10 Kelebihan Kamera 360 Derajat yang Wajib Kamu Tahu

kamera 360 derajat

Kamera 360 derajat makin digandrungi masyarakat lantaran semakin meramaikan dunia mobile, dunia olahraga bahkan online streaming. Kamera ini biasanya memiliki dua lensa atau lebih yang saling terhubung sehingga mampu mengambil gambar disaat bersamaan dengan hasil ciamik.

Dengan teknologi mumpuni, kamera yang kini telah didukung oleh platform media sosial ini menghasilkan gambar berkualitas, tajam serta akurat dengan distorsi yang menakjubkan.

Kelebihan Kamera 360 Derajat Android

Mengapa dinamakan kamera 360 derajat? Ya, karena kamera berteknologi tinggi ini mampu menjangkau sudut 360 derajat. Nah, buat para traveller, kamera ini bisa jadi teman perjalanan kamu untuk menyimpan sudut-sudut indah yang kamu jelajahi.

Untuk kebutuhan tertentu, kamera 360 derajat android tak jarang dikolaborasikan dengan drone atau perangkat lainnya yang membuat performanya melejit sehingga hasilnya pun luar biasa. Nah, mau tahu gak kelebihan kamera ini dibanding kamera biasa? Biar gak pensaran, saya kasih sedikit ulasannya ya.

1. Sudut Pandang yang Luas

Kelebihan yang satu ini memang sangat jelas terlihat. Kamera biasa memang kurang maksimal untuk mengambil beberapa obyek sekaligus karena sudut pandangnya yang terbatas. Sedangkan alat pengambil gambar 360 derajat ini memberikan kesan dan manfaat berbeda karena lensanya didesain mampu ‘mengintai’ gambar dari berbagai sisi sehingga tak heran jika banyak obyek sekaligus yang ditangkap.

Panorama indah di pantai, atau kerumunan manusia di suatu pagelaran seni sepertinya asyik untuk dijadikan obyek 😀

2. Desain Unik dan Inovatif

Tak seperti kamera yang kamera yang beredar sebelumnya, desain kamera omnidireksional ini tergolong unik. Mi Home 360 Security Camera atau Brica Insta 360 Air misalnya, memiliki badan “gendut” (bulat) yang mengingatkan saya pada tokoh Doraemon. Hihihi… Beda lagi dengan desain GoPro MAX 360 Action yang tahan air ini memiliki bentuk kubus yang unik.

Kamera 360 GoPro MAX
Kamera 360 GoPro MAX (Plazakamera.com)

Varian lain seperti Insta360 ONE X2 atau Ricoh Theta 360-Degree Camera M-15, keduanya memiliki bentuk persegi panjang dengan desain elegan.  

3. Terhubung ke Ponsel via Wi-Fi Direct atau Bluetooth

Bagaimana cara melihat hasil jepretan kamera 360? Nah, untuk beberapa varian dengan spesifikasi mumpuni dapat disambungkan dan transfer ke ponsel melalui Wi-Fi Direct atau Bluetooth. Seperti perangkat kamera lainnya, pengguna bisa langsung intip hasil jepretannya pada galeri ponsel. Nah, dalam waktu singkat kamu bisa tunjukkann hasil bidikanmu ke teman atau pamerin ke media sosial, dong 😀

4. Sematan Teknologi Lensa Fish Eye

Popularitas lensa fish eye yang melejit beberapa waktu lalu kini menjadi bagian dari teknologi kamera 360 derajat. Tak hanya satu, lensa fish eye yang disematkan bahkan berjumlah dua atau lebih sehingga tak heran jika kamera mungil ini mampu menangkap gambar atau sudut pandang yang lebih luas.

Hebatnya, Tiap lensa fish eye pada kamera ini bertugas mengambil dan menggabungkan gambar dengan hasil terbaik pada waktu bersamaan. Pantas saja kamera yang satu ini jadi impian banyak orang, ya?

5. Daya Tarik dalam Teknologi Virtual Reality

Seperti yang telah diketahui, teknologi virtual reality mampu membangkitkan suasana 3D dengan sejumlah alat tertentu. Tak hanya itu, penggunanya juga akan merasakan sensasi seperti berada di dunia nyata dengan beragam pengalamannya. Terus, apa hubungannya dengan kamera 360 ini?

Nah, saat kamera 360 derajat ini dikolaborasikan dengan teknologi virtual reality, hasil rekamannya akan lebih asyik dan terasa nyata. Padahal ya, penggunanya hanya ”jalan-jalan” di dunia maya. Hihihi… Ada yang pernah coba?

6. Didukung oleh Aplikasi atau Software Edit Hasil Kamera 360  

Buat kamu yang suka utak-atik foto atau video demi mendapatkan hasil yang lebih kece, boleh banget melakukan editing untuk foto atau video dari kamera 360 ini. Bagaimana caranya? Buat kamu yang suka edit dari laptop atau PC, software Adobe Premiere Pro bisa jadi pilihan untuk menghasilkan karya ciamik. Tapi jangan lupa, performa laptop juga harus bagus demi kelancaran.

Untuk pengguna smartphone, kamu bisa banget unduh aplikasi V360 untuk proses editing hasil kamera 360 yang lebih mudah dan cepat. Nah, kerjaan content creator jadi lebih ringan deh 😀

7. Intip Foto di Facebook dan Youtube

Ada yang pernah mengamati unggahan foto teman Facebook, dimana fotonya bisa digeser ke kiri, kanan, atas maupun bawah dan hasilnya tampak real? Nah, itu adalah penampakan dari konten yang dihasilkan dari kamera 360 derajat. Keren ya, jadi pingin banget punya kamera canggih ini deh 😀

8. Kamera 360 untuk Mobil

Pengalaman berkendara akan lebih nyaman dan asyik saat teknologi alat potret 360 derajat ini terpasang di mobil kamu. Nah, buat pengguna yang masih harus beradaptasi untuk mengatur jarak saat mobil akan mundur, belok atau parkir, kamera 360 ini bisa menjadi penyelamat.

Setidaknya, ini solusi untuk meminimalkan pengguna menabrak sebuah sisi bangunan atau membuat mobil lecet karena kurangnya skill saat memarkir kendaraan. Untuk rekomendasi kamera 360 terbaik untuk mobil, silakan googling sendiri ya 😀

MI HOME 360 security camera
MI HOME 360 security camera (plazakamera.com)

9. Live Report yang Asyik

Tumbuh di era teknologi membuat kita disuguhi banyak hal yang menarik serta mempermudah aktivitas yang kita lakukan. Saya membayangkan jika ada traveller yang memamerkan indahnya pantai Raja ampat atau prosesi pernikahan royal dari kerajaan Inggris dengan menggunakan kamera ini, tentu semua akan terasa lebih praktis dengan hasil menarik karena setiap lensa fish eye-nya tersinkron dengan baik.

Live report pertandingan bola juga menarik banget nih jika menggunakan teknologi ini 😀

10. Kamera 360 Derajat Multi Manfaat

Ada ragam teknologi dan desain yang ditawarkan sesuai kebutuhan oleh benda yang dulunya sering disebut tustel ini, diantaranya untuk dibawa jalan-jalan, sebagai kamera pengaman rumah atau dipasang di mobil untuk safety.

Kamera 360 Fly misalnya, sangat cocok untuk menemani kamu saat berolahraga, bahkan yang ekstrem sekalipun. Perekaman video dengan suara utuh 360 derajat bisa dilakukan oleh GoPro Fusion. Tak hanya itu, LG 360 CAM cocok banget untuk kamu bawa piknik karena desainnya yang nyaman digenggam. Hummm, pilih yang mana nih?

Kesimpulan

Buat kamu yang hobi fotografi, jalan-jalan ke destinasi menarik, content creator yang selalu kreatif dengan idenya, jurnalis, selebgram, bergelut di bidang multimedia atau siapa pun yang ingin membuat konten menarik, boleh banget deh meminang alat potret 360 derajat.

Perangkat yang satu ini memang keren banget dan jangan khawatir, harga kamera 360 derajat android bervariasi kok sehingga bisa disesuaikan dengan budget kamu. Gak usah tergesa-gesa, nabung dulu boleh 😀

Riana Dewie

10 thoughts on “10 Kelebihan Kamera 360 Derajat yang Wajib Kamu Tahu

  1. keren banget sih ini kamera 360 derajat, buat content creator pasti seneng banget nih kalo punya bisa berkreasi lebih keren lagi

  2. sangat menggiurkan untuk punya ini kamera 360 derajat dan bener mba nabung dulu aja karena setelah cek harga di blibli bisalah ini akhir tahun punya

  3. Keren ya mengambil gambar atau video menggunakan kamera 360 derajat. Aku pernah ikutan foto dengan kamera punya teman yang kayak gini, mantap lhooo… bisa kelihatan semua peserta foto yang berdiri melingkar. Keren deh.

  4. Karena ada kamera 360 ini, aaku jadi bisa menikmati idol aku ketika bernyanyi, hehhee..
    Berasa bisa melihat mereka dari berbagai sisi dan serasa lebih nyata videonya.

  5. Keren banget ini kameranya ya. Kayaknya bisa untuk vlogger nih. Mau kasih tau suamiku ah. Dia paling suka produk tekno terbaru hehehe

  6. jadi inget dulu tuh kalau mau pakai kamera yang superwide kayak gini kudu punya lensa yang bagus banget, trus ada dopenya yang kecil buat hape. sekarang malah bisa diaplikasikan ke berbagai teknologi yaa keren

  7. Kalau untuk dibawa traveling ini asik banget ya jadi gak repot-repot ngatur dikameranya juga. Aku jujur sih belum pernah nyobain kamera 360 derajat seperti ini. Lihat dari beberapa teman yang punya dan selalu post keseruan menggunakannya jadi kepengen juga.

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.