Miss Riana

Festival Bunda Generasi Maju, Dukungan SGM Bunda untuk Edukasi Nutrisi hingga Relaksasi

Festival Bunda Generasi Maju

“Berapa dari ibu-ibu ini yang rajin makan sayur?”, tanya dokter Edo saat menyapa ramah ratusan bunda ber-dresscode merah yang duduk cantik di depan panggung. Ah, satu per satu bunda tampak antusias menjawab pertanyaan sang dokter sambil ketawa malu. Hihihi… Ketebak nih, beberapa diantaranya mungkin ada yang “alergi” konsumsi sayur. Gak usah khawatir, masih ada kok solusi lain untuk bunda hamil agar nutrisinya terjaga. Gimana caranya? Ikuti terus ya jalan-jalan saya di event spektakuler khusus bunda, “Festival Bunda Generasi Maju”.

Jika setiap hari Minggu saya manfaatkan waktu untuk “semedi” di rumah, kemarin Minggu (28/04/11) saya sengaja untuk meluangkan waktu agar bisa bersua dengan bunda-bunda cantik yang tampak semangat dan antusias.  Bocoran dikit ya, ini acara impian saya setelah sempat ngepoin kehebohan event yang sama saat sebelumnya diadakan di Surabaya.  Diselenggarakan di lapangan parkir JEC (Jogja Expo center), acara ini tak hanya dikerumuni oleh bunda hamil, namun juga anak-anak juga ayah dengan beragam kegiatan yang mengedukasi.

SGM Bunda Menyediakan Aneka Booth untuk Memanjakan Para Bunda

Saat masuk ke acara SGM Bunda, didalamnya memang rame banget. Apalagi bunda-bunda yang datang bakal dimanjakan dengan beragam booth yang “manjaahhh”. Yes, saya banget nih. So, gak rugi banget buat bunda-bunda yang kemarin mampir ke festival ini.  

Setelah konfirmasi identitas diri di meja registrasi, saya mendapatkan sebuah kartu passport, bukan untuk jalan-jalan ke luar negeri loh. Ngareep aja 😀 Kartu ini nantinya dapat saya manfaatkan untuk memanjakan diri di berbagai booth yang tersedia. Ingin tahu kejutan apa saja yang ada di sana? Yuk kita masuki satu per satu.

1. Area Bunda Jajan

Area Bunda Jajan di Festival Bunda Generasi Maju

Nah, ini adalah area pertama yang saya serbu karena kemolekan  wajah-wajahnya. Hahahha… Wajah bunda-bunda cantik kah? Bukaaaan, maksud saya adalah wajah cake, kue, serta aneka jajan pasar yang saya dapatkan secara gratis di booth Bunda Jajan. Wkwkwkw… Gak ada salahnya kan sebelum berpetualang bareng SGM Bunda, perut diisi dulu dengan jajanan yang manis-manis biar wajah ini makin manis?

2. Area Bunda Santai

Bunda Santai, dari namanya sudah ketebak ya bahwa area ini merupakan area relaksasi untuk bunda-bunda yang mengalami pegal, sakit kepala, kaki capek dan segala keluhan yang sering dialami selama masa kehamilan.  

“Bunda ingin pijat kepala atau kaki?”, sapa mbak terapis saat saya hendak merasakan relaksasi. Saat itu saya memilih pijat kepala. Selain menjadi titik favorit untuk dipijat, efeknya pun sangat terasa karena membuat kepala lebih ringan dan badan segar kembali.

3. Area Bunda Cerdas

Nah, booth yang satu ini gak kalah unik loh. Area ini menyediakan sebuah layar LED touch screen yang menampilkan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh para bunda yang hadir. Dengan dua pilihan jawaban “Mitos” atau “Fakta”, SGM Bunda berusaha untuk mengedukasi bunda agar lebih cerdas menerima informasi dalam rangka menjaga kesehatan selama hamil.  

