5 Manfaat Mewarnai Rambut Untuk Gaya Hidup Masa Kini

inilah Manfaat Mewarnai Rambut

Manfaat mewarnai rambut untuk gaya hidup masa kini memang wajib dipahami setiap orang. Warna cat rambut saat ini semakin unik, bahkan ada trend ombre yang sangat digemari oleh generasi milenial.

Ombre merupakan teknik pewarnaan rambut yang memberikan ilusi bayangan dengan warna gelap di bagian akarnya serta warna terang di bagian tengah hingga ujungnya. Warna gradasi yang lembut ini membuat rambut menjadi lebih cantik dan menambah rasa percaya diri tentunya.

Tahun lalu, trend warna seperti Lilac Hair, Twilighting atau The Silver – Blonde bahkan sempat menjadi hits dan digemari banyak orang.

Apapun warnanya, bagi perempuan, rambut adalah mahkota yang berperan penting dalam penampilannya. Tak sedikit pula yang memandang seorang perempuan itu cantik dan anggun karena rambutnya.

Trend Mewarnai Rambut

Banyak pesohor yang pada akhirnya menjadi trendsetter terkait dengan warna atau model rambutnya yang unik. Style berbeda biasanya hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki rasa percaya diri kuat. Walaupun pada akhirnya gaya rambut ini ditiru oleh para followersnya.

Ya, bisa jadi manfaat mewarnai rambut untuk gaya hidup masa kini sudah semakin dikenal, terutama kalangan anak muda. Ya, walau sebagian orang masih belum menerimanya dengan baik.

Dianggap sebagai anak nakal, itulah stigma negatif yang sering melekat pada seseorang yang mewarnai rambutnya. Namun kini memudar seiring dengan pesatnya perkembangan warna rambut yang sering dianggap sebagai kebutuhan untuk menunjang penampilan.

Tak hanya pesohor, kini bahkan masyarakat umum sudah berani mengaplikasikan warna-warna terang pada rambutnya, seperti Neon maupun Classic Blue.

trend warna rambut
Warna rambut pilihan (pixabay.com)

Mewarnai Rambut: Bentuk Ekspresi Diri

Tak dapat dipungkiri, mewarnai rambut memang menjadi salah satu bentuk ekspresi diri yang lazim dilakukan masyarakat. Awalnya, pewarna rambut lazim digunakan untuk menutupi uban, disamping alasan profesionalitas kerja di industri hiburan. Ya, manfaat mewarnai rambut memang berkembang dari waktu ke waktu.

Hal tersebut tertulis dalam buku Encyclopedia of Hair: A Cultural History, Victoria Sherrow (2006). Penjualan pewarna rambut meroket saat pertengahan abad ke-20. Terus naik dari waktu ke waktu hingga pada akhirnya trend ini dipandang sebagai identitas tertentu ataupun impresi kepribadian.

Ya, bisa jadi ini disebabkan karena dampak positif mewarnai rambut sudah makin dirasakan oleh sebagian orang.

Manfaat Mewarnai Rambut yang harus Kamu Tahu

Apakah hanya kaum perempuan yang perhatian tentang hair-styling-nya? Tentu saja tidak. Beberapa kaum pria bahkan tak ingin ketinggalan untuk mengikuti trend warna rambut kekinian. Nah, ternyata mewarnai rambut itu tak hanya sekadar gaya-gayaan, loh.

Mau tahu manfaat mewarnai rambut itu apa saja? Berikut ringkasannya.

1. Rasa Percaya Diri Meningkat

Bagi sebagian orang, mewarnai rambut ternyata dapat meningkatkan rasa percaya diri. Alasannya? Ya, ini karena berkaitan erat dengan fashion populer atau yang terbaru. Otomatis, ini akan membuat seseorang memiliki daya tarik yang lebih, apalagi jika berani mengaplikasikan warna rambut yang sedang hits di waktu tertentu.

2. Bagian dari Gaya Hidup Metropolis

Gaya hidup metropolis adalah serangkaian aktivitas sehari-hari yang menduduki level estetik tertentu sehingga memiliki nilai maupun gengsi tertentu pula. Nah, mewarnai rambut pun tak lepas dari budaya sebagian penganutnya. Ini menjadi bukti bahwa seseorang yang mewrnai rambu sangat peduli dengan gayanya, dengan penampilannya.

3. Menyamarkan Uban

Nah, ini salah satu tujuan mewarnai rambut, yaitu menutup uban atau rambut putih yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang usianya mendekati senja. Hitam adalah warna andalan untuk menutup uban sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, warna rambut hitam pekat juga membuat wajah seseorang makin fresh.

4. Rambut Tampak Lebih Bervolume

Beberapa teknik pewarnaan rambut ternyata dapat menjadikan rambut menjadi lebih tebal atau bervolume. Ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang berambut tipis. Walau begitu, merawat rambut secara alami memang lebih direkomendasikan agar rambut selalu sehat dan memancarkan keindahan.

5. Menunjukan Kepribadian Orang

Style rambut ternyata sangat menggambarkan kepribadian seseorang. Contohnya adalah saat seseorang mewarnai rambutnya dengan warna biru, ini mengindikasikan bahwa dia memiliki rasa tulus dan kesetiaan. Begitu pun saat rambut berwarna merah, penampilan ini sering diasumsikan bahwa ia memiliki jiwa pemberani dan pantang menyerah.

manfaat mewarnai rambut kekinian
Manfaat mewarnai rambut yang mendukung penampilan (pixabay.com)

Jangan Sampai Membuat Rambut Rusak

Nah, manfaat mewarnai rambut untuk gaya hidup masa kini ternyata sangat asyik untuk dibahas ya. Ya, walaupun tampak kece, namun kamu juga wajib berhati-hati saat memilih warna cat rambut. Mengapa? Karena cat rambut dengan kualitas abal-abal justru akan merusak kesehatan rambut kamu.

Apalagi jika teknik pengaplikasiannya kurang tepat, ini justru berpotensi membuat rambut kamu menjadi rontok, kering, berketombe dan yang lainnya. Yuk rawat rambutmu mulai sekarang agar membuat kamu makin percaya diri.

Jadi, kamu mau pilih warna apa nih? 😀

Riana Dewie

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.