Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Ribet dan Cepat!

Cara menghilangkan bau ketiak dengan praktis

Cara menghilangkan bau ketiak tanpa ribet dan cepat memang menjadi kebutuhan banyak orang. Ya, ini dikarenakan sangat berpengaruh pada penampilan seseorang dalam kesehariannya.

Bayangkan saja jika kamu memiliki aroma tubuh yang tak sedap, terlebih aroma ketiak yang sangat menyengat, tentu ini bisa mengurangi rasa percaya diri.

Jangan sampai gara-gara ini kamu jadi takut ketemu orang loh ya 😀 Eh, emang ada kasus kayak gini? Ada dong, dan ini membuat si penderita (bau badan) jadi insecure sendiri. Wah, ganggu proses sosialisasi banget nih ya.

Baik, walau sepertinya ini terkesan ringan namun sangat berbahaya jika diabaikan. Agar lebih memahami tentang penyebab bau badan, bau ketiak dan solusi mengatasinya, kita kupas satu per satu yuk.

Penyebab Bau Ketiak yang Jarang Kamu Sadari  

Kelenjar Apokrin yang menghasilkan keringat mempengaruhi aroma tubuh seseorang. Nah, kondisi kelenjar Apokrin sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah usia, jenis kelamin, gaya hidup, makanan yang dikonsumsi juga kualitas kesehatan.

Jika salah satunya bermasalah, tentu akan memperbesar risiko bau ketiak. Waduh…. So, penting buat kamu untuk mengetahui cara menghilangkan bau ketiak tanpa ribet dan cepat. Oh ya, mau tahu apa saja penyebab bau ketiak yang sering kita alami? Yuk simak informasi berikut.

1. Keringat Berlebihan

Bau badan sendiri sesungguhnya disebabkan karena produksi keringat yang berlebihan. Aktivitas berolahraga atau memasak yang biasanya menghasilka banyak keringat ini menjadi lahan subur bakteri untuk berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam.

Akibatnya, muncullah bau tak sedap dari badan. Jadi, jangan malas langsung membersihkan badan ya setiap selesai beraktivitas.  

berolahraga
Berolahraga (pixabay)

2. Kebersihan Ketiak Kurang Terjaga

Hayooo, siapa yang malas mencukur bulu ketiak atau gak pernah pake deodoran? Hahaha… Tahu gak, ternyata ini juga menjadi salah satu penyebab bau ketiak tak sedap, loh 😀

Apalagi yang habis mandi tidak mengeringkan badan dan ketiak dengan baik, atau kamu menggunakan baju yang terlalu ketat. Fix deh, ini akan membuat mikroorganisme berkembang biak dengan subur.

3.  Menyantap Makanan dan Minuman Tertentu

Kamu penyuka makanan dengan taburan keju yang banyak? Wah, hati-hati, karena jenis bahan makanan ini menjadi penyumbang bau ketiak kamu.

Tak hanya itu, konsumsi alkohol, kol, bawang putih juga asparagus juga harus kamu batasi agar badanmu tetap segar dan tidak mengeluarkan aroma menyengat.

4.  Kelebihan Berat Badan

Loh, apa hubungannya bau badan dengan berat badan ya? Nah, ternyata ini yang mungkin tidak kita sadari dari dulu. Ternyata, lipatan lemak dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kotoran dan bakteri penyebab bau badan tertahan di permukaan kulit.

Akibatnya, bau ketiak bisa kian menyengat sehingga harus diatasi untuk sering ganti baju dan merawat diri agar selalu bersih.

5.  Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Jika dalam jangka waktu lama seseorang mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan, analgesik, antibiotik, antivirus, anti nyeri, obat kemoterapi atau obat hormonal lainnya, ternyata ini dapat memicu keringat berlebihan.

6. Pakaian Tak Kering Sempurna

Musim hujan menjadi kondisi rentan untuk pakaian-pakaian yang dijemur karena pengeringan yang kurang sempurna. Jangan kaget jika pakaian ini pada akhirnya menjadi tempat berkembangbiak bakteri yang tak jarang juga menjadi penyebab bau ketiak yang tak sedap.

So, hati-hati ya, lebih baik cucian tetap di angin-angin sampai kering dan bersih.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat

Nah, setelah mengetahui penyebab bau tak sedap pada ketiak maupun badan, saatnya kita mengetahui solusi atau cara mengatasi bau ketiak yang praktis. Ya, bahan-bahan ini sesungguhnya mudah didapat di sekitar kita kok. Apa saja itu?

1. Daun Sirih

Selain mengatasi masalah kesehatan, kandungan Vitamin C, Tiamin, Niacin dan Riboflavin pada daun sirih juga dapat mengurangi bau badan. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air.

Nah, sebelum mandi, campurkan air rebusan ini pada ember atau bak mandi yang akan kamu gunakan.  

Cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih
Cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih (pixabay)

2. Baking Soda

Karena dapat menetralkan asam dan basa, maka baking soda ini dapat menghilangkan bau badan atau ketiak yang menyengat. Oh ya, kelebihan baking soda ini adalah tidak menodai pakaian.

Untuk mengatasi bau ketiak, kamu hanya perlu menyampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis lalu oleskan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali secara rutin.

3. Deodoran

Nah, ini cara paling praktis dan gak ribet versi banyak orang untuk mengatasi bau ketiak. Deodoran sering menjadi kunci percaya diri bagi sebagian orang saat beraktivitas.

Ya, ini karena deodoran seringkali diformulasi dengan aroma wangi dan segar sehingga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak  yang menyengat.

Tak hanya itu, deodoran juga mencegah kolaborasi antara keringat dengan bakteri karena menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih asam. Nah, ini juga jadi senjata saya agar lebih pede kemana-mana.

Apalagi saat cuaca panas seperti ini, saya suka banget pake deodoran Rexona Roll On yang biasanya saya oleskan setelah mandi atau sebelum tidur. Loh kok sebelum tidur?

Iya, saya ingin bangun tidur tuh gak bau badan gara-gara keringat berlebih. Cobain deh, bangun tidur bakal lebih segar dan bikin good mood sepanjang hari. Hehehe…

Shower Clean Roll On adalah salah satu varian favorit karena memberikan perlindungan hingga 24 jam. Selain itu, varian ini juga mengandung butiran-butiran mikro MotionSense™ menempel di kulit dan akan pecah karena gerakan, juga melepaskan wangi segar saat dibutuhkan.

Semoga cara menghilangkan bau ketiak tanpa ribet dan cepat ini bisa membawa semangat baru, tentu dengan ketiak yang lebih segar dan sehat sepanjang hari 🙂

7 thoughts on “Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Ribet dan Cepat!

  1. Waktu masih SMA aku pernah ngalamin ini karena sering keringat berlebih dan solusinya pun sama yaitu pake deo Rexona hihi

  2. Sedih banget kalau ada yang ngejauh karena kitanya burket. Memang perempuan kudu banget menjaga berat badan, asupan makanan dan pakaian yang nyaman. Juga gak lupa merawat diri menggunakan bahan-bahan di atas atau rexona roll on yang terbukti tetap bisa bikin cewek PD hadapi hari dengan berbagai suasana.

  3. Aduh paling bete deh ya pas ada yang bau ketiak, karena masih suka menjumpai nih. Kadang rasanya tuh pengen ngasih tau ke dia gitu agar bisa menggunakan deodorant tapi suka bingung juga ngasih taunya gimana.

  4. Ternyata daun sirih juga bisa dipakai sebagai obat BB selain pembersih area wanita ya. Biasanya cuma tahu pakai deodoran aja heheh

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.