Fungsi Makanan Ringan untuk Kesehatan Kita

Inilah Fungsi Makanan Ringan

Fungsi makanan ringan untuk kesehatan kamu ternyata tak main-main, loh. Hayooo, ada yang suka ngemil juga? Hahaha toss ya, saya pun penggemar snack ringan yang lumayan meningkatkan moodbooster di hari-hari kerja kantoran.

Ya, harap maklum, karena memiliki riwayat penyakit maag, saya tidak bisa langsung makan dalam jumlah yang banyak. Akhirnya, saya direkomendasikan untuk makan sedikit demi sedikit atau metiapkan camilan sehat untuk menjaga lambung tetap aman.

Pilih Camilan Sehat untuk Menemani Kerja

Selama bekerja, entah dari rumah maupun dari kantor, saya terbiasa menyiapkan snack ringan atau camilan yang menurut saya aman untuk kesehatan. Tapi ya tak jarang juga membeli camilan nikmat tapi gak sehat, terutama goreng-gorengan yang seharusnya sudah saya hindari. Hihihi…

Ya, selain meningkatkan kolesterol, terlalu sering makan mendoan atau bakwan juga berpartisipasi untuk membuat badan makin lebar. Hehehe….

Oh ya, berbicara tentang snack, sejak kecil sebenarnya kita sudah terbiasa untuk snack time di sekolah, bahkan saat masih duduk di bangku TK. Pilihan snack biasanya yang ringan, sehat dan tidak mendatangkan alergi tertentu pada anak. Ada yang ingat? Selain bikin hepi anak-anak, ternyata ada manfaat lain dari snack time.

Nah, ternyata dari segi kesehatan, fungsi makanan ringan tersebut adalah untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan besar. So, gak melulu bikin obesitas ya, selama kita mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang cukup.

coffee break
coffee break (pixabay)

Manfaat Camilan untuk Kesehatan

Ngemil sering dianggap gak bermanfaat? Ah, itu kan dulu. Setelah memahaminya dari sisi kesehatan, setidaknya mindset lama kita berubah ya. Untuk mengimbangi snack time, kita bisa memilih makanan yang aman bagi kesehatan, termasuk tambahan zat aditif yang terkandung didalamnya. Dengan begitu, kita tak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsinya.

Makanan ringan adalah makanan yang sering disantap di luar waktu makanan utama. Sebenarnya apa saja sih fungsi makanan ringan untuk kesehatan kita? Nah, biar gak bikin khawatir, berikut beberapa ulasan singkatnya ya.

1. Sumber Energi bagi Tubuh

Nah, makanan ringan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi, loh. Gak hanya itu, beberapa jenis snack yang dikonsumsi ternyata bisa menghilangkan rasa kantuk setelah makanan menu berat yang tinggi kalori.

Jadi, aktivitas seharian jadi lebih aman dan membuat kita lebih produktif. Apalagi jika ditambah dengan aktivitas olahraga, makin sehat pastinya.

2. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Apakah snack selamanya menjadi makanan yang tak sehat? Tentu saja tidak. Makanan ringan yang mengandung buah atau sayuran bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, disamping menyembuhkan luka pada gigi dan gusi.

Tak hanya itu, makanan ringan yang mengandung keju rendah lemak dan yoghurt juga meningkatkan asupan protein yang sangat baik untuk otot, kulit dan rambut.

3. Mengontrol Berat Badan

Ada yang sering mengalami kelaparan ekstrim? Bisa jadi karena kamu jarang ngemil makanan ringan yang membuat kamu pada akhirnya makan berlebihan saat masuk jam makan. Nah, masalah ini bisa diantisipasi dengan mengonsumsi snack setiap tiga hingga lima jam sekali.

4. Meningkatkan Fokus & Konsentrasi

Agar anak-anak dan orang dewasa dapat menyimpan informasi dengan baik di memori otaknya, sebaiknya aktivitas ngemil dilakukan secara rutin. Tentu ini sangat berpengaruh meningkatkan fokus dan kinerja otak.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Aktivitas kerja yang penuh dengan tekanan dan rasa stress memang harus diantisipasi sedari dini, diantaranya adalah menyiapkan makanan ringan selama bekerja. Manfaat camilan ini akan membuat kita bisa tetap fokus, tenang dan mengembalikan semangat yang hilang.

Snack Favorit yang Memenuhi Meja Kerja

Nah, salah satu moodbooster saya saat kerja adalah menyediakan banyak camilan atau makanan ringan di meja kerja. Manfaat makanan ringan adalah untuk menjaga perut agar tidak kosong dalam jangka waktu lama, saya sering membeli camilan di minimarket, seperti Beng Beng atau biskuit Roma Kelapa.

Sari Gandum rasa coklat juga menjadi menu favorit saya karena makan dua biji saja sudah membuat perut menjadi dingin dan lega. Wah, ternyata banyak ya produk Mayora yang digemari banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Produk lainnya yang tak kalah populer adalah Roma Marie Susu, Roma kelapa, Roma Malkist Krim Keju Manis, Roma Wafer Coklat, Energen Cereal juga permen Kopiko, Kiss, Tamarin dsb.

Oh ya, saya suka beberapa snack dari Mayora karena memang diproduksi secara higienis dan diformulasi dari bahan-bahan alami dan sehat. Jadi, camilan ini memang menunjang aktivitas saya yang dituntut harus terus sehat dengan aktivitas yang hanya duduk di depan komputer.

fungsi makanan ringan untuk kesehatan kamu
Apa saja fungsi makanan ringan?

Sekilas tentang PT Mayora Indah Tbk

Ada yang pernah dengar tentang Mayora? PT Mayora Indah Tbk adalah perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman di Indonesia. Produknya bahkan digemari hingga ke pasar luar negeri dan sukses bersaing di Pasar Global.

Selain memproduksi banyak produk berkualitas, PT Mayora Indah juga memiliki inovasi produk yang didukung dengan strategi pemasaran yang jitu. Tak hanya itu, Struktur Organisasi Mayora juga jelas serta dipenuhi oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas sehingga sangat support pertumbuhan bisnis.

Bahkan beberapa merek produknya benar-benar mengena di hati konsumennya hingga menjadi ‘top of mind’ konsumen karena unsur heritage-nya karena dapat menyuguhkan ikatan emosional yang tinggi, seperti  Beng-Beng, Astor, Kopiko, Roma dan Torabika.

Wah-wah, ternyata produk Mayora sangat banyak dan secara gak sadar kita sudah sering mengonsumsinya kan? Fungsi makanan ringan untuk kesehatan kita ternyata beragam dan pastinya kita gak boleh salah pilih memilih snack.

Pilih yang  aman dan berkualitas, seperti produk Mayora yang menurut saya rekomended banget. Jadi, camilan favoritmu yang mana nih?

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.