Tips Mengontrol Rekening Tabungan untuk Keuangan yang Sehat

Tips Mengontrol Rekening Tabungan agar aman

Tips mengontrol rekening tabungan untuk keuangan yang sehat memang menjadi tema bahasan yang menarik. Selain kesehatan fisik, ada baiknya kita merencanakan kesehatan keuangan untuk masa depan. Apalagi pemulihan kondisi ekonomi karena pandemi masih berjalan lambat, tentu kita harus memaksakan diri untuk mengontrol keuangan dengan lebih bijak.

Apakah gaji besar membuat seseorang lantas memiliki keuangan yang sehat? Belum tentu. Bisa saja ia memiliki gaji besar namun pengeluaran atau hutangnya juga besar. Nah, ini sama saja kondisi keuangannya tak sehat sehingga justru mengkhawatirkan.

Ciri-Ciri Keuangan Sehat dalam Rumah Tangga

Kondisi keuangan sehat akan mendatangkan masa depan yang baik. Sebaliknya, kondisi keuangan yang tak sehat bisa jadi membawa masalah atau menyusahkan kita di kemudian hari. Oleh karenanya, ada baiknya kita memanfaatkan uang sebijak mungkin agar tepat sasaran sesuai yang dibutuhkan.

Tips Mengontrol Rekening Tabungan juga harus selalu diperhatikan sebagai cara untuk mawas diri. Apa saja sih tanda-tanda keuangan yang sehat? Nah, semoga kamu juga sudah merasakannya ya.

1. Memiliki Tujuan Finansial yang Jelas

Berbisnis ataupun bekerja itu sesungguhnya untuk apa sih? Tentu saja untuk mewujudkan sesuatu yang diimpikan. Atau bahasa simpelnya bahwa setiap orang memiliki tujuan finansial yang ingin dikejar.

Misalnya ingin membeli sepeda motor, ingin menabung untuk DP rumah atau ingin mempersiapkan tabungan pendidikan anak. Ketika terwujud satu per satu, tentu rasa puas akan dirasakan.

Tips Mengontrol Rekening Tabungan dengan praktis
Tips Mengontrol Rekening Tabungan dengan baik (pixabay.com)

2. Angsuran Lancar

Apakah diantara pembaca saat ini ada yang sedang memiliki hutang? Nah, coba diingat, bagaimana prestasi angsuran atau cicilan selama ini? Jika kamu merasa selalu membayar tepat waktu dan sesuai dengan kesepakatan, ini adalah tanda bahwa kondisi keuanganmu memang baik.

3. Tak Kesulitan Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

Memenuhi kebutuhan hidup keluarga, itulah tujuan seseorang rela bekerja keras tanpa mengenal waktu. Dampak positifnya adalah memiliki gaji yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya, terutama kebutuhan rutin atau primernya. Jika kamu tak kesulitan untuk membayar ini itu, jajan ini itu, artinya kondisi keuanganmu sehat.

4. Sedia Dana Darurat

Dana darurat sangat diperlukan untuk membiayai keperluan mendadak yang sebelumnya tak terpikirkan sama sekali. Misalnya saja harus opname ke rumah sakit atau tiba-tiba ada keperluan mendadak keluar kota yang tentunya membutuhkan dana tak sedikit.

5. Memiliki Proteksi Diri

Nah, karena hidup itu penuh dengan ketidakpastian, ada baiknya kamu dan seluruh orang rumah memiliki proteksi, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Akan rugi jika tak menyiapkannya dari sekarang karena sekali sakit bisa menguras isi tabungan. So, cara mengelola uang dengan baik memang dibutuhkan ya?

Rutin Mengontrol Rekening Tabungan dengan 3 Cara Ini

Setiap orang memang dianjurkan menabung untuk keperluan dan kebutuhan darurat sebagai perlindungan diri & keluarga. Nah, lima hal di atas adalah beberapa tanda bahwa finasial kamu sedang baik-baik saja.

Boleh banget loh ditingkatkan porsi pendapatannya dengan cara yang kamu mampu. Tentu saja, ini akan mendatangkan pundi-pundi uang yang lebih besar lagi.

Hal lain yang bisa dilakukan agar memiliki keuangan yang sehat adalah dengan mengontrol rekening tabungan yang kamu miliki. Salah satu caranya adalah dengan rajin cek saldo atau pun hal-hal lain sesuai yang dibutuhkan.

Tips mengontrol rekening tabungan untuk keuangan yang sehat bisa dilakukan dengan cara mudah. So, ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan finansial kamu. Bagaimana sih caranya?

1. Menggunakan Aplikasi Internet Banking

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol tabungan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Internet Banking. Sebagai contoh adalah memanfaatkan internet ebanking BRI, yaitu BRImo yang menawarkan aneka fitur untuk melakukan transaksi keuangan. Memangnya bisa digunakan untuk apa saja sih? Banyak. Selain untuk intip saldo, kamu juga bisa melakukan transfer, membeli paket data, membeli pulsa, membayar tagihan listrik dan sebagainya.

internet Banking BRI mobile
Aplikasi Internet Banking BRI (Google Playstore)

2. Mengontrol Mutasi Rekening

Tips selanjutnya untuk mengontrol keuangan sehatmu adalah dengan melihat mutasi dari berbagai transaksi yang telah dilakukan. Mutasi tersebut tak sebatas memberikan data pengeluaran dan pemasukan untuk bulan itu saja. Waktunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. So, dengan mutasi ini, kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih sehat.

3. Gunakan Fitur PFM

Ada lagi nih fitur kece lain yang ditawarkan oleh mobile banking BRImo. Fitur apaan si? Namanya PFM atau personal financial management. Fitur ini seringkali dimanfaatkan untuk mengetahui pemasukan dan juga pengeluaran dari rekening kamu.

Tentu saja, data ini dapat kamu manfaatkan sebagai catatan keuangan digital yang lebih akurat dan mudah. Wow, bermanfaat sekali ya 😀

***

Asyik juga ya ngobrol tentang tips mengontrol rekening tabungan untuk keuangan yang sehat. Jadi, kamu sudah pernah pake cara yang mana nih? Yuk jangan cuma lidah aja yang disehatin, keuangan kamu juga butuh, loh 😀

Riana Dewie

 

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.