Cara Memilih Deterjen untuk Kebutuhan Rumah Tangga

inilah cara memilih deterjen yang baik

Cara memilih deterjen untuk rumah tangga memang menjadi tugas bunda di rumah. Ya, rumah yang bersih dan bebas kuman tentu menjadi idaman setiap penghuninya. Tumpukan baju kotor jelas menjadi pemandangan tak sedap sehingga bunda harus bergegas mencucinya dengan deterjen yang tepat.

Tentu, tepat di sini harus disesuaikan dengan jenis kain dan media yang digunakan untuk mencuci. Biasanya bunda mencuci dengan media apa? Tangan atau mesin? Misal dengan mesin cuci pun, bunda harus perhatikan juga karena ternyata deterjen untuk mesin cuci bukaan depan berbeda dengan deterjen untuk mesin cuci bukaan atas.

Terus, ada tim untuk deterjen cair vs bubuk, sebaiknya ikut yang mana ya? Nah, buat yang penasaran, yuk baca artikel ini sampai selesai 🙂

Bubuk Pencuci dan Manfaatnya

Deterjen adalah campuran berbagai bahan yang bermanfaat untuk membersihkan sesuatu, dimana biasanya diproduksi dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Deterjen sendiri akan memiliki manfaat lebih saat pabrik mencampurnya dengan beberapa bahan, seperti pewangi, pelembut, penstabil, enzim, natrium perborat, natrium silikat dan beragam zat lainnya.  

Gak heran kan jika penghilang noda yang satu ini sudah sepaket dengan pewanginya atau pencerah pakaian, misalnya. Oh ya, deterjen memiliki pebedaan dengan zat pembersih lainnya yang lebih dahulu hadir, yaitu sabun. Secara performa, penghilang noda ini memang memiliki daya cuci yang lebih baik sehingga apa pun yang dicuci dengan deterjen sudah pasti lebih bersih.

Pengembangan bahan pencuci ini dari waktu ke waktu menghasilkan produk yang beragam, diantaranya pembersih pakaian, pembersih badan (misal shampoo, hand wash), pembersih alat rumah tangga (misal cairan pencuci piring) juga pembersih rumah (misal cairan pembersih lantai).   

Jenis-Jenis Deterjen yang Biasa Digunakan

Sudah berapa puluh tahun bunda menggunakan bahan pencuci yang satu ini? Yakin deh, bunda pasti merasakan perkembangan produk deterjen yang makin bervariasi dari masa ke masa. Sekali lagi, untuk pemilihan jenis deterjen memang ditentukan sesuai kebutuhan. Oleh karenanya, jangan heran jika saat ini produk-produk deterjen bejibun dan menawarkan keunggulannya masing-masing.

Nah, agar tak salah pilih, berikut jenis deterjen yang bisa bunda manfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

1. Deterjen Bubuk

Jenis deterjen ini paling populer dibanding yang lainnya. Dengan mesin cuci maupun tangan, deterjen bubuk efektif untuk membersihkan pakaian. Tak jarang pula yang suka merendam pakaian terlebih dahulu agar kotoran rontok, baru selanjutnya dilakukan proses mencuci. Hasilnya tentu lebih memuaskan.

2. Deterjen Cair

Walaupun deterjen yang sering disebut juga dengan softergen ini dibandrol dengan harga lebih mahal, namun lumayan efektif saat dimanfaatkan untuk mencuci dalam jumlah banyak. Tak heran zat pembersih cair ini banyak dimanfaatkan oleh laundy.

cara memilih deterjen terbaik
Gelembung Sabun Deterjen (pixabay)

3. Deterjen Krim

Deterjen jenis ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda membandel dengan mengoleskannya di sebuah area pada pakaian. Namun ingat, jangan gunakan ini sebagai deterjen utama karena dari pengalaman banyak orang, tekstur deterjen yang satu ini kurang maksimal untuk mencuci dalam jumlah banyak.  

4. Deterjen Bubuk Padat

Ada yang pernah menggunakan deterjen bubuk padat? Ya, butiran deterjen bubuk ini merupakan hasil olahan proses dry mixing yang lumayan disukai masyarakat. Selain mampu membersihkan pakaian, harganya juga tergolong murah.

5. Deterjen Bubuk Berongga

Diproduksi melalui proses spray drying, butiran dari jenis deterjen ini lumayan unik karena bentuknya yang menyerupai bola sepak. Volumenya yang besar membuatnya disukai banyak orang di rumah.

6. Deterjen Bola Gel

Deterjen bola gel merupakan bola-bola detergen berukuran mini yang diproduksi dengan aneka macam warna menarik. Ada yang pernah mencoba?

Tips Menggunakan Deterjen Sesuai Kebutuhan

Banyak juga ya jenis deterjen yang beredar? Nah, yuk gunakan sesuai kebutuhan dan jangan sampai salah pilih ya, bun. Kondisi bahan pakaian memang menjadi pertimbangan cara memilih deterjen yang sesuai. Jangan sampai sudah percaya diri menggunakan satu macam bubuk pembersih, eh ternyata malah merusak serat kain atau membuat warnanya pudar.

Bunda perlu tahu nih bagaimana cara merawat pakaian dengan pemilihan deterjen yang tepat.

1. Deterjen Netral atau Khusus untuk Merawat Bahan Pakaian

Jika orang rumah ada yang memiliki baju dengan bahan rajut, wol, atau sutra misalnya, bunda bisa menggunakan deterjen netral atau deterjen khusus agar kualitas kain terjaga. Kalau memakai asal deterjen gimana ya?

Jika hanya digunakan sekali sih tak masalah, namun jika digunakan rutin bisa-bisa baju berbahan khusus tersebut akan rusak. Ya, deterjen khusus atau netral ini telah melewati uji coba yang terbukti efektif membersihkan noda dengan mempertahankan warna dan tekstur pakaian.   

2. Deterjen Beralkalinitas Rendah untuk Noda Minyak dan Cairan Tubuh

Bunda pernah bingung bagaimana cara membersihkan noda membandel yang memiliki sifat asam, seperti tumpahan makanan, keringat atau noda minyak? Jangan khawatir, manfaatkan saja deterjen beralkalinitas rendah agar noda cepat hilang karena zat ini dapat menetralisir sifat asam pada noda membandel.

3. Deterjen dengan Pelembut Menghemat Waktu Mencuci

Di masa lalu mungkin bunda sempat ribet saat membersihkan pakaian, yaitu pertama proses mencuci pakaian dan kedua cucian direndam dalam air yang sudah diberi cairan pelembut. Itu sih dulu, sekarang teknologi semakin bekembang sehingga sudah banyak tawaran deterjen yang sepaket dengan pelembutnya sehingga dinilai lebih efektif, baik waktu maupun biaya. 

Manfaat mesin cuci
Mesin cuci (pixabay)

4. Deterjen Cair untuk Mesin Cuci Bukaan Depan

Nah Bunda, yang satu ini jangan sampai kelewatan ya. Cara memilih deterjen untuk mesin cuci bukaan depan (front loading) ternyata gak sembarangan. Ya, karena karakter mesin cuci yang satu ini dikembangkan dengan teknologi hemat air, bunda direkomendasikan untuk memilih deterjen cair atau yang sifat busanya sedikit agar proses mencucinya lebih optimal. Sebaliknya, untuk mesin cuci bukaan atas, bunda bisa memilih deterjen yang menghasilkan banyak busa untuk memaksimalkan daya cucinya.

5. Deterjen Bola Gel Solusi Praktis Kaum Sibuk

Inovasi terbaru dari deterjen masa kini adalah yang berbentuk bola jel (gell ball detergent). Seperti yang telah disampaikan di atas, keunggulannya adalah efektif menghilangkan noda, menghilangkan aroma tak sedap serta tak butuh takaran khusus. Jadi, buat bunda yang super sibuk dengan rutinitas harian, bola gel ini sangat efektif untuk meringankan pekerjaan rumah.

6. Deterjen dengan Fluorescent Agent Mencerahkan Pakaian

Siapa sih yang gak suka punya pakaian dengan warna cerah, tak mudah pudar dan yang putih bakal awet putihnya? Lumayan banyak nih yang tunjuk jari, hihihi. Jadi, sekarang bunda bisa dapatkan itu semua jika menggunakan deterjen dengan kandungan fluorescent agent. Selain memutihkan, kandungannya juga mampu menyerap radiasi ultraviolet. So, pakaian tetap cerah sepanjang waktu.

Deterjen yang Paling Bagus untuk Rumah Tangga

Nah bunda, ternyata cara memilih deterjen yang tepat itu gampang-gampang susah ya. Monggo dipilih sesuai kebutuhan, sesuai budget dan tentunya yang paling aman untuk merawat pakaian penghuni rumah.

Dari pengalaman banyak orang, deterjen bubuk dirasa lebih ekonomis dibanding yang cair maupun bola gel. Namun di sisi lain, ternyata penggemar deterjen cair juga gak sedikit.

Oh ya, sedikit tips dari saya jika ingin menggunakan deterjen bubuk untuk mesin cuci. Jika terpaksanya harus menggunakan deterjen bubuk dengan butiran agak besar atau tidak sesuai dengan karakter mesin cuci, bunda bisa mencampurkan bubuk deterjen tersebut dengan air terlebih dahulu, diaduk, lalu baru dimasukkan ke mesin cuci.

Selamat mencuci dan beberes rumah 🙂

Riana Dewie

12 thoughts on “Cara Memilih Deterjen untuk Kebutuhan Rumah Tangga

  1. sejak menggunakan mesin cuci aku lebih seirng menggunakan detergen cair karena lebih bisa menyatu dengan air dan pakaian yang akan dicuci

  2. makasih sharingnya mbak, sangat bermanfaat sekali dan jadi tahu saya musti pakai detergen yang mana nih buat mencuci di rumah. Kadang suka beli yang bubuk mapun cair apalagi ada diskonan hehehe

  3. Setelah mencoba berbagai jenis detergent, aku suka banget sama yang bubuk aja.
    Hihii…kedengerannya klasik yaa..
    Karena gak terlalu wangi, jadi nyaman.

  4. wah banyak macamnya ya mbak, kalo aku pribadi sih suka sama deterjen liquid sekaligus yang juga pelembut biar praktis gitu hehe

  5. Sebetulnya paparannya bagus, Bunda.
    Tapi sayangnya saya kurang paham karena tidak pernah melihat mana itu deterjen beralkalinitas rendah, deterjen bola, deterjen fluorescent agent.

    Saya cuma tahu deterjen cair, deterjen krim, dan deterjen bubuk aja 😀

  6. saya juga sekarang beralih ke deterjen cair, soalnya lebih nyaman di gunakan dan lebih irit karena nggak perlu di cairkan dulu hehee

  7. Kalau saya pribadi lebih suka deterjen cair sih. Soalnya kalo bubuk kena tangan, tangan lgsg berasa panas gitu. Masing2 ada plus minusnya ya

  8. Makasih infonya ternyata banyak yg belum aku tau wkwkw, tp emang sih dulu kupikir semua sama tapi ada yang bikin ngerusak tangan lho panas gitu

  9. Wah ini cocok banget buat momi yang suka nyuci ya, dan wajib tahu banget deterjen yang cocok, agar semua pakaian tidak rusak dan tetep aman

  10. Aku pengguna bubuk mba heheheh tapi fleksible sih ibuku suka liquid. Yang penting nyamannya di mana ya. yang penting wangi hehehehe

  11. Dulu aku pakai detergen bubuk, tapi koq sekarang rasanya tidak hancur ketika proses mencuci sehingga menimbulkan debu-debu halus begitu pakaian kering, akhirnya sekarang ganti ke detergen cair deh.

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.