Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan Rumah Tangga dan Budget

cara memilih mesin cuci yang awet

Cara memilih mesin cuci sesuai kebutuhan rumah tangga dan budget memang harus diperhitungkan secara matang. Namun sebelum membahas itu semua, tak ada salahnya kita mengintip sejenak, bagaimana alat pencuci pakaian dikembangkan dari waktu ke waktu.

Sejarah perkembangan mesin cuci memang cukup panjang. Tentu saja, ini disesuaikan dengan kemajuan peradaban manusia juga teknologi yang ada. Ya, ini terjadi karena mencuci baju merupakan aktivitas sehari-hari yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tak heran jika mencuci baju dianggap sebagai satu budaya tertua dalam sejarah peradaban manusia.

Rutinitas membersihkan baju ini awalnya dilakukan secara manual atau dengan tangan. Namun hal ini rupanya cukup menyita waktu dan tenaga. Semenjak itulah, hadirlah teknologi yang memudahkan kita mencuci baju dengan cara yang lebih efektif dalam wujud mesin cuci.  

Mesin cuci mempermudah proses mencuci baju, dimana biasanya diwarnai dengan ritual merendam, mengucek, menyikat, membilasnya dengan air hingga menjemur (mengeringkan) secara manual.

Apa itu Mesin Cuci ?

Melansir dari Wikipedia, mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprai. Biasanya mesin cuci bekerja dengan menggunakan media air dengan bubuk atau cairan pembersih sebagai bahan pencucinya.

Karena mesin cuci saya di rumah jenis front loading, saya menggunakan Rinso Matic karena dapat membersihkan cucian kotor dengan lebih maksimal dan hasilnya memuaskan.

Ternyata, bukan hanya cara memilih mesin cuci saja yang harus diperhatikan, namun cairan pembersih yang digunakan pun tak boleh sembarangan.

Cara Memilih Mesin Cuci
Mesin Cuci bagian dalam (pixabay.com)

Dengan perkembangan teknologi yang disematkan pada mesin cuci, pekerjaan mencuci pakaian tentu lebih mudah dan singkat. Karena lebih efektif waktu ini, banyak orang pada akhirnya memiliki ketergantungan pada mesin cuci karena sungguh meringankan pekerjaannya.

Manfaat Mesin Cuci sebagai Kebutuhan Rumah Tangga

Mesin cuci di zaman sekarang memang menjadi salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki. Apalagi buat pasangan rumah tangga yang sama-sama sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rutin di rumah. Oleh karenanya, cara memilih mesin cuci sesuai kebutuhan rumah tangga dan budget memang wajib mendapat perhatian khusus.

Selain meringankan pekerjaan mencuci, mesin cuci juga sangat bermanfaat saat cuaca tak menentu. Terbayang kan betapa ribetnya hidup kita saat cucian banyak dan butuh dijemur, eh ternyata hujan deras berhari-hari.

Nah loh, masalah datang akhirnya, dimana cucian gak kering-kering, jadi apek atau bahkan kurang mujurnya ya berjamur karena tidak mendapatkan panas matahari secara sempurna.

Jadi, mesin cuci benar-benar membawa dampak positif ya dalam meringankan pekerjaan rumah. So, tips memilih mesin cuci memang wajib diketahui nih 😀

Mengapa sih mesin cuci wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga? Nah, berikut beberapa alasannya:

1. Sekali Mencuci langsung Banyak

Dengan desain ruangan pada mesin penggilingan yang bisa menambung banyak pakaian, maka pekerjaan mencuci akan jauh lebih ringan karena sekali giling bisa mengangkut puluhan pakaian kotor. Kapasitas mesin cuci memang bernekaragam, ada yang didesain bisa menampung 6 kg, 7 kg, 8 kg dst. Tentu, ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Hemat Waktu dan Tenaga

Pernah gak kamu ingin ke suatu tempat dengan baju tertentu, tapi bajunya ternyata kotor atau berbau apek karena terlalu lama disimpan di dalam almari? Nah, mau gak mau harus dicuci kan secara kilat. Padahal, cuaca sedang tak menentu. Kira-kira kering gak ya saat dijemur dalam waktu singkat?

Jangan khawatir, masalah seperti ini akan langsung beres ketika di rumah ada mesin cuci. Bakalan cepat dong, karena dalam semalam baju bisa dicuci, dibilas dan dikeringkan (bisa ditambah diangin-angin agar lebih kering) sehingga paginya sudah siap untuk dipakai. Benar-benar hemat waktu dan tenaga ya?

3. Kualitas Pakaian Terjaga

Sikat cuci yang kasar tak jarang menyebabkan kerusakan pada permukaan baju. Tak hanya itu, mencuci pakaian dengan tangan lebih berisiko membuat pakaian lebih mudah melar, cetakan sablon rontok, warna memudar, luntur dsb.

Sedangkan dengan mesin cuci, kita hanya tinggal duduk manis, menunggu mesin bekerja dengan aman, tanpa takut terjadi kerusakan pada pakaian.

Menjemur pakaian
Menjemur Pakaian (pixabay.com)

Tips Memilih Mesin Cuci berdasarkan Jenis Pintu Mesin Cuci

Perkembangan teknologi melahirkan tiga jenis mesin cuci yang sering dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, maupun bisnis. Tiga jenis ini adalah mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung top loading, serta mesin cuci 1 tabung front loading.

Apa perbedaan dari ketiganya? Simak penjelasan ini yuk, barangkali bisa menjadi inspirasi dan membuat kamu memahami cara memilih mesin cuci yang bagus.

1. Mesin Cuci 2 Tabung

Ada yang masih setia dengan mesin cuci 2 tabung? Nah, dulu waktu masih kecil, orang tua saya kebetulan menggunakan mesin cuci yang memiliki dua tabung ini. Tabung pertama dimanfaatkan untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung kedua bekerja mengeringkan pakaian setelah selesai dicuci.

Selain hemat listrik, keunggulan mesin cuci 2 tabung ini adalah memiliki harga paling terjangkau dibanding mesin cuci tipe lainnya. Nah, untuk kekurangannya sendiri adalah harus melewati dua tahap pencucian, dimana pakaian yang telah selesai dicuci di tabung pertama harus dipindahkan ke tabung kedua secara manual.

Selain itu, mesin cuci jenis ini lebih boros air, disamping level pengeringan yang kurang maksimal.

2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Nah, ini adalah versi rampingnya dari mesin cuci tipe pertama tadi. Ya, dengan teknologi satu tabung, mesin cuci ini memiliki fungsi ganda, yaitu bekerja efektif mencuci sekaligus mengeringkan pakaian di tempat yang sama.

Selain memiliki daya listrik yang masih tergolong rendah, mesin cuci jenis ini juga bekerja secara otomatis dalam hal pengisian air, pencucian dengan deterjen, pembilasan hingga pemerasan cucian.

Tak heran jika jenis ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibanding mesin cuci 2 tabung. Sayangnya, kekurangan jenis mesin cuci ini tak jauh beda dengan poin pertama di atas.

3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Jenis mesin cuci ini dibandrol dengan harga paling mahal karena sematan teknologi tercanggih dibanding pendahulunya. Memiliki desain horizontal dengan arah putaran yang vertikal, mesin cuci ini memiliki sistem otomatis mulai dari pengisian air, pencucian, pembilasan hingga pemerasan.

Kelebihan mesin cuci yang satu ini adalah proses pencucian yang lebih efektif, hasil cucian yang lebih bersih, juga minimnya risiko pakaian rusak karena putarannya yang vertikal. Selain lebih hemat air, proses pengeringannya juga lebih sempurna, yaitu mencapai 90%.

Walaupun memiliki banyak keunggulan, ada pula kekurangan yang harus diketahui, yaitu konsumsi daya listrik yang lumayan tinggi.

***

Nah, asyik juga ya ternyata ngobrol tentang mesin cuci. Cara memilih mesin cuci sesuai kebutuhan rumah tangga dan budget memang harus dipahami bersama. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat memilih mesin cuci sesuai budget dan kebutuhan kamu 😀

Riana Dewie

6 thoughts on “Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan Rumah Tangga dan Budget

  1. setuju banget mesin cuci itu salah satu perangkat rumah tangga yang wajib dimiliki. kalau aku pakainya yang top loading sih soalnya kalau front loading selain harganya lebih mahal kalau air nggak kencang dia nggak mau turun airnya

  2. Nah iya, bener bangeett kudu paham spesifikasi mesin cuci, juga budget yg kita alokasikan ya.
    Alhamdulillah, mesin cuci di rumahku lumayan awet mba
    memang kudu dirawat dgn pemakaian yg wajar sih ya
    bukanbocahbiasa(dot)com

  3. Aku belum punya mesin cuci. Masih milih-milih nih mana yang oke. Buat yang sibuk, mesin cuci cukup membantu karena bisa ditinggal ini itu. Jadi bisa hemat waktu

  4. Di rumah kami, ada mesin cuci. Tapi mamaku, lebih milih nyuci pakai tangan, biar lebih bersih dengan sikatan hahaha.. mesin cuci 2 tabung, untuk mengeringkan pakaian saja akhirnya.

  5. aku pilih yang tabung ukuran 9kg bukaan atas mba
    itu yg sesuai dgn kebutuhan rumahku
    btw tulisan ini sangat membantu buat yg mau cari mesin cuci

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.