Miss Riana

Danone Open Doors Wujud Selebrasi 100 Tahun Danone

Selebrasi 100 Tahun Danone melalui โ€œDanone Open Doorsโ€

Danone Open Doors – Menjadi bagian dari perayaan 100 tahun Danone Global tentu sangat membanggakan. Bagaimana tidak, kiprah Danone sebagai pelopor industri makanan, minuman yang sehat serta nutrisi medis di dunia sudah tak diragukan lagi.

Nah, dalam kesempatan ini, saya merasa beruntung karena bisa ikutan touring salah satu pabrik Danone yang ada di daerah Prambanan. Apa itu? Yap, PT. Sarihusada Generasi Mahardhika.

Jujur ya, pabrik ini sudah lama banget bikin saya penasaran. Bagaimana tidak, setiap pulang kampung ke rumah simbah di Klaten, saya selalu melewati area ini. Tapi ya gitu deh, selama ini saya hanya bisa mengintip dari kejauhan. Syukurlah, kemarin saya benar-benar puas bisa berkeliling di area pabrik Sarihusada.

Tujuan Diadakannya Danone Open Doors

Lah, ini dalam rangka apaan sih? Tentu saja dalam rangka selebrasi 100 tahun Danone dong. Jadi ceritanya, program Danone Open Doors ini diinisasi Danone agar masyarakat semakin dekat dengan proses produksi Danone dan inovasi lingkungan yang digalakkan. Gak tanggung-tanggung, kegiatan Open Doors ini diselenggarakan di 120 negara loh ๐Ÿ˜€ Wah, keren ya kegiatannya ๐Ÿ˜€

Danone Open Doors
Danone Open Doors (dok. Sapti Nurul)

โ€œOne Planet One Healthโ€

Sarihusada, mungkin banyak orang sudah pernah mengonsumsi produknya, namun masih belum kenalan lebih intim dengan perusahaan yang memiliki banyak prestasi ini.

Sebagai fasilitator produksi Danone SN terbesar di dunia, Sarihusada bergerak dalam pengembangan produk nutrisi awal kehidupan (early life nutrition) dan nutrisi medis khusus (medical nutrition).

Sarihusada meroket sejalan dengan visi Danone โ€œOne Planet One Healthโ€. Apa itu? Nah, Danone meyakini bahwa kesehatan manusia dan kesehatan bumi itu ada keterkaitan. Jadi, apa yang kita konsumsi turut menentukan kondisi bumi dan seisinya.

Wah, saya sih sepakat banget dengan ini karena saat ini kan dunia sedang gencar-gencarnya mengampanyekan lingkungan, terutama bagaimana cara menjaga & melestarikan lingkungan agar bersih dan hijau kembali.

Danone Open Doors
Pabrik Sarihusada (dok.pri)

Keunggulan Pabrik Sarihusada untuk Inovasi Produk dan Pelestarian Lingkungan

Dalam proses produksinya, Danone selalu menerapkan prinsip jaminan kualitas produk serta aspek kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan. Nah, inilah mengapa kegiatan Danone Open Doors ini dibuka bagi siapapun yang ingin mengenal lebih dekat dengan perusahaan Danone.

Sebagai salah satu peserta Danone Open Doors di pabrik Sarihusada, saya mengantongi beberapa hal yang jujur lumayan membuat saya kaget. Dalam artian, sebelumnya saya tidak menyangka jika Sarihusada memiliki keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh perusahaan lainnya.

Danone Open Doors

Mau tahu apa saja? Oke deh, sebentar lagi saya akan bagi โ€œoleh-olehโ€ sepulang dari pabrik keren ini ๐Ÿ˜€

1. Pabrik Sarihusada Berhawa Adem seperti Resort

Coba bayangkan, pabrik yang biasanya berhawa panas, penuh dengan material produksi dan mesin yang super besar, tiba-tiba menyuguhkan hawa adem dan hijau saat saya bertandang ke sana. Siapa lagi kalau bukan Sarihusada yang bisa mewujudkan semua ini.

