Miss Riana

LKS SMK Nasional 2019 Buktikan Anak SMK Berkompeten di Dunia Industri Masa Depan

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional ke-27.

Beberapa hari lalu, Yogya kedatangan banyak tamu istimewa loh dari berbagai kota di Indonesia. Mereka adalah siswa siswi SMK berbakat yang sukses menjadi perwakilan puluhan provinsi untuk bertanding di Yogyakarta. Ada acara apaan sih ini? Yuk kasih tepuk tangan meriah untuk Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional ke-27.

Beberapa hari lalu, Yogya kedatangan banyak tamu istimewa loh dari berbagai kota di Indonesia. Mereka adalah siswa-siswi SMK berbakat yang sukses menjadi perwakilan puluhan provinsi untuk bertanding di Yogyakarta. Ada acara apaan sih ini? Yuk kasih tepuk tangan meriah untuk Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional ke-27.

Lomba Kompetisi Siswa SMK 2019 (Dok.pri)

Walau sudah berlalu, euforia perhelatan ini memang sulit untuk dilupakan. Menjadi salah satu penggembira dari acara bergengsi ini memang membanggakan bagi saya pribadi. Saya benar-benar melihat kegigihan para generasi muda berkaos biru dalam membawa nama baik sekolah, bahkan provinsinya.

Gak sia-sia, perjuangan mereka dimulai dari kompetisi antar sekolah mulai akhir 2018 berakhir mengharukan saat nama-nama mereka tercantum sebagai peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional tahun 2019 ini.

Nah, saya punya sedikit oleh-oleh cerita yang saya rangkum dari berbagai pengalaman saya dan juga teman-teman lainnya saat mengikuti kemeriahan LKS SMK tahun ini. Hayo, penasaran kan? πŸ˜€

Sri Sultan Hamengkubowono X Memberi Dukungan

Mengusung tema β€œKompeten Menyongsong Industri 4.0”, acara LKS SMK Nasional tahun ini diikuti oleh 759 peserta dari seluruh SMK di Indonesia. Tema ini sengaja diambil karena sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat.

Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah lokasi pembukaan dari perhelatan keren ini (08/07/2019). Sri Sultan HB X selaku tuan rumah memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar gigih mengikuti kompetisi ini agar menorehkan prestasi baru dan membawa nama baik sekolahnya.

Mewakili 34 Provinsi di Indonesia

Siswa SMK yang lolos mengikuti LKS Nasional ini ternyata adalah yang terbaik dari 34 provinsi di Indonesia. Dengan total 759 peserta, acara LKS SMK Nasional tahun ini dilaksanakan di empat lokasi sekaligus, yaitu di Jogya Expo Center (JEC), Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMK Negeri 6 Yogyakarta, dan Ballroom Grand Dafam Rohan.

Saya ikut bangga dengan kompetisi ini karena para siswa benar-benar mengerjakan setiap langkah dengan sistem yang jujur dan transparan. Kok bisa? Iya dong, kan kompetisinya tak dilakukan secara tertutup seperti ujian-ujian pada umumnya. Jadi para pendamping, guru dan juga masyarakat umum bisa melihat kompetisi ini dengan jarak dekat.

Nah, jika kemarin sempat mampir ke Jogya Expo Center (JEC), ada banyak spot menarik loh, juga hasil karya anak-anak SMK yang dipamerkan secara  terbuka  dari  berbagai kota di Indonesia. Pastinya, kuliner kesukaanmu juga ada gaes : D

Konsentrasi seorang peserta LKS SMK 2019 saat mengerjakan ujian (Dok.Pri)

Mempromosikan Ketrampilan Siswa-Siswi SMK  

Ada yang tahu gak, mengapa LKS SMK Nasional selalu diadakan dari tahun ke tahun? Ternyata banyak alasan yang membuat perhelatan ini selalu sukses & bermanfaat bagi banyak orang. Tujuan utamanya adalah mempromosikan ketrampilan siswa-siswi SMK yang kini tak boleh diremehkan begitu saja, juga memberi ruang kompetisi yang positif demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) mereka.

Mendorong siswa SMK untuk meningkatkan ketrampilan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)juga menjadi alasan diadakannya kompetisi ini. Wah, keren banget ya, lulusan SMK jaman now benar-benar dipersiapkan untuk menggerakkan dunia usaha maupun industri.

Menggunakan penilaian Competition Information System (CIS)

Nah, tak hanya tujuan diadakannya saja yang keren, tapi sistem penilaiannya pun dilakukan dengan sangat transparan. Untuk pemenang I, II dan III akan dipilih berdasarkan hasil penghitungan Competition Information System (CIS) dengan skala penilaian 700. Para peserta juga akan dinilai secara general, misalnya kemampuan mengorganisir pekerjaan sesuai bidang masing-masing.

Apakah ada tindak lanjut setelah ini? Tentu saja, sang juara utama bahkan akan diberikan pendampingan khusus, untuk mengikuti perlombaan kompetensi pada 2021 di China. Asyik banget ya πŸ˜€

Beberapa pihak terkait boleh menyaksikan kompetisi secara langsung (Dok.Pri)

Pengumuman Pemenang yang selalu Mengharukan

Sleman City Hall menjadi lokasi penutupan dari perhelatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional ke-27. Berbagai daya dan upaya tentunya sudah dikerahkan maksimal oleh para peserta yang berkompetisi. Sebagai bocoran, Jawa Tengah sukses naik panggung sebagai juara umum karena sukses membawa pulang piala dari 22 keahlian yang masuk dalam kategori lomba.

Dilansir dari liputan6.com, berikut peraih piala dari setiap kategori pemenang:

Juara 1

  1. Autobody Repair (SMKN 2 Salatiga)
  2. Automobile Technology (SMKN 3 Kendal)
  3. Mobile Robotics (SMK Tunas Harapan Pati)
  4. Prototype Modelling (SMKN 1 Purworejo)
  5. CNC Miling (SMKS Warga Surakarta)
  6. Joinery (SMKN 2 Kebumen)
  7. Mechatronics (SMK Negeri 7 Semarang)
  8. Mechanical Engineering CAD (SMK Negeri 2 Cilacap)
  9. Web Technologies (SMK Tunas Harapan Pati)
  10. Landscape and Gardening (SMKN 6 Kendal)
  11. Fashion Technology (SMK Negeri Tengaran)

Juara 2

  1. Metrology (SMK Negeri 1 Magelang)
  2. Plastic Die Engineering (SMKS Warga Surakarta)
  3. Cabinet Making (SMK Pika)
  4. Wall and Floor Tiling (SMK Negeri 7 Semarang)

Juara 3

  1. Tractor Engine Assembly (SMK Tunas Harapan Pati)
  2. Industrial Control (SMKN 1 Adiwerna)
  3. Welding (SMK Negeri 2 Cilacap)
  4. Beauty Therapy (SMK Negeri 3 Pati)

***

Selesai sudah pestanya anak-anak SMK berbakat dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi di kota pelajar ini. Tentunya, banyak kesan indah yang mereka torehkan, juga sisa-sisa perjuangan yang tampak menghiasi wajah para peserta. Sekali lagi, sebagai orang Jogja, saya ikut bangga.

Dengan event seperti ini, kemdikbud juga para pendidik secara keseluruhan jadi bisa menilai seberapa besar kemampuan siswa-siswi SMK yang kelak akan membantu meningkatkan roda perekonomian bangsa. Acara ini gak hanya menyajikan ketegangan kompetisi yang kesannya selalu serius, namun juga diwarnai dengan workshop, fashion show, pentas musik, job fair juga pameran hasil kreativitas siswa.

Nah, buat kamu yang ingin ngepoin berbagai program pemerintah di dunia pendidikan oleh Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah), silakan kunjungi medosnya ya. Bisa melalui Twitter atau Instagram.

Selamat bertemu di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional tahun mendatang πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *