatir juga pernah ia alami sedemikian parah ketika mendapati anak keduanya sempat mengalami keterlambatan berbicara (speech delay) di usia 3,5 tahun.

Futri Zulya di klinik tumbuh kembang anak Jogja
Futri Zulya, Founder Z Glow Clinic

Setelah menemukan klinik tumbuh kembang anak dan berkonsultasi, anaknya menjalani terapi selama beberapa bulan hingga akhirnya ia lancar berbicara. Tak hanya itu, sang anak juga lebih fokus saat dipanggil oleh orang-orang disekitarnya.

Menurut Nevi Devi, psikolog yang juga hadir di acara launching ini, masalah tumbuh kembang anak memang harus diperhatikan dengan serius. Ada beberapa kondisi yang bisa dijadikan indikator untuk mengetahui normal tidaknya perkembangan anak. Beberapa contohnya adalah perbedaan anaknya dengan anak lain seusianya, kontak mata yang sering kurang fokus, motoriknya yang kurang bekerja dengan baik dsb.

.

Mengapa harus dilakukan sedini mungkin? Karena tumbuh kembang usia dini akan sangat memengaruhi perkembangan anak hingga ia kelak dewasa. Jangan sampai mom merasa kecewa pada akhirnya hanya gara-gara kurang memperhatikan masalah tumbuh kembang anak saat ia masih kecil.

Biaya Konsultasi Masalah Anak

Untuk memberikan pelayanan maksimal, Z Glow Clinic ini memiliki dua layanan untuk pasien tumbuh kembang anak, yaitu assement dimana ini merupakan tahap penilaian terhadap kekurangan yang terjadi pada anak.  Dan kedua, Evaluasi dimana psikolog akan memberikan beberapa tes untuk anak agar mengetahui kondisinya secara lebih detail.

Berapa sih biaya untuk konsultasi masalah tumbuh kembang anak di Jogja Medical Center? Tentu hal ini disesuaikan dengan masalah atau gangguan pada setiap anak. Namun jika ingin mendapatkan informasi tentang paket konsultas serta informasi biaya dengan lebih detail, mom bisa kepoin akun Instagram Jogja Medical Center.

Klinik Tumbuh Kembang Jogja JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
Klinik Tumbuh Kembang JogjaJogja Medical Center

Lokasi Jogja Medical Center (JMC)

Nah, asyik kan infonya. Yuk kunjungi Jogja Medical Center untuk membuat si kecil lebih sehat dan cerdas, bahkan bonusnya mom juga lebih glowing wajahnya.  Ditunggu yaaa 🙂  

Z GLOW CLINIC – JOGJA MEDICAL CENTER (JMC),

Jl. Pandean Sari No.4, RW.2, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
Telepon: (0274) 2830919

Kesimpulan

Yuk mom, ajakin si kecil ke klinik tumbuh kembang anak. Mengapa harus dilakukan sedini mungkin? Karena tumbuh kembang usia dini akan sangat memengaruhi perkembangan anak hingga ia kelak dewasa. Semoga anak-anak mommy semua sehat, ceria dan mengalami masa pertumbuhan sesuai harapan 🙂

39 thoughts on “Klinik Tumbuh Kembang Anak Terbaik di Jogja

  1. Oh, ini deket Terminal Bus Condongcatur itu ya mbak…
    Masih baru banget kah tempatnya?
    Seingetku terakhir kali lewat jalan itu, belum pernah lihat bangunan JMC hehe

        1. Kak Niyla, informasi berikut mungkin membantu.

          JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
          Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
          Buka ⋅ Tutup pukul 18.00
          Telepon: (0274) 2830919

  2. Jadi penting ya mendeteksi masalah anak sedini mungkin. Ternyata ada pengaruhnya untuk tumbuh kembang anak saat dewasa nanti. Pelajaran baru nih bwt saya

  3. Wah sebagai Mom yang newbie, klinik JMC ini sangat membantu banget ya Mbak. Karena kadang ada rasa minder gimana kalau anak haruz ketemu dokter, dikira sakit gitu. Padahal ngecek tumbuh kembang anak ke dokter ga ada salahnya.

        1. Hallo Kak Dwi, saya belum mendapat informasi terkait ini. Berikut informasi yang saya tahu:

          JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
          Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
          Tutup pukul 18.00
          Telepon: (0274) 2830919

  4. Anak saya udah umur 9bulan dok.. Tp blm bisa merangkak…bahkan kalau tengkurap g betah..
    Trus udah bisa duduk.. Tp itu pun duduk nya di bantu. Blm bsa sendiri..
    Gimna ya dok??

    1. Monggo mbak Novi bisa langsung konsultasi ke Jogja Medical Center. Telepon: (0274) 2830919. Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

    2. Bun kl boleh tau sudah konsul blm ya dan sarannya gmn? Kebetulan anak saya 11 bln jg blm mau merangkak dan blm mau bangun untuk duduk sndri hrs dibantu

      1. Hallo Kak Ritas, silahkan langsung hubungi langsung saja nggih, info berikut semoga membantu.

        JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
        Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
        Buka ⋅ Tutup pukul 18.00
        Telepon: (0274) 2830919

  5. Wah kalau masalah yang satu ini, saya juga malas berkomentar, karena saya selalu meyakini milestone setiap anak itu unik, dan saya yakin juga riduh pasti bisa mengejar ketertinggalannya disaat yang tepat untuk riduh dan satu yang pasti saya sangat yakin riduh itu anak yang normal, meski diusia 1 tahun dia belum jalan, gigi baru dua, ngomong belum lancar apapun itu riduh tak tergantikan dihati saya (

  6. Miss rina,
    Mau tanya miss, anak saya kok akhir2 ini kalau makan diemut dan kalau sudah lihat tempat makan m sendoknya sudah nangis duluan, sudah saya coba ganti tempat makan dan sendok berkali2..tetap saja ya… Apakah saya harus konsul ke tumbuh kembang anak atau konsul ke mana y miss…

    1. Hallo Kak Delisha, untuk mendapatkan solusi, silakan langsung hubungi :
      JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
      Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
      Buka ⋅ Tutup pukul 18.00
      Telepon: (0274) 2830919

  7. Mau tanya disini bs konsul tumbuh kembang untuk bayi yg ada kelainan pada telinga sehingga terganggu fungsi pendengaranya..terimakasih

    1. Hallo Kak Yanti, disini saya hanya bisa menginformasikan tentang lonching klinik ini. Untuk mendapatkan solusi masalah baby nya, monggo hubungi:
      JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
      Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
      Tutup pukul 18.00
      Telepon: (0274) 2830919

    1. Hallo Kak Nita, disini saya hanya bisa menginformasikan tentang lonching klinik ini. Untuk mendapatkan solusi masalah baby nya, monggo hubungi:
      JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
      Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
      Tutup pukul 18.00
      Telepon: (0274) 2830919

    1. Hallo Kak Arina, bisa langsung hubungi ini saja ya untuk info lengkap:

      JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
      Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
      Tutup pukul 18.00
      Telepon: (0274) 2830919

    1. Hallo Kak Elvi, bisa langsung hubungi ini saja ya untuk info lengkap:

      JOGJA MEDICAL CENTER (JMC)
      Alamat: Jl. Gondang Raya No.17, Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
      Tutup pukul 18.00
      Telepon: (0274) 2830919

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.