Miss Riana

Siap Darling, Peduli Lingkungan dengan Penghijauan Candi

Siap Darling Peduli Lingkungan

Siap Darling – Akhir-akhir ini udara memang terasa sangat panas. Ya, kemarau panjang memang mendatangkan hawa yang kurang bersahabat. Saya pun mengalami, sesaat saja keluar rumah di siang hari, badan rasanya lemas dan ngos-ngosan. Apalagi jika kurang konsumsi air putih, udah pasti muka pucat kayak orang sakit. Hihihi …

Baiklah. Jika memang lingkungan sedang kurang bersahabat, mari jaga kesehatan dan jangan jadikan itu sebagai penghalang kita untuk berkreativitas. Ya, setidaknya dengan hal-hal sederhana, kita bisa kok berkontribusi agar lingkungan sekitar jadi lebih adem. Caranya? Simpel saja, misalnya saja dengan menanam bibit pohon di sekitar rumah agar kadar oksigen meningkat.

Nah, ide briliyan nih ๐Ÿ˜€ Haha, sebenarnya saya hanya mengadopsi programnya Djarum Foundation kok. Ceritanya, beberapa waktu lalu (12/11/19) saya diajakin oleh organisasi nirlaba yang berslogan โ€œBakti Pada Negeriโ€ tersebut untuk berkontribusi dalam salah satu programnya. Ya, sebuah kegiatan yang pantas diacungi jempol, โ€œSiap Darlingโ€ (Siap Sadar Lingkungan).

Siap Darling Peduli Lingkungan
Banner “Siap Darling” di area Situs Ratu Boko (Dok.Pri)

Yuk Ikutan Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan)

Apa itu Siap Darling? Bagi saya ini program yang bermanfaat banget karena mengajak para generasi milenial untuk lebih mecintai alam dan bumi dengan beragam aksi nyata.

Apa saja yang bisa dilakukan? Diantaranya adalah dengan aksi tanam pohon di beberapa tempat yang membutuhkan, juga ikut menyebarkan konten-konten positif tentang kegiatan mencintai lingkungan.

Aksi ini dilakukan dimana saja? Ini yang harus kamu tahu. Jadi, program Siap Darling ini telah merencanakan gerakan penghijauan (tanam pohon) di beberapa candi yang ada di Indonesia. Wow ๐Ÿ˜€ Ditargetkan selesai di tahun 2025, kegiatan ini diyakini akan memberikan pengaruh positif kepada generasi muda dan masyarakat umum.

Siap Darling Peduli Lingkungan
Aksi Siap Darling di kawasan Situs Ratu Boko dan Candi Ijo (Dok.Pri)

Ada yang masih bingung dengan event yang telah digalakkan sejak 2018 ini? Baiklah, saya akan share beberapa poin aktivitas selama mengikuti program Candi Darling ini.

1. Candi-Candi di Indonesia Menjadi Target โ€œSiap Darlingโ€ (Candi Darling)

Ada yang penasaran gak, kenapa sih konsentrasi tanam pohon ini dilakukan di candi-candi yang ada di pelosok tanah air? Pertanyaan bagus. Sekarang saya boleh dong bertanya dulu, pernah gak sih kamu diajakin piknik ke candi terus menolak dengan beragam alasan, diantaranya karena udara terasa panas dan gersang?

Siap Darling Peduli Lingkungan
Salah satu lokasi penanaman bibit di kawasan Situs Ratu Boko yang tampak gersang (dok.pri)

Kondisi ini memang memprihatinkan. Jika tidak diubah secara perlahan, mungkin situs-situs bersejarah bakal semakin habis peminatnya karena faktor-faktor lingkungan sekitar yang membuat kurang nyaman pengunjung.

Program Siap Darling menjadi bentuk kepedulian Djarum Foundation untuk melestarikan situs-situs bersejarah, juga menarik perhatian masyarakat agar semakin nyaman mengunjungi candi-candi yang ada di Indonesia.

Siapa sih yang gak seneng berkunjung ke kawasan situs sejarah yang makin hari makin hijau, cantik dan hawanya adem terus gitu? Hihihi. Saya sih berharap program ini bisa terus berkembang dan makin banyak yang berpartisipasi.

2. Tanam Bibit Pohon di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo

Apakah ini merupakan candi pertama yang menjadi target penghijauan? No, sebelumnya penanaman ribuan pohon dari program bertagar #SiapDarling ini telah diselesaikan di Candi Roro Jonggrang, Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Lumbung serta situs warisan sejarah  Benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur.

Baca juga: Ribuan Pohon dan Bunga Kini Sejukkan Candi Prambanan

Siap Darling Peduli Lingkungan
Proses Penanaman Bibit Pohon (Dok.Pri)

Menjadi salah satu pesertanya, saya jelas merasa bangga. Tentu saja, Candi Darling ini memang menjadi program yang pantas diapresiasi karena mengemban misi penyelamatan lingkungan. Saya kira, banyak orang telah mengetahui tentang dampak mengerikan dari Global Warming yang menyelimuti bumi saat ini. Ya, panas dimana-mana.

Bagi saya yang ikut live in di Situs Ratu Boko, udara panas dan tanah gersang yang dirasakan di sana memang membuat saya pribadi kurang nyaman sehingga pantas jika mendapat sentuhan dari program Siap Darling ini.

Mudah-mudahan, 3 bulan kedepan saat saya berkunjung lagi ke situs yang diceritakan sebagai sisa reruntuhan sebuah kerajaan ini akan semakin hijau dan nyaman untuk dijadikan referensi piknik keluarga.

Kalau foto di bawah ini, piknik ala-ala saya dan teman-teman blogger saat meramaikan program penghijauan di Situs Ratu Boko. Hehe…

3. Ribuan Tanaman Perdu dan Semak Berbunga Hijaukan Candi

Nah, peserta penghijauan ini didominasi oleh lebih dari 250 mahasiswa dari beberapa kampus di Jogja, diantaranya adalah Universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada serta Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Mereka tampak bersemangat saat jongkok menggali tanah, lalu menanami beberapa sudut lahan yang ada di sana dengan aneka bibit yang telah dipersiapkan oleh Djarum Foundation. Terus, jenis bibit apa saja sih yang dikembangkan untuk menghijaukan area ini?

Untuk Candi Ijo sendiri ditanami bunga Melati, Soka dan Ruellia dengan total sekitar 1000 tanaman. Di waktu yang hampir bersamaan, 1.350 tanaman perdu dan semak berbunga berupa Tanjung, Merak, Bougenvil, kepel dan Soka juga sukses menghijaukan Situs Ratu Boko.

Siap Darling Peduli Lingkungan
Para mahasiswa tampak semangat melakukan penanaman pohon (Dok.Pri)

Wah, kebayang ya candi ini bakal tambah asri dan menyenangkan saat dikunjungi nanti? Jangan lupa juga, selama liburan di area candi, kamu wajib jaga lingkungan juga dengan membuang sampah pada tempatnya. Syukur-syukur bisa mengurangi sampah plastik biar lingkungan makin seimbang.

Baca juga: Ajari Anak Bijak Berplastik dengan Cara Asyik

Semangat Kunto Aji Dukung “Siap Darling”

Asyik banget ya acaranya ๐Ÿ˜€ Beruntung dong saya menjadi salah satu pesertanya, apalagi bisa menanam pohon bareng Mas Kunto Aji. Tuh loh penyanyi yang lagu-lagunya bikin mewek dan leleh. Haisshh… Membawa cangkul, menggali tanah, tanam bibit pohon dan menyiraminya memang menjadi pemandangan yang sungguh menyejukkan hati ๐Ÿ™‚

โ€œAkhirnya aku lihat lagi… Jemari mu yang bergerak bebas… Seiring… Tawamu…โ€, salah satu lirik lagunya yang menginspirasi.

Siap Darling Peduli Lingkungan
Para peserta Siap Darling berfoto bersama Kunto Aji dan para pemangku jabatan (Dok.Pri)

Ya, seakan Mas Kunto Aji ingin menyemangati generasi muda agar mau bergerak & mendayagunakan potensi masing-masing untuk merawat alam semesta. Sweet banget deh ๐Ÿ˜€ Yuk darling, kita dukung misi Djarum Foundation ini demi kelestarian lingkungan, demi anak cucu kita kelak ๐Ÿ™‚

27 thoughts on “Siap Darling, Peduli Lingkungan dengan Penghijauan Candi

  1. Ada Kunto Aji jugaaakk ๐Ÿ˜€ Memang bener Mba, orang sering males ke candi, karena puanasssss kagak nahan.
    aku seneng candi Ijo juga dapat atensi, karena berburu sunset di sana tuh super nyenengin buanget

  2. waaaa ada kunto ajiiiii di Siap Darling! Btw ya, thanks banget loh reportasenya. Aku jadi tau ada update apa dari program pemerintah khususnya memlihara cagar budaya. Emang ya pemugaran dan kunjungan ke candi-candi itu penting dilakukan. Biar candi bisa jadi wisata kekinian juga, sehingga makin banyak turis yang datang. Salah satunya, penanaman pohon ini iar nggak panas coooy kalau di sana

  3. Wow siap darling. Nama kegiatannya asik dan menarik. Memoriable banget nih. Memang gerakan memanan pohon ini harus teris dilakukan kapan saja. Terlebih dgn pemanasan global yang jadi isu dunia. Menanam pohon di area wisata pun dapat mempercantik kawasan dan turut memperbanyak ruang terbuka hijau. Acaranya seru bisa membaur dengan berbagai peserta dan ada guest starnya juga. Semoga di Padang ada juga acara serupa

  4. Kereeen ini kegiatan menghijaukan kawasan candi. Dan dulu aku ke ratu Boko bawa payung, ogah kepanasan siy. Ada loh 4 kali kesana, yang pertama lupa bawa payung karena belum tahu kondisinya, gerah banget karena pas jam 2 an. Tapi kerasan sampe sore sekaligus lihat pentas di panggung nya

  5. Bermanfaat banget kegiatan ini…
    Aku salut sama anak-anak muda yang mau diajak bekerjasama untuk melestarikan lingkungan.
    Sejatinya, harus ada yang bergerak untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
    Fightiing~

  6. Aktivitas begini memang bagus banget yah,sis. Kita semakin sadar akan lingkungan dan tentunya harus peduli. Pemanasan global semakin menjadi-jadi maka aktivitas masyarakat begini bermanfaat sekali. Btw, keren banget lah bisa sambil ketemu Kunto Aji nya yah,hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *