Pahami 3 Tips Ini Dulu Sebelum Pasang AC di Kantor

Inilah tips memasang AC kantor

Tips memasang AC kantor – Untuk menciptakan produktivitas karyawan dalam bekerja, biasanya gedung-gedung perkantoran memberikan fasilitas penunjang, seperti makan siang, transportasi, dan lain-lain.

Selain itu, hampir kebanyakan kantor saat ini juga memasang AC di dalam ruangannya supaya karyawan tetap nyaman dan betah saat menyelesaikan pekerjaannya.

Apa yang Dimaksud dengan AC?

Pendingin udara, penyejuk udara, atau AC (bahasa Inggris: air conditioner) adalah mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu tempat (biasanya dimanfaatkan untuk pendinginan maupun pemanasan, disesuaikan dengan sifat udara pada waktu tertentu).

Apa Fungsi AC?

Fungsi AC adalah untuk mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan. Tak bisa dipungkiri, hidup di negara iklim tropis membuat cuaca di siang hari terasa lumayan panas.

Jadi, AC dapat memberi solusi untuk membuat aktivitas menjadi lebih nyaman saat berada di dalam ruangan, termasuk di kantor. Pastinya, tips memasang AC kantor harus kamu perhatikan ya agar sesuai dengan kebutuhan.

Merk AC Paling Bagus dan Hemat Listrik

Jika ada yang masih bingung cari merk AC yang berkualitas, boleh deh kamu cobain Daikin. Nah, Daikin adalah salah satu produsen pembuat AC terbaik di dunia dan sudah menjual ke ratusan negara. Memiliki teknologi energy Saving, quiet Operation, dan Comfortable Airflow Control, kualitas AC Daikin memang tak perlu dipertanyakan lagi.  

Tips Memasang AC Kantor
Tips Memasang AC Kantor agar efektif dan sesuai kebutuhan (pixabay.com)

Tips Memasang AC di Kantor

Daikin menyediakan beragam tipe dan jenis AC dengan produk yang berkualitas sehingga mampu mengeluarkan udara yang sejuk dalam ruangan. Selain itu, pastikan kamu juga paham beberapa spare part AC, seperti kompresor, freon, pipa evaporator, dan lain-lain supaya memudahkanmu saat nanti menyervis AC.

AC sendiri bisa dipasang dimana saja, namun yang paling umum digunakan adalah di rumah dan gedung perkantoran. Nah, ada beberapa cara memasang AC di kantor yang harus kamu tahu. Berikut informasinya:

1. Sesuaikan PK AC dengan Ukuran Ruangan Kantor

Ingat, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum pasang AC adalah memperhatikan berapa luas ruangan kantor kamu. Pasalnya, dengan mengetahui luas ruangan kantor maka kamu akan lebih mudah menentukan berapa besaran PK AC yang dibutuhkan.

Sebagai gambaran, jika luas ruangan kantormu sekitar 10 meter persegi, maka PK AC yang dibutuhkan sebesar ½. Namun, untuk luas ruangan14 meter persegi, PK yang dibutuhkan ¾.

2. Pilih Merk AC Terpercaya

Nah, ini penting banget ya. Sebisa mungkin pilih merk AC yang terpercaya kualitasnya seperti Daikin. Tak bisa dipungkiri, Daikin selalu menawarkan produk AC terbaik sehingga memuaskan para pelanggan. Tak hanya itu, brand ini juga menyediakan beragam jenis AC seperti AC split, AC inverter, AC central, dan lain-lain. Pokoknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

3. Pahami Fitur Tambahan AC

Cara terakhir untuk memilih AC di kantor adalah memperhatikan fitur tambahan AC yang terdapat pada ruangan tersebut. Nah, untuk Daikin sendiri menyediakan beragam fitur yang dapat dipakai oleh para pelanggan. Sebut saja seperti fitur inverter, intelligent eye, teknologi pendingin titanium dsb.

Selain memahami posisi pasang AC yang baik, kamu wajib pelajari juga komponen AC seperti kompresor, pipa kapiler, evaporator, dan kondensor untuk memudahkanmu saat ingin melakukan servis secara rutin.

Manfaat AC untuk Kesehatan

Setelah memahami tips memasang AC di kantor, saatnya kita kepoin juga apa saja sih manfaat AC untuk kesehatan. Loh, emang menyehatkan juga? Iya dong, kalau tidak, mana mungkin dimanfaatkan banyak orang.

Gak sekedar mendinginkan ruangan, ternyata ada beberapa manfaat positif saat kita berada di ruangan ber-AC.

1. Menjaga Temperamen

Tanpa sering disadari, ternyata AC dapat menjaga kamu dari emosi berlebihan. Ya, karena saat udara panas, kinerja otak menurut bahkan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

2. Menghindari Dehidrasi

Karena AC dapat menghilangkan suhu panas penyebab keringat, kamu bisa terlindung dari dehidrasi yang membuat cairan tubuh berkurang.

AC membuat kerja lebih nyaman
AC membuat kerja lebih nyaman (pixabay.com)

3. Mengatasi Heatstroke

Sangat berbahaya saat suhu tubuh meningkat drastis karena panas karena bisa menyebabkan heatstroke. Oleh karenanya, udara dingin AC dapat menstabilkan suhu tubuh kamu.

4. Meningkatkan Kualitas Udara

AC yang bersih dapat menyaring polusi atau bakteri di ruangan. Hal ini tentu berdampak positif pada kesehatan kamu. Apalagi menggunakan AC Daikin, dijamin makin asyik nih 😀

5. Meningkatkan Produktivitas

Dengan ruangan yang nyaman karena dinginnya AC, kamu akan beraktivitas dengan lebih nyaman dan jauh dari stres. Tentu saja, produktivitas kerja kamu akan meningkat.  

***

Nah, ternyata manfaat AC lumayan banyak ya buat kesehatan. Semoga tips memasang AC kantor ini bermanfaat, asal jangan sampai salah pilih merk ya. Daikin ini rekomended banget buat kantor kamu yang butuh investasi alat listrik jangka panjang 😀

Riana Dewie

4 thoughts on “Pahami 3 Tips Ini Dulu Sebelum Pasang AC di Kantor

  1. saya setuju dengan tipsnya yang paling penting adalah Sesuaikan PK AC dengan Ukuran Ruangan baik itu di kantor atau di rumah. Selain itu sesuaikan dengan daya listrik di kantor atau di rumah masing-masing. Kasian kalau salah memilih PK bisa-bisa tidak bisa digunakan karena ukuran PK-nya besar sementara daya listrik di rumah kecil.

  2. Menyesuaikan listriknya, saya rasa ini paling banyak jadi pertimbangan. Meski di kantor, bukan di rumah tapi kalau irit listrik dalam arti bisa menekan biaya bulanan, kan bisa jadi nilai lebih ya

  3. Aku terkagum kagum sama daikin ini gegara ada iklannya di youtube channel raditya dika. Lalu baca ulasannya di blog ini jadi makin waawww gitu dalam hati hihi. Rekomendasi ac untuk rumah yaah emang

  4. Wuah iya ya, aku baru sadar AC selain menurunkan temperatur ruangan juga menurunkan temperamen. haha… Kalau hawa adem, otak bisa lebih adem ya. Btw, Daikin emang pilihan untuk cari AC yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.