Uji Kemampuan Bahasa Inggris dengan IELTS

Uji Kemampuan Bahasa Inggris dengan IELTS terbaik

Uji kemampuan bahasa Inggris dengan IELTS memang sangat bermanfaat. ada era globalisasi seperti sekarang, kecakapan berbahasa Inggris memang menjadi prioritas. Ini karena bahasa Inggris menjadi salah satu faktor penting dalam proses komunikasi ataupun sosialisasi di era pasar bebas.

Selain untuk menambah ilmu pengetahuan, cakap berbahasa Inggris juga bermanfaat untuk membuat kita lebih percaya diri. Dan dapat dilihat juga, perkembangan berita-berita di dunia juga kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Dengan begini, kita akan lebih mudah belajar tentang update sebuah informasi.

Pastinya, kemampuan berbahasa Inggris juga sangat berpengaruh saat melamar pekerjaan di bidang tertentu. Nah, untuk mendukung hal ini, banyak orang meningkatkan kemampuan berbahasa inggirs dengan mengikuti tes, salah satunya adalah IELTS.

Apa itu IELTS?

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System, dan tes tersebut mencakup bagian tentang membaca, menulis, berbicara, dan memahami bahasa Inggris lisan. Peserta tes menerima skor yang berkisar dari 1 hingga 9. Skor 1 adalah skor terendah dan 9 adalah skor tertinggi.

Baik kamu mengambil IELTS untuk belajar di universitas di negara berbahasa Inggris atau untuk menunjukkan kemahiran bahasa Inggris untuk suatu pekerjaan, kamu membutuhkan skor 7 atau lebih tinggi untuk lulus.

Mulailah mempersiapkan uji kemampuan bahasa inggris IELTS sejak dini dan gunakan strategi bertarget untuk meningkatkan peluang mu untuk sukses!

Kelebihan Tes Bahasa Inggris IELTS Berbasis Komputer

Nah, tes IELTS sendiri ada yang berbasis kertas maupun komputer. Namun di masa pandemi seperti sekarang, kebanyakan tes IELTS justru berbasis online untuk mempermudah prosesnya. Jika kamu ingin memilih jenis tes yang efektif, kamu bisa memilih yang berbasis komputer atau pun online.

Loh, alasannya apa? Nah, biar gak bingung, berikut ada beberapa kelebihan uji kemampuan bahasa Inggris dengan IELTS berbasis komputer yang harus kamu tahu.

1. Waktu Tes Lebih Fleksibel

Dengan pilihan waktu tes yang lebih banyak, peserta tes lebih fleksibel untuk mengikuti tes IELTS yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Hemat Waktu

Jika dibandingkan dengan tes manual, tes IELTS berbasis komputer akan mempermudah pengerjaan karena peserta dapat mengetik lebih cepat dengan bantuan keyboard.

3. Hasil lebih Cepat Keluar

Tes level bahasa inggris IELTS berbasis komputer menawarkan hasil tes yang keluar lebih cepat dibanding ujian berbasis kertas, yaitu hanya sekitar lima hingga tujuh hari saja. Sedangkan ujian berbasis kertas membutuhkan waktu hingga hampir dua minggu.

Ujian IELTS EF
IELTS EF (pexels.com)

Tes Bahasa Inggris Online Terbaik

Saat ini tes bahasa inggris online sudah banyak bisa dilakukan. Salah satu yang menyediakan layanan tersebut adalah lembaga kursus bahasa Inggris yang sudah kita kenal yaitu EF.

EF yang memfasilitasi tes bahasa inggris masuk kerja juga banyak menyediakan program pembelajaran atau pun tes yang menarik. Kembali lagi jika membahas test bahasa Inggris, tidak menutup kemungkinan IELTS pun sudah bisa diambil melalui online.

Lalu bagaimana menyiapkannya? Mulailah belajar 6 hingga 8 minggu sebelum tanggal ujian dengan memulai belajar bahasa inggris sesuai levelmu. Ketika kamu merasa bahwa kemampuan bahasa Inggrismu telah berkembang cukup baik sehingga kamu ingin mengikuti IELTS, pesanlah ujianmu.

Tetapi pastikan bahwa kamu dapat meluangkan waktu sekitar 6 minggu untuk mempersiapkan ujian. Ini akan membantu memastikan bahwa kamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sehingga meminimalkan risiko mengulang ujian.

EF, Tempat Tes Bahasa Inggris Terpercaya

Evaluasi kekuatan dan kelemahanmu untuk memutuskan apa yang harus difokuskan. Ujian IELTS mencakup bagian membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Pertimbangkan apa kekuatan dan kelemahanmu agar kamu bisa lebih fokus untuk mengerjakan tes.

Misalnya, jika kamu unggul dalam membaca dan menulis bahasa Inggris, tetapi lebih sulit terlibat dalam percakapan, kamu mungkin ingin mencurahkan lebih banyak waktu untuk belajar untuk bagian ujian mendengarkan dan berbicara.

Carilah tempat kursus persiapan IELTS yang terpercaya seperti EF. Saat ini, EF menyediakan kursus IELTS gratis maupun berbayar. Beberapa kursus dilakukan secara langsung, sementara yang lainnya dilaksanakan secara online.

EF pun membuka layanan tersebut, untuk detail lebih lanjut kamu bisa mengunjungi websitenya. Uji kemampuan bahasa Inggris dengan IELTS ternyata mudah dilakukan ya 🙂

Riana Dewie

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.