Oplosan Minuman Keras, Seberapa Bahaya Sih?

Oplosan Minuman Keras, Seberapa Bahaya


Oplosan โ€“ Siapa yang sering mendengar tentang minuman oplosan? Apalagi lagu berjudul โ€˜Oplosanโ€™ sempat trending di Indonesia beberapa tahun lalu. โ€œTutupen botolmu, tutupen oplosanmu, emanen nyawamuโ€ฆ.โ€, potongan lirik dalam Bahasa Jawa yang masih terngiang-ngiang di telinga hingga saat ini.

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, kurang lebih maknanya seperti ini, โ€œTutuplah botolmu, tutuplah minuman campuran itu, sayangilah nyawamuโ€. Ya, setiap kali datang ke acara hajatan rumahan, lagu ini jarang absen dari hiburan para biduannya.

Minuman oplosan? Ehmm, satu hal yang saya pahami bahwa ini adalah jenis minuman keras (beralkohol) yang dicampur dengan cairan atau zat-zat lainnya dengan tujuan untuk menambah sensasi dan citarasa. Benarkah begitu? Kata para penikmatnya sih iya.

Oh ya, ada tambahan informasi sebelum kita membahas lebih jauh tentang minuman oplosan. Adakah yang tahu bahwa minuman beralkohol sendiri sesungguhnya juga memiliki manfaat baik apabila dikonsumsi sesuai batas yang dianjurkan? Ingat, ini dalam konteks jika tak dikonsumsi secara berlebihan ya.

Jadi, beberapa penelitian menginformasikan bahwa alkohol justru dapat meningkatkan kesehatan seperti mencegah diabetes, meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, mencegah pembentukan batu empedu serta mengurangi lemak.   

Oplosan Minuman Berbahaya Bagi Kesehatan

Sekedar flashback, dulu sebelah rumah lama keluarga saya dihuni oleh orang yang berbisnis minuman oplosan. Secara otomatis, area ini hampir setiap malam dipadati oleh pelanggannya.

Sesekali tetangga berbagi minuman ke rumah kami, namun bapak jarang meminumnya. Bukannya tidak menghargai pemberian orang lain, tapi ini berkaitan dengan kesehatan, apalagi bapak bukanlah penggemar minuman keras atau beralkohol. Ya, sisi efek kesehatanlah yang paling ditakutkan.

Tak hanya itu. Sekali dua kali beredar rumor bahwa ada segelintir pelanggan setianya yang akhirnya collaps usai menenggak minuman oplosan itu. Duh ๐Ÿ™

Inilah Campuran Minuman Keras yang Berbahaya

Minuman oplosan memang tampak menggiurkan bagi sebagian orang. Tak hanya memabukkan, efek lain yang bakal didapat sebenarnya sangat membahayakan, yaitu nyawa melayang. Walau begitu, di Indonesia sendiri, fenomena ini sudah sangat sering kita temui dan parahnya hal ini dianggap sebagai sebuah kenikmatan.

Jika memiliki saudara atau kenalan yang gemar mengonsumsi minuman oplosan, tak ada salahnya mengingatkan untuk segera berhenti demi alasan kesehatan. Karena apa? Banyak campuran bahan oplosan yang ternyata sangat tidak direkomendasikan untuk masuk ke tubuh. Nah, biar gak penasaran, saya akan berbagi beberapa diantaranya:

Oplosan minuman alkohol dengan softdrink (pixabay.com)

1. Softdrink

Siapa yang sering mendengar informasi bahwa alkohol akan sangat nikmat jika dicampur dengan softdrink? Nah, ternyata hal ini sangat membahayakan tubuh, loh. Berdasarkan informasi yang saya baca dari doktersehat.com, saat soda dan alkohol diminum bersamaan, perut bakal gagal mencerna karena tak ada kandungan gula maupun kalori.

Setelah melewati lambung, cairan oplosan ini langsung menuju ke usus halus dan menyebar dengan cepat melalui aliran darah. Nah, apa akibatnya? Tentu saja, hal ini sangat berisiko bagi tubuh, organ otak dan juga hati. Masih mau coba-coba ngoplos minuman ini?

2. Lotion Anti Nyamuk

Terdengar kocak ya? Iya, saya juga merasa bahwa campuran yang satu ini sedikit tidak masuk akal. Tapi inilah kenyataannya, ada sebagian penggemar alkohol yang mencampurkannya dengan lotion anti nyamuk. Jika ingin menelisik, lotion anti nyamuk itu pastinya mengandung zat kimia aktif sebagai pembasmi serangga.

So, saat minuman keras dioplos dengan lotion anti nyamuk, sudah bisa ditebak bahwa peminumnya bakal keracunan yang berpotensi menyebabkan pusing, masalah pada organ pencernaan, gangguan saraf bahkan komplikasi.

3.  Aseton

Ada yang sering memanfaatkan aseton? Saya sih sering, terutama saat ingin membersihkan kuteks atau cat kuku. Hihihiโ€ฆ Aromanya lumayan menusuk hidung dan ada sensasi anyes (dingin) saat menyentuh kulit. Selain sering dimanfaatkan untuk produk kecantikan, aseton juga sering ditemukan sebagai campuran pada deterjen, pembersih alat rumah tangga dsb.

Nah, kebayang kan apabila cairan berbahaya ini dioplos dengan alkohol, bukan tak mungkin akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti pusing, gangguan pernafasan, sulit berbicara hingga tak sadarkan diri. Oleh karenanya, jangan sampai cairan ini masuk ke dalam tubuh.

Oplosan Minuman Keras dengan campuran berbahaya (pixabay.com)

Masih banyak bahan oplosan lainnya yang membahayakan tubuh. So, silahkan bertanya ke mbah Google untuk mendapatkan informasi lebih lengkap sehingga kita bisa memberikan support kepada orang-orang sekitar untuk menghindari minuman setan ini.

Nah, saya memiliki sebuah cerita tragis tentang anak-anak di kost-an saya, dimana mereka memiliki kawan (dari kost lain) yang menjadi korban dari minuman oplosan berbahaya. Mau dengar kisah harunya? Pantau artikel saya selanjutnya ya.

Artikel Sambungan : Miras Oplosan Merenggut Nyawa Anak Kuliahan. Waspadalah! 

Riana Dewie

33 thoughts on “Oplosan Minuman Keras, Seberapa Bahaya Sih?

  1. Ya ampun mbak, aku nggak bisa ngebayangin minuman di campur dengan lotion
    gimana tuh rasanya

    Tapi memang kadang ada yg pingin eksperimen aneh2 gitu ya
    Apalagi ababil alias abege labil yang suka ikut2an

  2. Minimnya informasi seperti ini yang diketahui masyarakat apalagi yang berada di wilayah perkampungan mau gak mau jadi faktor penunjang banyak nya kasus yang meninggal akibat minuman oplosan

  3. parah ya kelakuan orang sekarang. wong mirasnya aja sudah bahaya dan terlarang lah kok malah dioplos, tambah nyeleneh. saking kreatif atau gimana sih!

  4. Minum miras aja udah bahaya bagi kesehatan apalagi dicampur aneh-aneh gitu. Duh,asyiknya apa coba? Sedih, melihat orang menyia-nyiakan kehidupannya yang cuma sekali ini.

  5. Ketika aku masih tinggal di Sanggrahan, aku lumayan sering melayat ke seantero Soboman-Sanggrahan-Nitiprayan-Sonopakis, yang penyebab meninggalnya si mayat adalah mnum oplosan. Menyedihkan sekali. Sudah jelas tetangga, kawan, atau saudaranya sudah ada yang terenggut nyawa oleh minuman oplosan, eeeh, kok tetap santuy mengonsumsinya dan kemudian jadi korban berikut.

  6. Selama ini cuma tahu kalau oplosan biasa dicampur sama softdrink atau lotion antinyamuk, ternyata aseton juga bisa. Nggak kebayang tubuhnya ‘disiksa’ sama bahan berbahaya seperti itu. Btw, aku siap menantikan kisah tragis anak kos yang jadi korban minuman oplosan ~

  7. Serem banget mbak, Aceton kan buat kuku masa diminum duhhh yang paling parah ada tuh yang dicampur rendeman pembalut haduduududh aneh2 aja deh, kenapa ga minum juice aja yang lebih sehata

  8. Seram banget ya bahaya dari minuman oplosan ini. Baru tahu juga bisa dicampur dengan bahan2 tersebut. Karena saya tidak konsumsi alkohol jadi baru tahu. Mudah2an kita lebih aware lagi soal kesehatan dan bahasa dari mengoplos minuman ya mba

  9. Lha minuman keras sendiri gak ada campurannya saja sudah bahaya, apalagi dicampur-campur bahan mengerikan. Kalau aku jelas enggak menyentuh minuman keras, tapi dari pengalaman teman-teman yang ngerti dunia wine, mereka tetep bilang wine asli lebih dari segalanya. Istilahnya minum wine aman buat mereka. Ga ada cerita minum wine keracunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *