Miss Riana

Tempat Makan Enak di Jogja, Ini 5 Favorit Saya

Tempat Makan Enak di Jogja, Ini 5 Favorit Saya

Tempat makan enak dimana ya? Pertanyaan itulah kira-kira yang sering saya dengar dari kerabat atau teman yang datang dari luar kota. Nah, biasanya saya agak susah menjawabnya nih. Kenapa? Selain di sini ada puluhan bahkan ratusan tempat makan enak, setiap penjualnya juga memiliki rasa khasnya masing-masing.

Misal saja nih kuliner gudeg. Tempat makan satu dengan yang lainnya seringkali memiliki perbedaan rasa, jika diukur dari kecapan lidah saya. Ada yang rasanya cenderung manis, ada yang gurih, ada yang rasa blondonya sangat kuat, ada gudeg jenis basah, ada yang kering dsb.

Begitu pun dengan bakso. Aneka penjual bakso di Jogja itu juga punya keunggulannya masing-masing. Misal, salah satu warung bakso dekat rumah menyajikan baksonya dengan dilengkapi tulang muda, yang rasanya kriuk-kriuk saat digigit.

Ada pula bakso yang dijual di sebelah dokter langganan memiliki bentuk unik, yaitu kotak dan segitiga. Jenis lainnya yang saat ini sedang hitz, bakso klenger dengan ukuran sebesar mangkuk pun tak sedikit penggemarnya. Bagaimana dengan rasanya? Bagi saya kalau bakso itu enak karena memang termasuk kuliner favorit saya. Hihihi… Jadi bisa disimpulkan, semua kuliner kesukaan saya itu memiliki dua rasa, enak dan enak banget ๐Ÿ˜€

Rekomendasi Tempat Makan Enak yang ‘Saya’ Banget

Nah, saya punya tempat makan enak yang sering saya datangi di daerah Jogja dan sekitarnya. Mau tahu dimana saja? Yuk siapkan perut kamu.

1. Warung AD

Warung AD adalah warung makan yang menyediakan aneka olahan chinese food. Aneka bakmi, kwetiaw, nasi goreng, magelangan, ayam, aneka cah sayur, capcay, ย gurami, cumi, udang, sup, dan ikan bisa kamu nikmati di tempat ini.

Setiap kali ke warung AD, saya dan suami biasa memesan menu kwetiaw goreng ayam, brokoli goreng tepung juga sapo tahu. Ini adalah tiga menu andalan yang biasa kami pesan secara bergantian setiap kali ke sana. Porsinya itu loh, banyak banget dan bumbunya pun tak main-main, kerasa banget di lidah.

Jangan khawatir, makan di sini kamu dijamin kekenyangan. Hehehe…. Harganya sendiri mulai dari Rp. 16 ribu-an. Nah, sesuai dengan kantong kamu kan? Pingin ajak saya makan kesana? Boleh, yuk ke Jalan Bumijo No. 48, Gowongan, Jogja.

2. Bakso Urat Pak Koboi

Nah, bakso yang satu ini memang idola banget. Setiap kali melewati warung bakso kakilima yang ada di Jalan Patangpuluhan Wirobrajan, Jogja ini selalu saja dipenuhi pelanggan, mulai dari sore hingga malam hari. Wow, apa sih kelebihan dari baksonya ini?

Menurut saya nih, baksonya nih kerasa banget rasa dagingnya. Atau jika dilihat dari komposisi saat pembuatan bulatan baksonya, kuantitas dagingnya sepertinya lebih banyak dibanding campuran tepungnya. So, udah kebayang kan gimana enaknya? Kuahnya juga khas banget aromanya. Yang belum pernah coba, rugih deh, apalagi harga seporsi cuma Rp. 10 ribu-an saja. Buat kamu yang makannya banyak, pesennya dua porsi ya ๐Ÿ˜€

3. Bakmi Jowo George Warno

Saat musim hujan kayak sekarang, bakmi jowo George Warno memang sering menjadi rujukan tempat makan enak keluarga saya. ย Walaupun warungnya sederhana, tapi jangan heran jika kamu harus antre demi menikmati kuah mie panasnya Pak Warno. Hehehe