4. Area Bunda Sehat

Sudut yang satu ini gak kalah penting loh, Bun. Bunda-bunda hamil yang merapat ke booth ini bakal termanjakan karena dapat berkonsultasi seputar kesehatan kehamilan dengan dokter yang sudah siap melayani. Tak hanya itu, bunda juga mendapatkan fasilitas gratis untuk USG loh sehingga tahu betul tentang perkembangan janin.

5. Area Bunda Cantik

Nah, saat hamil bukanlah saat untuk malas dandan loh, Bun. Bekerjasama dengan produk kecantikan “Wardah”, booth ini akan mengedukasi para bunda dengan beragam tips agar tetap cantik natural saat hamil. Duh, serba “manjahhh” ya 😀

6. Area Photo Booth

Nah, area yang bikin bunda-bunda “me time” banget ini sengaja dipersiapkan karena aktivitas selfie itu penting banget yah, Bund 😀 Hihihi… Gak sekedar refreshing, bagi bunda yang sharing foto kecenya di Instagram juga bakal dapat pouch lucu loh 😀

Informasi Menarik Seputar Kehamilan, Sudahkah Bunda Melakukan ini?

Wah, asyik banget ya acaranya. Bener banget nih, acara “Festival Bunda Generasi Maju” ini benar-benar menyuguhkan acara yang bermanfaat banget tapi dikemas secara fun. Tentu saja biar bunda-bunda yang sedang hamil lebih sehat dan rileks menjalani masa kehamilan. Eh, cuma itu acaranya?


Para Bunda bersemangat untuk mengikuti talkshow bersama narasumber di Festival Bunda Generasi Maju

Tunggu dulu. Ibarat olahraga, itu baru pemanasan kok Bund. Hihihi…. Masih banyak rentetan acara lainnya yang memberikan edukasi, pengalaman serta relaksasi yang lebih dahsyat. Dijamin rugih deh yang kemarin gak ikut 😀

Oh ya, apa saja sih yang harus bunda persiapkan selama masa kehamilan? Nah, SGM Bunda memberikan banyak informasi menarik dan bermanfaat banget loh buat para Bunda. Apa saja itu?

1. Bunda Hamil Tak Hanya Butuh Makronutrisi, tapi juga Mikronutrisi.

Nah, bunda yang sedang hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi sayur mayur, ikan, daging, dan tentunya nasi. Katanya sih ini nutrisi yang baik untuk bunda dan janin. Betulkah? Betul, dr. Edo sebagai pembicara pertama di “Festival Bunda Generasi Maju” juga mengamini hal tersebut.

dr. Edo selaku pembicara pertama yang memberikan informasi seputar nutrisi ibu hamil

Tapi…. ada nutrisi lainnya nih yang gak kalah penting, bahkan ini harus sangat diperhatikan karena ini tidak akan terpenuhi maksimal, sekalipun bunda doyan makan apapun. Inilah yang disebut dengan Mikronutrisi, dimana dua nutri terpenting yang harus dipenuhi adalah asam folat dan zat besi.

Nah bunda, karena asupan nutrisi itu dibutuhkan sejak sel sperma dan sel telur bertemu (janin terbentuk) hingga anak berusia 2 tahun, jadi jangan pernah sepelekan ini jika ingin memiliki anak yang aktif dan cerdas, gak cuma pintar loh.

2. Asam Folat dan Zat Besi adalah kebutuhan Utama Bunda Hamil

Sebagai Mikronutrisi yang sangat penting, Asam Folat dan Zat besi jangan sampai dilewatkan oleh bunda yang sedang hamil. Kenapa? Kekurangan zat besi pada tubuh bunda akan menyebabkan anemia sedangkan kekurangan asam folat berpotensi melahirkan bayi cacat. Wah, jangan sampai ya 🙁

Nah, dokter Spesialis kebidanan dan kandungan yang aktif RS Siloam Yogyakarta hingga sekarang ini memberikan banyak edukasi terkait bahaya penyakit anemia pada ibu hamil. Menurutnya, anemia tak hanya berbahaya bagi ibu, namun juga janin karena penyebaran oksigen ke seluruh tubuh terhambat. Nah, banyak akibat buruk yang akan terjadi loh bun jika terkena anemia, diantaranya adalah keguguran, bayi lahir prematur (asupan oksigen dn nutrisi gak sampai ke bayi), kematian bayi dalam kandungan (karena HB rendah), pendarahan dsb.

Walaupun kasus anemia ini dialami oleh 50% ibu hamil, tapi jangan menyerah ya bun untuk terus memperjuangkan agar kebutuhan zat besinya tercukupi. Jaga kesehatan dan jangan malas konsumsi makanan bernutrisi ya 🙂

3. Bunda Hamil Dianjurkan Minum Susu

Hayo, siapa diantara bunda hamil yang saat ini masih gak doyan minum susu? Hihihi… Wajar kok bun, masa kehamilan kan sering diwarnai dengan perasaan yang beranekaragam, tak terkecuali mual saat membaui aroma susu. Tapi, jangan terus-terusan dibiarkan ya karena bunda butuh asupan makanan bergizi, diantaranya ikan, telur, daging, sayur dan susu sebagai pelengkapnya.

Nah, ngomong-ngomong, susu apa sih yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan memberi nutrisi yang cukup? Mungkin pilihan ada banyak, tapi satu-satunya susu yang mengandung complinutri untuk kesehatan ibu hamil adalah SGM Bunda.

Mbak Renta Memberikan informasi terkait SGM Bunda dan berbagai kegiatannya sebagai bentuk edukasi nutrisi

Menurut Mbak Renta, Senior Brand Manager SGM, formula SGM Bunda complinutri memang menjadi pilihan utama para bunda yang kini sedang hamil. Complinutri ini terdiri dari minyak ikan (untuk perkembangan otak dan saraf janin), zat besi (untuk perkembangan janin lebih sempurna), asam folat (pertumbuhan janin) serta kalsium dan vitamin B (membantu pertumbuhan tulang dan gigi).

Bunda cukup minum susu SGM Bunda minimal 1x sehari. Kalau ingin 2x minum juga boleh, nutrisinya akan makin terpenuhi. Nah, kalau tubuh kelebihan nutrisi gimana dong? Jangan khawatir, setelah janin menyerap dengan optimal, kelebihan nutrisi akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

4. Resep SGM Bunda untuk Kudapan Anti Mual Saat Hamil

Nah, kalau masih mual saat disuruh minum susu, gimana dong? Jangan khawatir, ada solusinya nih. Kebetulan di “Festival Bunda Generasi Maju” ada sesi cooking class bersama Chef Anton Yanwar Susilo untuk membuat aneka minuman dan kudapan segar yang membuat bund agak mual lagi untuk mengonsumsi susu. Apa saja itu?

Selain puding dan “Coklat Lapis Alpukat” yang dibuat dari SGM Bunda rasa coklat, dibuat pula “Es Jeruk Pelangi”, minuman dari susu SGM Bunda rasa jeruk yang diolah dengan es batu dan tanpa gula. “Es Strawberry Sirsak” juga tak kalah segar, dimana ini dibuat dari SGM Bunda rasa strawberry. Selain menyehatkan, rasanya segar dan bikin kenyang loh Bun. Cobain deh 😀

5. Prenatal Couple Yoga, Bentuk Dukungan Suami untuk Bunda Hamil

Jika ditanya, sesi mana dari “Festival Bunda Generasi Maju” yang paling bikin saya baper? Ya, sesi Prenatal Couple Yoga ini, dimana bunda dan suami akan diajakin melakukan yoga bersama dengan gerakan-gerakan yang ringan dan praktis. Duh, gimana saya gak baper, para bunda tampak bahagia saat melakukan gerakan-gerakan yang melibatkan sentuh para suami. Saya dan satu teman wanita akhirnya gagal mengikuti yoga yang satu ini. Kami hanya ketawa meratapi nasib yang datang sendirian ke festival ini, tanpa suami.  Hihihi…

Prenatal yoga, seperti yang dibimbing oleh instruktur dari AWJ PGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga) seperti ini memang bermanfaat bagi ibu hamil. Selain untuk meningkatkan kualitas pernafasan agar lebih baik, gerakan prenatal yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, membantu relaksasi, mengurangi stres, mengurangi sakit pinggang, juga membuat tubuh tetap sehat dan kuat selama 9 bulan  membawa beban berat karena pertumbuhan bayi.

Nah, selama bunda menjalani masa kehamilan, support suami sangat dibutuhkan agar perkembangan janin baik dari waktu ke waktu. Oleh karenanya, jangan komentari kalau bunda makannya banyak atau minta ini itu. Buatlah kondisi agar bunda selalu tenang dan tidak stress. Bantu bunda untuk merilekskan tubuh, bisa dengan memberikan pijatan lembut atau sentuhan yang menenangkan. Selalu jadi suami siaga ya 🙂

6. Tips agar Tetap Cantik Selama Masa Kehamilan

Katanya selama masa hamil, sebagian wanita memilih untuk tak merawat wajah atau berdandan. Alasannya cuma satu dan ini yang dilontarkan hampir semua bunda, yaitu malas. Nah, ini normal kok sebenarnya, tentu saja rasa malas bisa timbul karena faktor hormonal. Tapi andai bunda menyadari, saat hamil, wajah memang akan mudah berjerawat juga sering muncul bercak hitam.

Nah, apakah ini perlu dirawat? Perlu banget dong, bunda hamil kan harus tetap menjaga menjaga penampilan. Gak usah muluk-muluk, bunda bisa melakukan perawatan sederhana dengan cara membersihkan wajah dengan facial wash, menggunakan tabir surya di siang hari jika hendak ke luar rumah, atau menggunakan night cream di malam hari.

Beauty demo bersama Wardah untuk mengedukasi Bunda agar tetap menjaga penampilan saat hamil

Lah, kalau nanti ada efek berbahaya gimana? Kan gak semua kosmetik aman untuk ibu hamil? Nah, disini bunda harus pandai memilih produk yang aman dan natural sehingga bisa tetap bersolek manja walaupun sedang hamil. Salah satu rekomendasi kosmetik yang aman adalah Wardah. Hampir semua produk Wardah aman digunakan oleh ibu hamil. Silakan pilih sesuai selera, sekedar menggunakan lisptik dengan sentuhan blush on tipis, tentu membuat wajah bunda lebih segar dan berseri. Cobain deh 😀

Edukasi SGM Bunda untuk Semua Bunda Hamil di Seluruh Pelosok Negeri

Wah, menarik banget ya “Festival Bunda Generasi Maju” ini. Menurut saya sih, acaranya sukses jika dilihat dari bunda-bunda yang hadir, bahkan banyak yang datang dari luar kota loh. Ini adalah salah satu komitmen SGM Bunda, yaitu memberikan edukasi menyeluruh tentang masa kehamilan, baik melalui kegiatan offline maupun online.

Kegiatan offline lainnya yang dilakukan SGM Bunda adalah mengadakan edukasi nutrisi kepada para ibu hamil di pelosok negeri dengan menggunakan mobil, disamping memberikan sampling produk agar mereka semakin sadar nutrisi.

Beruntunglah kita semua, SGM Bunda mengajak para Bunda untuk memperhatikan kecukupan nutrisi sejak masa kehamilan. Mengapa harus dijaga? Karena masa kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si Kecil yang akan menentukan kualitas masa depannya.

Saya dan beberapa rekan blogger saat mengunjungi Festival Bunda Generasi Maju (dok. Manda)

Diantara bunda ada yang belum berkesempatan mengikuti “Festival Bunda Generasi Maju” di Surabaya dan Yogyakarta? Jangan khawatir, acara serupa akan diadakan di Jakarta (21 Juli 2019) dan Bandung (28 Juli 2019). Eh jangan lupa, SGM Bunda juga melayani via online loh, kunjungi & Like FB “SGM Bunda” untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan. Disini bunda akan mendapatkan tips, info, event, bahkan bisa live chat dengan dokter kandungan. Wah, lengkap banget 😀

Riana Dewie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *