3 Keuntungan Biometrik Pada Aplikasi Banking BRI

Manfaat mobile banking BRI biometrik

Untuk memberi kemudahan serta keamanan kepada seluruh nasabah saat bertransaksi, Bank BRI telah lama meluncurkan aplikasi BRImo.

Aplikasi yang menggunakan basis data dilengkapi dengan UI/UX ini menawarkan kemudahan bertransaksi Non Tunai, dimana nasabah tak perlu repot untuk datang ke cabang Bank BRI terdekat.

Pengembangan Sistem Keamanan Mobile Banking BRI

Sebelumnya, BRI Mobile telah diluncurkan lebih cepat, dimana ini merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk mempermudah transaksi e-banking dari Bank BRI.

Selanjutnya, BRImo hadir sebagai penyempurnaan teknologi dimana dalam satu aplikasi, nasabah bisa menemukan fasilitas mobile banking, internet banking, dan uang elektronik.

Nah, ada kabar baik lagi nih tentang aplikasi Mobile Banking BRI. Satu sistem keamanan teknologi biometrik terbaru kini populer disematkan BRI demi meningkatkan sistem keamanan berlevel sultan.

Selamat Tinggal Kata Sandi dan PIN

Jika sebelumnya teknologi kata sandi, PIN maupun kartu pintar menjadi kunci dalam bertransaksi, kini BRI menghapusnya. Alasannya? Ya, karena sistem ini dianggap kurang efektif untuk nasabah.

Disamping kurang akurat, kadang effort-nya pun lebih tinggi bagi nasabah, yaitu menghabiskan waktu dan uang.

Mobile Banking BRI Terbaru

Nah, teknologi terbaru yang dipinang oleh BRI untuk menyempurnakan fasilitas untuk nasabah adalah teknologi Biometrik atau yang sering disebut dengan Biometric Mobile Banking.

Selamat Datang Teknologi Biometrik

Biometric Mobile Banking adalah sebuah inovasi keamanan dunia perbankan yang dikembangkan oleh BRI dimana sistem kerjanya adalah menitikberatkan pada pengenalan identitas berbasis DNA. Nah, DNA ini bisa didapatkan dari pengenalan wajah, telapak tangan, iris maupun sidik jari.

Teknik yang dimanfaatkan oleh setiap negara memang tak selalu sama, namun pada dasarnya berkaitan dengan sistem pemrosesan data. Nah, data-data ini nantinya akan mudah diidentifikasi dengan cepat sehingga harapannya dapat menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi para nasabah BRI.

Karakteristik dari teknologi Biometrik yang dikembangkan oleh BRI adalah:

1. Universal

Ini karena bisa ditemukan pada setiap individu.

2. Unik

Disebut unik karena setiap individu memiliki pola yang tak sama.

3. Bisa Direkam

Ini berarti karakteristik individu tersebut tidak bisa disatukan tanpa adanya persetujuan dari orang terkait. 

4. Terukur

Sifat ini memungkinkan adanya perbandingan di masa yang akan datang.

5. Permanen

Ada potensi berubah seiring berjalannya waktu.

Aplikasi Mobile Banking BRI dengan Teknologi Biometrik

Aplikasi mobile banking BRI terbaru kini dilengkapi dengan teknologi biometrik. Salah satu fitur lock-nya adalah menggunakan teknologi face recognition dan finger print. Teknologi biometrik ini memang sengaja dipilih karena dapat memberikan banyak manfaat. Apa saja itu?  

1. Identifikasi Akun Lebih Akurat dan Minim Risiko Pemalsuan

Keuntungan pertama dari teknologi biometrik ini adalah proses identifikasi individu yang jauh lebih akurat. Salah satu bagian tubuh manusia mempunyai karakteristik dan bentuk yang berbeda pada setiap orang. Contohnya adalah sidik jari, iris mata, wajah dan lain sebagainya.

Setiap proses identifikasi membutuhkan data forensik tersebut agar bisa masuk ke dalam aplikasi ini. Karena setiap individu memiliki hasil forensik yang tak sama, maka ini akan menyulitkan seseorang untuk login di akun BRI orang lain. 

Aplikasi Mobile Banking BRI Terbaru
Deteksi Wajah pada Aplikasi Mobile Banking BRI Terbaru (pixabay.com)

2. Sistem Login Mudah dan Praktis

Jika ada pertanyaan, lebih mudah mana sih login dengan sidik jari atau password? Tentu saja jawabannya adalah lebih mudah menggunakan sidik jari. Caranya pun mudah, yaitu hanya dengan menempelkan salah satu jari ke finger print scanner pada smartphone dan kamu akan langsung login ke aplikasi.

Nah, jika login dengan password, kamu tentu harus mengingat password akun BRI Mobile. Karena banyak kasus lupanya, tak sedikit orang yang mencatat pada notes smartphone maupun catatan manual. Nah, ini akan sangat berbahaya tentunya jika sampai terbaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Lebih Aman dan Fleksibel

Teknologi Biometrik akan menjauhkan segala risiko-risiko buruk tersebut. Tanpa catatan atau mengingat-ingat password, kamu akan mudah login tanpa khawatir tentang keamanan akun. Ya, sekali lagi, ini karena identifikasi DNA yang unik pada setiap orang.

Saat ada orang lain yang ingin login pada akunmu untuk keperluan tertentu, kamu harus memperikan persetujuan dulu baru dia bisa mengaksesnya.

***

Ternyata banyak ya manfaat maupun keuntungan yang akan didapat nasabah dari aplikasi mobile banking terbaru dari BRI ini. Semoga teknologi biometrik yang disematkan semakin meningkatkan pelayanan, kemudahan dan keamanan nasabah saat bertransaksi.

Riana Dewie

6 thoughts on “3 Keuntungan Biometrik Pada Aplikasi Banking BRI

  1. Kok inovatif bangeettt BRI ini. Jadi makin bangga!
    Inovasi berupa Biometric Mobile Banking ini keren banget karena sistem kerjanya adalah menitikberatkan pada pengenalan identitas berbasis DNA. Nah, DNA ini bisa didapatkan dari pengenalan wajah, telapak tangan, iris maupun sidik jari.

    Bravo BRI

  2. wah kereeeennnn

    BRI selangkah lebih maju dibanding lembaga keuangan lain , dengan Biometric Mobile Banking.

    bisa dideteksi gak ya kalo orangnya pakai kerudung dan tanpa kacamata, dengan gak pake kerudung dan berkaca mata

    hihihi openasaran

  3. Biometric kayaknya udah jadi standar wajib untuk beragam perbankan. Dan BRI memulai ya dengan apik sekali! Good job.

  4. eh belum lama ini aku ada dapat info tentang orang yang gak punya sidik jari, beneran loh! tapi jelas dia punya muka ya, tapi kan gak mungkin ditempel mukanya ke hp. halah

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.