Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah dan Sekitarnya

Inilah Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya memang harus dipahami setiap orang. Lingkungan memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup yang lainnya.

Oleh karenanya, sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna, manusia memiliki kewajiban untuk terus menjaga dan merawat lingkungan agar selalu bersih dan sehat.

Tahu gak kalau seseorang tinggal di dalam lingkungan yang bersih, ia akan jauh lebih sehat dan bahagia? Ya, tentu ini berbanding terbalik jika seseorang tinggal di lingkungan kumuh atau kotor. Tak heran jika pelestarian lingkungan terus digalakkan, apalagi pencemaran semakin merajalela.

Karena banyaknya manfaat positif dari menjaga kebersihan lingkungan, mari mulai sekarang kita lebih menyadari dan memiliki kepedulian yang lebih untuk menjaga alam semesta. Demi apa jika bukan demi menyisakan Sumber Daya Alam untuk anak cucu kita kelak.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Tentu Hari Lingkungan Hidup Sedunia masih hangat di telinga kita. Ya, tanggal 5 Juni memang menjadi tonggak sejarah karena selalu mengingatkan manusia untuk terus merawat alamnya.

Bahkan seluruh masyarakat dunia merayakannya sebagai bentuk penghormatan kepada alam yang terus menghidupi.

Tema “Restorasi Ekosistem” diusung dalam perhelatan Gala Peluncuran Virtual di negara Pakistan dalam perayaannya di tahun 2021 ini. Restorasi ekosistem bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah penghijauan kota, penanaman pohon juga pengembangan kebun.

Selain itu, mengubah pola makan serta membersihkan sungai dan pantai yang kini banyak yang telah tercemar juga bisa kita galakkan secara kontinyu. Ya, setidaknya setiap orang memahami manfaat menjaga kebersihan lingkungan.

Kepedulian Masyarakat terhadap Kebersihan Lingkungan

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan
Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan (pixabay.com)

Saya pribadi sangat mengapresiasi perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahunnya. Ya, alasannya karena lingkungan alam sekitar kondisinya sudah semakin mengkhawatirkan. Oleh karenanya, harapannya ini bisa menjadi  reminder untuk semakin merawat alam.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya memang harus terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Sampah plastik, polusi udara, pencemaran lingkungan, ketahanan pangan, naiknya permukaan laut dan berbagai fenomena alam lainnya kini semakin mengkhawatirkan. Ini tentu membutuhkan penanganan bersama, bukan hanya oleh segelintir orang.

Ya, fakta yang kini tampak adalah bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan semakin berkurang. Contoh kecilnya adalah sampah-sampah yang berserakan karena ketidakpedulian terhadap lingkungan.  

Bahkan ada orang tua yang membiarkan anaknya membuang sampah sembarangan, tanpa edukasi apapun. Ini memang menjadi keprihatinan bersama. Apa sih yang menyebabkan banjir di beberapa kota di Indonesia atau membuat sungai kotor?

Jawabannya adalah karena sampah. Apabila ini masih diabaikan hingga beberapa waktu ke depan, tak menutup kemungkinan bencana karena sampah akan terjadi. Itulah alasan merawat lingkungan hidup harus terus digalakkan.

Manfaat Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Lingkungan di area rumah dan sekitarnya tentu akan lebih nyaman dihuni apabila tertata rapi, bersih dan jauh dari pemandangan jorok. Lebih asyik lagi jika di kampung diadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan secara rutin dan setiap warga mengambil bagian untuk itu.

Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan? Salah satunya adalah kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Misalnya adalah cabut rumput liar, membersihkan selokan agar terbebas dari banjir, membersihkan seluruh area yang tergenang air untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk dsb.

Nah, sesungguhnya apa saja sih keuntungan kita menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat kita hidup? Berikut adalah beberapa hal yang patut untuk kita syukuri.

1. Lingkungan Bersih & Jauh dari Penyakit

Siapa yang tak ingin menghuni pemukiman yang bersih dan sehat? Tentu, semua pasti mengharapkannya. Alasan utamanya sangat jelas, yaitu agar lebih nyama dan terhindar dari potensi penyakit.

Demam tifoid, Kolera, Hepatitits A, Tetanus atau Demam Berdarah adalah beberapa penyakit yang disebabkan karena lingkungan kotor.

2. Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Jika saat ini rumahmu sering menjadi tempat singgah saudara atau teman, ini bisa jadi disebabkan karena mereka merasa aman dan nyaman. Tentu, kamu sebagai pemilik rumah tentu akan semakin bangga karena sukses merawat lingkungan sekitar rumah menjadi lebih sehat.

3. Terbuka untuk Peluang Usaha

Pernah gak kamu dalam kondisi sangat kelaparan dan mampir ke sebuah warung, namun akhirnya enggan membeli karena lingkungan yang kotor atau jorok? Nah, ini bisa menjadi pembelajaran bahwa lingkungan kotor akan dijauhi orang, termasuk yang akan membeli produk kita.  

4. Menyehatkan Mental

Tak hanya berpengaruh positif pada fisik, ternyata lingkungan bersih juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental. Saat rumah kamu bersih dan di bagian luarnya ada tanaman hijau, tentu afek menyegarkan pasti ada. Ya, rasa stres atau depresi tentu bisa diminimalisir.

5. Harapan Hidup Lebih Tinggi

Tema “Restorasi Ekosistem” yang diusung pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini dimaksudkan untuk mengembalikan ekosistem ke kondisi awal. Berbagai kerusakan alam akibat tangan manusia secepatnya harus ditangani.

Ikan mati karena pencemaran lingkungan
Ikan mati karena pencemaran lingkungan (pixabay.com)

Jika ini terealisasi, saya yakin harapan hidup akan semakin tinggi. Bukan hanya tentang manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan. Seharmonis ini ya kalau lingkungan kita bersih dan asri?

***

Udara dan air yang bersih adalah kunci untuk mewujudkan hidup yang lebih sehat. Manfaat menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya setidaknya membuat kita tergerak untuk merawat alam.

Yuk mulai sekarang jaga lingkungan sekitaran rumah agar keluarga lebih sehat dan nyaman beraktivitas.

Riana Dewie

15 thoughts on “Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah dan Sekitarnya

  1. Sangat setuju mbak. Kita bisa mulai dari hal kecil, yakni mengurangi sampah. Mengurangi sampah bisa dilakukan dengan tidak membeli nasi dibungkus, tapi membawa wadah nasi. Kemudian kalau makan dihabiskan, tidak menyisakan makanan. Menggunakan ulang plastik kresek.
    Hal-hal seperti itu meski kecil, namun insyaAllah berdampak pada pengurangan sampah.

  2. Klo bicara mengenai lingkungan dan kelestarian, masyarakat kita memang perlu banyak berbenah
    Belum lagi vandalisme dan kerusakan yg dilakukan org2 tidak bertanggung jawab
    Dengan adanya hari lingkungan internasional sini semoga semakin membuka kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan

  3. Udara dan air bersih keutamaan dan hidup ini. Itu tidak bisa ditawar lagi. Sayangnya pohon semakin ke sini semakin berkurang. Bukannya menanamnya kembali, yang ada malah ditebangi. Yuk kita lebih peduli dan perhatian lagi dengan penanaman pohon…

  4. Menjaga lingkungan tetap bersih memang banyak dampak positifnya untuk kita ya, kak. Kalau aku yang paling berasa banget itu mood yang membaik kalau rumah bersih. Tapi kalau berantakan bawaannya stres mulu, apalagi punya anak kecil, mainan abis diberesin juga beberapa menit kemudian berserakan lagi. Haha

  5. Sering banget saya ke warung yang kotor dan jorok. Bahkan biasanya langsung cabut alias nggak jadi. Atau kalau sudah telanjur karena lapar, paling warungnya saya tandain untuk tidak dikunjungi lagi di kemudian hari.

  6. Kasian ikannya ngambang… (gagal fokus) 😂

    Setuju banget ini. Memang kita harus peduli sama lingkungan sekitar terutama lingkungan yanh ditinggali

  7. Sebenernya banyak banget manfaat yang bisa kita rasakan ketika sama-sama menjaga lingkungan. Tapi ya itu, hal sepele jangan buang sampah sembarangan pun tetep gak bisa dilakukan. Saya juga miris kadang ada yang seenaknya buang sampah ke sungai. 😭😭

  8. dulu tiap ada hari lingkungan aku selalu ikutan partisipasi di Kota pekalongan bersih-bersih sampah di laut mba
    tapi sekarang udah jarang, soalnya ngerawat dua mertua yang sakit dan sepuh. Akhirnya mulai dari lingkungan sendiri nih diriku pelan-pelan. Makasih ya Miss udah diingatin

  9. Menjaga lingkungan sekitar itu penting sekali ya kk, karena lingkungan mencerminkan kualitas hidup kita dari udara yang dihirup. Nah sayangnya menjaga lingkungan jarang diabaikan org2 di luar sana, padahal efeknya buat kesehatan dan kebaikan kita ya kak

  10. Menjaga lingkungan sekitar itu penting sekali ya kk, karena lingkungan mencerminkan kualitas hidup kita dari udara yang dihirup. Nah sayangnya menjaga lingkungan jarang diabaikan org2 di luar sana, padahal efeknya bagus buat kesehatan dan kebaikan kita ya kak

  11. menjaga kebersihan lingkungan itu penting ya mbak
    sama artinya kita menjaga kelangsungan kehidupan kita di masa depan nanti

  12. Sepakat mba. Setelah kebersihan rumah dan lingkungan terjaga. Tahap selanjutnya aku tuh pingin banget less waste. Atau memanfaatkan sampah, memilah dan mendaur ulang sampah. Doakan bisa kesampaian ya

  13. sama bears lebih plong, lebih lega sih kalo bersih. Kalau lingkungan kotor tuh berasa jadi makin mager juga buat ngelakuin apa-apa, risih

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.