Nah, aneka menu yang disediakan ya seperti warung bakmi jowo pada umumnya, diantaranya bakmi godhog, bakmi goreng, magelangan, nasi goreng dan pesanan lain sesuai permintaan pelanggan. Sedangkan minumnya sendiri tersedia teh panas/es, jeruk panas/es serta wedang tape ijo. Yang terakhir ini minuman favorit saya ๐Ÿ˜€

Kalau suatu saat lewat daerah Jokteng, jangan lupa mampir ya. Bukanya mulai sore, siap-siapya ketagihan dengan rasanya.

Baca juga:ย La Mian, โ€˜Mie Tarikโ€™ ala China yang Enak Banget

4. Uma Dapur Indonesia

Kalau kamu butuh tempat nongkrong luas, dengan suasana nyaman, baik ruang indoor maupun outdoor, bisa banget mampir ke Uma Dapur Indonesia. Ini loh, warung makan yang memiliki desain bangunan dan interior beraroma heritage yang bisa tampung sekitar 150 orang.

Selain suasana yang nyaman, Uma Dapur Indonesia juga menyediakan aneka menu nusantara yang sangat pas dengan lidah saya. Beberapa menu favorit saya adalah mie godhog, tahu gejrot, sego abang lombok ijo. Sedangkan untuk minumannya, saya sering memesan hot lemon tea atau hot tea.

Untuk harga menunya sendiri dimulai dari Rp. 5 ribu-an saja. Warung yang bisa ditemukan di Jalan Tri Margo Kulon No. 11 Wolter Mongonsidi, Jogja ini juga bisa dimanfaatkan untuk acara rapat, gathering, ulang tahun, resepsi dan sebagainya. Yuk nongkrong barengan di sana ๐Ÿ˜€

5. Warung Sate Ratu

Nah, ini salah satu warung unik, Sate Ratu, yang ada di Jogja. Unik karena memang menu satenya dibumbui dengan rempah yang khas warna merah menyala sehingga rasanya memang tak ada yang menandingi. Itulah Sate Merah.

Ada pula menu sate lilit yang tak kalah enaknya, namun dengan penampilan berbeda karena diolah dari daging ayam yang digiling dengan bumbu yang lebih soft dan gurih. Untuk harga kedua menu ini kisaran Rp. 25-ribu per porsi.

Enak sih, pantas saja warung ini sudah didatangi turis mancanegara yang berasal dari 70 negara dalam dua tahun pengembangannya. Buat kamu yang pingin icip rasanya, mampir saja ke Jogja Paradise, Jalan Magelang km 6 (depan The Sahid Rich hotel), Sleman, Jogja.

***

Itulah 5 tempat makan enak favorit saya yang ada di sekitaran Jogja. Saya sudah pernah coba semuanya dan seperti yang saya bilang, semuanya cocok di lidah saya. Nah, itu adalah contoh menu makanan yang bisa kita pesan dalam porsi keluarga (tak banyak). Bagaimana ya jika ingin pesan nasi box untuk berbagai acara, baik partai besar maupun kecil?

Saya beri rekomendasi ya. Di Jogja ada Nasi Box Jogja Asri Wiji Katering yang melayani pesanan kamu, baik untuk makan siang karyawan, acara ulang tahun, rapat, arisan, nasi syukuran, nasi ater-ater atau hantaran. Rasanya enak dan harganya bersahabat. Banyak paket lauk yang bisa dipilih loh ๐Ÿ˜€ Tenang, pesanan akan diantar sampai ke alamat tujuan kok.

Nah, lengkap banget kan pilihan kulinernya? Kekenyangan nih, udahan dulu ya curhat tentang kulinernya. Hihihi… Jangan bilang pecinta kuliner kalau belum coba satu per satu ๐Ÿ˜Žย 

21 thoughts on “Tempat Makan Enak di Jogja, Ini 5 Favorit Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *