Rendang Daging Sapi dan Paru Jogja ini Enak Banget, Cobain Deh!

rendang daging sapi enak di Jogja

Rendang daging sapi khas Jogja ini enak banget, cobain deh! Siapa sih yang tak tahu masakan rendang? Pokoknya, ciri khas dari makanan ini adalah penampakan santan dan rempah yang berbaur hingga mengeluarkan minyak. Kuahnya berwarna kemerahan dengan tekstur yang kental beraroma gurih. Menggoda? Ya, jelas 😀

Bahkan Ketenaran rendang yang sangat populer di Nusantara membuatnya naik panggung hingga menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) di tahun 2011 versi CNN International. Wah, bangga juga ya punya menu femes seperti ini.

Menurut bisik-bisik tetangga, rendang adalah salah satu makanan yang berasal dari Mingkabau, Sumatra. Menu ini bahkan dikabarkan menjadi masakan tradisi khas masyarakat Minang yang disajikan saat ada perayaan acara adat, disamping dinikmati sehari-hari.

Resep Rendang Daging Sapi Padang

Memasak rendang itu memang istimewa. Tak hanya hasilnya saja yang menggoda lidah, bahkan proses memasaknya bisa dibilang cukup lama. Wow, butuh effort besar tentu saja. Nah, rendang sendiri sesungguhnya tak melulu berbicara tentang daging sapi ya.

Ayam, jengkol, ikan tongkol, tempe, ati ampela dan telur bahkan bisa menjadi alternatif bahan untuk dimasak menjadi rendang. Ya, barangkali kamu alergi gitu saat makan daging sapi. Hahaha….

Karena resepnya telah tersebar ke seluruh penjuru tanah air, bahkan dunia, rendang daging seringkali mewarnai hidangan berbagai acara, seperti syukuran, pernikahan, hari raya dsb.

Rendang daging sapi enak dari Fopa Food Puspita (Dok. RianaDewie)

Bagaimana Cara Memasak Rendang?

Untuk proses pengolahannya sendiri, rendang dibuat dari kelapa yang disangrai, juga harus dimasak dengan api kecil. Nah, 1 kg daging bisa jadi butuh waktu 4-5 jam untuk membuatnya empuk dan meresap pada bumbu. Oh ya, untuk santannya sendiri direkomendasikan santan asli perasan pertama kelapa parut tanpa air.

Masakan daging khas Minangkabau yang sering diolah saat Idul Fitri maupun Idul Adha ini bisa disimpan lama dalam freezer jika diproses dengan benar, yaitu mendekati kering. Saat melihat penampakan potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak, disitulah rendang spesial siap dinikmati.

Rendang Daging Sapi dan Paru Terenak yang Pernah Saya Coba

Kuliner favorit di Indonesia ini memang selalu dirindukan oleh banyak orang. Saat masih kantoran dan suka jajan, warung nasi padang yang tak jauh dari kantor menjadi langganan saya. Ya, selain potongan lauknya yang gede-gede, saya juga ketagihan dengan rendang sapinya dengan bumbu yang nancep banget di lidah.

Sekarang, setelah tak berkarya lagi di sana, tentu saya sudah jarang menyambangi warung makan padang tersebut. Mau masak sendiri juga sepertinya kurang mampu jika harus menghabiskan waktu berjam-jam di depan kompor. Hahahaha, alesan. Bilang aja males 😀 

Ya, singkat cerita, saat awal bulan Ramadhan kemarin, saya ngiler banget pingin makan rendang sapi. Akhirnya, saya coba browsing dan cari tahu ke teman-teman dong tentang rendang yang enak di Jogja. Syukurlah, seseorang merekomendasikan saya untuk kepoin Instagram @fopafood. Rendang daging sapi khas Jogja ini enak banget, cobain deh!

Kemasan Rendang Daging Sapi Fopa Food Puspita
Kemasan Rendang Daging Sapi Fopa Food Puspita (Dok. RianaDewie)

Fopafood Menawarkan Rendang Daging dan Paru yang Lezat

Auto ngiler banget lah lihat foto-fotonya. Disana terpampang nyata aneka menu kesukaan saya. Ya,  best seller-nya tuh menu rendang. Dan yang paling bikin saya senang, varian rendangnya tuh ada 2, yaitu daging sapi dan paru. Nah, saking antusiasnya ingin menikmati rendang, akhirnya saya memilih memesan rendang campuran daging sapi dan paru.  

Taraaaaaa…. setelah rendangnya dianterin bang ojol sampai rumah, langsung dong saya buka kemasannya yang rapi dalam mangkok bening plastik. Dikemas lumayan rapat membuat rendangnya tidak tumpah maupun berceceran keluar mangkok. Secepat kilat saya icip sedikit dengan mendulitkan jari ke lidah, ternyata memang rekomended banget rasanya.

Daging dan paru yang berwarna hitam pekat dengan tampilan kental berminyak membuat saya makin tak sabar untuk menikmatinya secara serius. Hah, maksudnya serius? Iya, satu dua potong daging rendang dinikmati bareng nasi panas tuh sensasinya tiada tara. Ibarat orang Jawa mengatakan, “nglawuhi banget”.

Menikmati Rendang Daging Sapi dan Paru dengan nasi putih panas
Menikmati Rendang Daging Sapi dan Paru dengan nasi putih panas (Dok. RianaDewie)

Gara-gara di meja makan ada sajian rendang dari Fopafood, saya jadi rebutan lauk dengan suami karena dia ternyata suka banget dengan rendang, selain seafood yang juga jadi menu kegemaran kami. Hehehe…. Ya, resep rendang daging sapi empuk saya dapatkan di sini.

Parunya juga legit dan perpaduan keduanya benar-benar memanjakan lidah banget. Komposisi bumbu rempahnya juga pas, pokoknya sesuai banget ma selera kami. Hahaha…

Cara Pemesanan Rendang di Fopafood

Hayooo, mulai ngiler ma rendangnya ya? Hahahha… Nah, untuk dapat menikmati rendang yang diolah dari bahan fresh, higienis dan halal ini, kamu yang berdomisili di Jogja dan sekitarnya bisa memesan via WhatsApp 085226045645. Selain itu, layanan order via GoFood dengan nama Fopa ‘Food Puspita’ juga bisa kamu manfaatkan.

Lah, gimana dengan orang luar Jogja yang ngiler? Jangan khawatir, Fopafood menyediakan paket frozen yang aman banget buat dikirim ke alamat kamu. Masuk freezer bisa tahan sampai 2 minggu, dan tentunya tanpa bahan pengawet. Pokoknya kepoin terus menu-menunya Instagram @fopafood.

Rendang Daging Sapi Fopa Food Puspita memang enak
Rendang Daging Sapi Fopa Food Puspita memang enak (Dok. RianaDewie)

Selain rendang daging dan paru, warung online ini juga menyediakan menu nusantara lainnya, seperti pepes ayam, udang dan ikan. Nah, ikannya sendiri bisa kamu request sesuai selera ya, namun biasanya dalam kategori ikan laut.

***

Gimana-gimana, sudah kenyang nih? Eh, belum ya, kan belum icip-icip langsung. Hahaha… Yuk monggo yang ingin menyediakan menu istimewa untuk keluarga di rumah, ingin kasih oleh-oleh buat saudara atau teman, atau buat hidangan acara-acara tertentu tanpa repot berpanas-panas ria di depan kompor, yuk pesan rendang dagingnya di Fopa Food Puspita.

Rendang daging sapi khas Jogja ini enak banget, cobain deh! Selamat menikmati 🙂

Riana Dewie

14 thoughts on “Rendang Daging Sapi dan Paru Jogja ini Enak Banget, Cobain Deh!

  1. Memang nggak salah jika rendang dijuluki makanan terenak di dunia. Saya sendiri senang sekali dengan rendang khususnya dari Padang.

    Btw, kalau rendang Jogja ini apakah ada manis-manisnya?

  2. Waktu saya ke jogja saya belum menemukan masakan padang yang cukup mewakili. Pernah mampir tapi ternyata bukan orang padang yang jualan. Mungkin kalau saya ke jogja lagi bisa nih cobain rendang sapinya. Rasanya manis gak mba?

  3. Duh gambarnya menggoda banget Mbak Riana, pengen coba rendang parunya. Dijamin praktis banget buat sahur kalau stok ini di rumah, tinggal rebus sayur2an dan nasi anget. Mantap

  4. Rendang didaulat termasuk makanan enak sedunia ya keren 🙂 aku juga males kalau bikin rendang sendiri, pernah bikin tp lama nggak mateng2. Ada alternatif beli rendang yang praktis & enak ternyta di jogja, mantap

  5. Punya suami orang Minang itu challenging banget. Dituntut untuk bisa menguasai masak rendang. Pernah nyoba sekali dan berakhir jadi pegel pegel tangan karena ngaduknya gak boleh berhenti. Tapi memang ya, effort bikin rendang pasti setara sama nikmatnya. Kalau sekarang kayanya masih pengen beli dulu aja hahaha.

  6. Rendang emang gak pernah gagal bikin nafsu makan naik, haha… Makan pakai nasi anget enak banget itu mbak.

    Tapi sayangnya cuma bisa dipesan yang berdomisili di jogja aja ;(

  7. Rendang emang gak ada duanya, tapi aku belum pernah nyoba rendang Jogja apakah sama kaya rendang dari padang?

  8. Aku termasuk orang yang belum tahu masak rendang, padahal mertua orang Padang sering banget bikin rendang 🙈 kalau ada praktis gini aku bakal milih yang praktis wkwkw

  9. Siapa yang nggak tergoda dengan masakan “Rendang” ini bila dipadukan dengan sepiring nasi putih hangat ya.
    Apalagi rendang selalu menjadi primadona bila ada perayaan keagamaan maupun pesta pernikahan.

  10. Wah kalau ke jogja aku kudu pesan ini. Jadi ngiler kan dan penasaran dengan rasanya. Apalagi bisa pesan online. Maknyus udah kebayang rasanya

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.