Miss Riana

Ayo Minum Air (AMIR), Gerakan Edukasi agar Anak Minum 6 Gelas Sehari

gerakan bijak berplastik

Tanggal 8 April 2019, Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan wahana terbaru yang usung banyak nilai edukasi tentang manfaar air, “Zona Kebaikan Air”. Selain mengedukasi anak agar lebih bijak berplastik, “Zona Kebaikan Air” yang diprakarsai oleh Danone-AQUA ini juga mempopulerkan sebuah icon AMIR. Siapa sih ini?

Menurut dr. Tria Rosemiarti selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), gerakan AMIR ini diinisiasi sejak tahun 2016 bahkan sudah mendapat support penuh oleh Kementrian Kesehatan di tahun 2017.

Baca juga Ajari Anak Bijak Berplastik dengan Cara Asyik

Nah, gerakan AMIR ini ternyata mendapatkan animo yang besar dari masyarakat sehingga tak heran jika program ini akan disosialisasikan ke seluruh pelosok tanah air. Menurutnya, ini merupakan cara berkomunikasi yang tepat kepada anak-anak, apalagi dikemas menarik melalui visualisasi layaknya komik.

Penasaran, gerakan AMIR itu sendiri apa sih? Ini merupakan ajakan kepada anak untuk mau minum air putih rata-rata 6 gelas setiap hari. Terus, kapan sebaiknya anak minum air putih? ­­­­Ada beberapa kondisi yang direkomendasikan, diantaranya saat bangun tidur, saat bermain, saat belajar, setelah makan dsb sehingga mudah banget untuk diimplementasikan.

“Aku mau air…. aku sehat” adalah potongan lirik jingle dari AMIR yang pada saat peluncuran “Zona Kebaikan Air” dipentaskan oleh adik-adik bertalenta. Simpel namun ngena banget membuat lagu ini terus terngiang-ngiang di telinga saya. Terus, apakah gerakan AMIR ini hanya ditujukan untuk anak-anak? Secara tampilan wahananya memang sangat bernuansa anak-anak, namun dalam konteks edukasi, program ini juga bermanfaat bagi orang dewasa.

Jika anak membutuhkan 6 gelas sehari, bagaimana kebutuhan hidrasi orang dewasa? Nah, kalau untuk dewasa, ada beberapa faktor yang memengaruhi, yaitu jenis kelamin, aktivitas dan cuaca. Terkait jenis kelamin, wanita membutuhkan hidrasi 8 gelas sehari sedangkan pria 10 gelas sehari.

Aktivitas juga sangat berpengaruh loh, dimana pekerja lapangan tentu membutuhkan air lebih banyak dibandingkan yang lebih pasif. Juga saat cuaca panas, kebutuhan hidrasi harus terpenuhi agar tubuh tetap segar dan fit.

Jika kurang minum, emang ada efek sampingnya? Tentu ada dong. Untuk dampak jangka panjangnya, kurang minum air akan menyebabkan penyakit tidak menular. Sedangkan jangka pendeknya menyebabkan tubuh lemas, mudah mengantuk, kurang konsentrasi dsb.

Oh ya, satu kunci penting yang harus dipahami bersama adalah bahwa air itu masuk dalam kategori nutrisi, loh. So, kebutuhannya harus tercukupi 😀

Salah satu sudut di Zona Kebaikan Air

Keunggulan “ZONA KEBAIKAN AIR” di Taman Pintar Yogyakarta

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, “Zona Kebaikan Air” ini memang merupakan wahana yang penuh dengan kejutan. Nah, kamu mau tahu keunggulan “Zona Kebaikan Air” ini? Yuk intip tipis-tipis 😀

1.Dikemas Menarik dan Interaktif

Zona baru ini memberikan pengalaman baru bagi anak-anak terkait hibernation science. Dipenuhi dengan gambar-gambar dan infografis lucu, mereka akan mudah mencerna pesan yang disampaikan. Apalagi dikemas dengan warna biru segar ala-ala air laut, tentu akan membuat nuansa ruangan menjadi adem dan menyenangkan.

2. Menonjolkan tokoh “AMIR”

Untuk memudahkan pemahaman, seperti yang dijelaskan di atas bahwa wahana yang digarap oleh Danone-AQUA ini menampilkan tokoh AMIR, yang merupakan singkatan dari ”Ayo Minum Air. Harapannya, anak-anak bisa terpengaruh dengan gaya hidup AMIR ini untuk minum air putih 6 gelas sehari.

“Kalau kamu mencukupi kebutuhan hidrasimu setiap hari, maka kamu akan lebih konsentrasi belajar di sekolah. Asupan 200-400 ml sebelum berangkat sekolah, akan meningkatkan memori ke ketahanan fisik dan otak”, ungkap dr. Tria saat menjelaskan tentang edukasi AMIR ini.

3. Menawarkan Edukasi Lengkap

Area edukasi pada “Zona Kebaikan Air” ini lumayan lengkap loh, diantaranya area adukasi PIJAR (Pilih, Jaga & Rawat) untuk menjaga kualitas dan kuantitas air, area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air & air tanah dalam, area edukasi sumber air, area gerakan AMIR (Ayo Minum Air), edukasi pentingnya menjaga hidrasi fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplastik yang sungguh menarik.

**

Nah, asyik banget nih “Zona Kebaikan Air” untuk dikunjungi. Apalagi wahana ini sejalan dengan program ‘Taman Pintar Integrated Eco Management’ yang bertujuan mengedukasi pengunjung untuk menjaga lingkungan.

Isinya menarik loh, yaitu mengenalkan kepada masyarakat tentang konservasi air (mengolah kembali air yang sudah digunakan), konservasi listrik (mengajak masyarakat untuk hemat listrik) serta pengolahan sampah mandiri. wih, kompakan banget dong ya
😀

Tunggu apa lagi…. Yuk ajak anak-anak, keponakan, teman-teman juga kesayangan kamu buat mencoba ‘Zona Kebaikan Air’ juga zona-zona lainnya yang ada di Taman Pintar Yogyakarta biar kita tahu bahwa ada wahana edukasi yang membuat proses belajar anak menjadi lebih simpel dan menyenangkan.

Mereka yang dari luar kota saja banyak yang piknik ke sini, masak kamu gak? 😀

Riana Dewie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *