Domain untuk Blog yang Bagus? Berikut Tips Memilihnya!

Domain untuk blog yang bagus

Domain untuk blog yang bagus? Berikut tips memilihnya! Nama domain memang tak tak pernah lepas dari usaha membangun sebuah brand maupun bisnis. Ini adalah satu hal yang pertama dilihat orang, bahkan otomatis menyiratkan sebuah pesan atau karakter tentang brand tersebut.

Saat sebuah domain terasa unik dan berbeda, bisa jadi ini bakal menjadi hoki karena meningkatkan penjualan maupun traffic web yang sedang dibangun. Jadi, memilih domain memang gak boleh sembarangan.

Domain dan Manfaatnya

Domain adalah sebuah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi web server, server komputer atau mail server. Dengan kata lain, domain ini akan mengantar kamu ke alamat website yang dituju. Sebagai contohnya adalah missriana.com yang saya pilih sebagai domain agar orang-orang bisa membaca tulisan di blog ini.

Domain juga sering disebut sebagai versi sederhana dari IP Address yang notabene merupakan kombinasi beberapa angka yang sulit diingat. Sebagai contohnya adalah 192.168.0.1. Saat diganti menjadi missriana.com, tentu ini akan lebih mudah diingat.

Missriana adalah blog yang dituju, sedangkan .com merupakan ekstensi domain yang dipih. Apakah ada ekstensi lainnya? Banyak. Nanti akan saya bahas lebih lanjut ya tentang ekstensi domain untuk blog.

membangun blog dengan domain
Domain untuk membangun blog

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Secara sederhana, domain untuk blog yang bagus berasal dari pemilihan kata yang dapat menggambarkan produk maupun konten yang dibutuhkan orang.

Bagaimana sih cara memilih nama domain untuk blog yang bagus? Berikut tips memilihnya!

1. Pilih Nama yang Pendek

Prinsipnya makin pendek nama akan makin baik. Jangan membuat domain yang berisi lebih dari tiga kata. Alasannya? Ya, agar domain kamu mudah dibaca dan diingat oleh orang. Tak hanya itu, kamu juga bisa lebih hemat tempat saat menuliskannya di profil media sosial, kartu nama atau portofolio.

2. Mengandung Keyword “Brand”

Siapa sih yang gak ingin nama bisnisnya ditemukan di hasil pencarian Google? Untuk memaksimalkan ini, pilih domain yang mengandung kata kunci (keyword) yang relevan dengan bisnis atau brand kamu.

Misal kamu punya bisnis kue mawar, pilih nama domain yang mengandung kata ”kue mawar”, bisa juga ditambah lokasi (misal “jogja”) untuk membantu menargetkan pelanggan dari lokasi tertentu. Oh ya, sebaiknya hindari nama domain dengan brand yang sudah ada untuk meminimalkan persaingan di Google.

3. Nama Domain dan Produk Relevan

Nama domain yang kamu pilih sebaiknya memang sesuai dengan produk yang dijual. Misal kamu memilih nama kuemawar.com, berarti kamu menjual kue dengan bentuk seperti mawar. Jangan malah menjual produk parfum, bisa jadi calon konsumen merasa tertipu atau kecewa dengan produk kamu.

4. Hindari Kata Rumit

Pilihlah kata yang sederhana, jauh dari kesan rumit. Nama domain yang rumit akan sulit diingat, bahkan susah dieja dengan benar.

5. Mudah Diketik

Pilih nama domain yang simpel dan mudah diketik. Coba bandingkan domain rotimawar.com dengan roti-mawarjogja-77.com. Menurutmu, ini lebih efektif yang pertama atau kedua? Tentu saja yang domain pertama. Alasannya? Tentu saja, orang belum tentu mudah mengingat tanda hubung pada domain. Kedua, gabungan huruf dan angka akan lebih sulit diingat, apalagi dengan komposisi seperti contoh.

Mau Custom Domain? Bisa Banget!

Nah, kalau memiliki blog dari platform blogspot apakah bisa dipasangi domain tadi? Tentu saja bisa, ini yang sering disebut dengan custom domain. Nah, custom domain adalah cara untuk menghubungkan domain kamu ke website yang telah dibuat.

Misal, kamu punya domain rotimawar.blogspot.com bisa custom ke domain rotimawar.com. Terasa lebih simpel kan? Betul, bahkan ini bisa berpengaruh positif pada online branding produk yang ditawarkan.

Caranya gimana? Gampang, ada banyak tutorial untuk custom domain dari blogspot ke domain TLD yang bisa kamu jadikan referensi. Bisa juga konsultasi dengan web host tempat kamu membeli domain.

Gunakan Ekstensi Domain yang Sesuai

Nah, seperti janji saya di atas, saya akan memberikan informasi tentang aneka ekstensi domain untuk blog atau website yang sering digunakan. Ternyata gak hanya .com aja loh, namun ada ekstensi domain lainnya dengan fungsinya masing-masing.

Berikut diantaranya:

Pilihan ekstensi domain untuk blog
Domain untuk blog paling bagus (pixabay)
  • .net : digunakan untuk situs bertema teknologi dan jaringan.
  • .co : digunakan untuk situs perusahaan.
  • .org : digunakan untuk situs organisasi dan lembaga.
  • .me : digunakan untuk situs atau blog pribadi.
  • .biz : digunakan untuk situs bisnis.
  • .info : digunakan untuk situs yang bersifat informatif.
  • .edu : digunakan untuk situs pendidikan
  • .tel : digunakan untuk situs telekomunikasi
  • .co.id : digunakan untuk situs kepentingan komersial
  • .desa.id : digunakan untuk situs pemerintahan desa
  • .go.id : digunakan untuk situs instansi pemerintah
  • .info : digunakan untuk situs keperluan informasi
  • .name : digunakan untuk situs web pribadi
  • .pro : digunakan untuk keperluan profesional
  • .jobs : digunakan untuk situs informasi pekerjaan
  • .mil : digunakan untuk situs militer
  • .mobi : digunakan untuk situs mobile communication
  • .asia : digunakan untuk situs khusus di asia
  • .gov : digunakan untuk situs pemerintahan

Rekomendasi Web Host Untuk Beli Domain Bagus

Begitulah, walau ada banyak ekstensi, namun domain .com tetap merajai hingga saat ini. Jadi jangan heran, pesaing bisnis yang membidik domain ini sangat banyak. Alternatifnya, pilihlah kombinasi unik dari nama domain yang akan kamu pilih, setidaknya mendekati harapan.

Domain untuk blog yang bagus? Berikut tips memilihnya! Oh ya, sebaiknya beli domain untuk blog itu dimana sih? Sesungguhnya ada banyak web host yang bisa dibidik. Bisa karena sudah merasakan performanya, atau atas rekomendasi teman yang pernah menggunakan.

Nah, kalau saya pribadi sudah berlangganan Rumahweb sejak dulu. Pertama saat mengurus web kantor dan kedua, saat membangun blog dengan platform Blogspot dan WordPress. Rumahweb sendiri merupakan penyedia layanan web hosting lokal yang mempunyai server fisik di Indonesia.

Tim customer online yang selalu sigap, bahkan hingga tengah malam membuat saya merasa nyaman saat menemui kendala dalam pengelolaan blog pribadi. Pernah saya mengalami masalah saat custom domain dari blogspot ke domain TLD dan semua beres gak nyampe 1 jam.

Oh ya, web host lainnya juga banyak yang bisa dipilih, seperti Niagahoster, Hostinger ID,  Kinsta, atau Idwebhost. Jadi, sudah siap memilih domain untuk bisnismu?

Riana Dewie

10 thoughts on “Domain untuk Blog yang Bagus? Berikut Tips Memilihnya!

  1. Tempat hostingku belum kesebut 🤭
    Oya, sekarang yang populer dan menjadi kebanggan adalah dot id. Malah dikasih bonus dot my.id 🙂

  2. Rumahweb sendiri keren banget ya
    penyedia layanan web hosting lokal yang mempunyai server fisik di Indonesia.

    Apalagi Tim customer online selalu sigap
    Makin mantuuulll!

  3. wah sama kak, saya juga pelanggan di rumah web atas rekomendasi teman hehe, customer service nya lumayan bisa di andalkan saat ada masalah.

    emang domain .com paling populer, sementara blog pribadi saya masih menggunakan domain .my.id tidak mungkin ganti domain karena sayang DA nya hehe, jadi pilihannya mungkin tambah blog baru aja dengan pilihan .com

  4. Saya pernah bingung banget nih, mau pilih domain curhat si ambu atau nama saya
    Sebelnya saya pilah pilihnya di kantor tempat membeli domain dan karyawannya gak ngasih penjelasan yang membantu
    Jadi deh sampai sekarang saya bingung 😀😀😀

  5. setuju banget mbak kalau milih nama domain itu bagusnya yang simple dan bisa jadi branding kita. sebenarnya saya pengen sih bikin satu blog lagi tapi masih bingung mau dikasih nama apa. heu

  6. Nah iyaa, memilih nama domain untuk usaha kadang harus cermat ya. Aku dulu membuatkan website untuk suami juga nyari di Google. Dan udah langsung custom domain akhirnya agar usahanya bisa dikenal secara lebih luas

  7. Kalau udah tau struktur domain gini bisa meminimalisir pengguna internet kena tipu juga ya.. Sebab sering banget liat website yang cloning perusahaan resmi itu namanya aneh.

  8. Aku mau tanya donk, kak…
    Momennya pas banget.
    Aku bikin blog lagi niih…tapi masih pakai nama yang sama hanya aku kurangi 1 hurufnya. Bakalan ngefek gak yaa…ke mesin pencari google?
    huuhuu…haturnuhun jawabannya.

  9. menurutku bikin nama domain itu kudu yang kita banget dan mencerminkan niche. kalau bisa siihh.. kalau ngga bisa ya setidaknya yang ngga susah diketik gituu 😀 jadi kalau misalnya ada orang nanyain, gampang jawabnya dan mudah diingat

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.