Aspek lingkungan memang menjadi perhatian besar bagi perusahaan ini. Lahan hijau seluas 150.000 meter persegi ini bahkan mampu menyirami area taman hijau dari limbahnya sendiri sejak tahun 2009. Loh kok bisa? Iya dong, kan limbahnya diolah dengan metode reuse effluent sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Danone Open Doors
Suasana nyaman dan adem di Pabrik Sarihusada (dok.pri)

Di sana juga terdapat danau mini yang menyapa ramah di area depan, yang membuat saya betah di sana. Betah berlama-lama cari posisi selfie termanja, maksudnya ๐Ÿ˜€

2. Larangan Menumpuk Sampah Makanan (food waste)

Nah, program yang satu ini keren banget. Jadi, PT Sarihusada mengajak seluruh karyawannya untuk menghabiskan semua makanan yang ada di piring saat bersantap bersama di kantin. Jika merasa tidak habis? Ya harus bijak, yaitu lebih baik tidak usah mengambil agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Tentu, program ini digalakkan bukan hanya demi menjaga lingkungan sekitar, tapi juga dalam rangka membuktikan tanggung jawab pribadi dalam kehidupan sosial. Bagaimana jadinya jika kita sering buang-buang makanan sementara di luar sana masih banyak yang kelaparan?

3. Menerapkan Prinsip Zero Accident

Gara-gara ada ini, banyak orang jadi kepincut ingin melamar kerja di PT. Sarihusada. Loh, kok? Jadi gini, Sarihusada ini sangat memperhatikan keselamatan karyawannya dalam proses produksi. Oleh karena itu, diterapkannyalah budaya WISE (Work in Safety Environment), baik untuk karyawan maupun pihak ketiga yang terlibat.

Hingga hari ini, mereka telah beroperasi hampir 8 tahun atau lebih dari 2500 hari tanpa kecelakaan kerja. Wow ๐Ÿ˜€ Dukungan lain untuk memfasilitasi kesehatan karyawan adalah adanya klinik kesehatan, fasilitas olahraga, ruang menyusui serta edukasi gizi untuk karyawan dan keluarganya.

Keren ya, pantas saja perusahaan ini menerima apreasiasi dari banyak pihak, termasuk sertifikasi baik dari pemerintah. Yuk, ada yang ingin mendaftar jadi karyawannya juga? Hehe…

4. Kualitas Produk Terjamin

Bagaimana dengan kualitas produk dari PT. Sarihusada? Boleh banget kamu bertanya kepada konsumen produknya, apalagi bagi mereka yang rutin mengonsumsi. Banyak testimoni positif tentunya ๐Ÿ˜€

Menerapkan prinsip Zero Defect (Nol Cacat), Danone memastikan produk-produknya memiliki standar tinggi, terutama dalam hal kualitas dan keamanan pangan. Wih mantab ๐Ÿ˜€

Ada bukti lainnya nih untuk memastikan bahwa produk Sarihusada itu terjamin kualitasnya. Ya, Sarihusada sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Sertifikasi di bidang quality &  food safety yang lainnya adalah ISO 9001 dan ISO 17025 dari International Organization for Standardization serta FFSC 22000 dari the Foundation Food Safety System Certification.

5. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Selain melakukan inovasi produk kesehatan, Danone juga mengajak serta karyawannya agar lebih mencintai lingkungan. Dengan apa saja itu? Tentu, ini bisa dimulai dari hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan sampah plastik sebagai pot tanaman serta mendaur ulang sampah menjadi produk-produk rumah tangga yang bermanfaat, diantaranya kotak tisu di bawah ini. Wah keren ๐Ÿ˜€

Danone Open Doors
Hasil produk daur ulang sampah-sampah di area pabrik Sarihusada (dok.pri)

***

Itulah cerita perjalanan saya saat berkesempatan “obrak-abrik” pabrik Sarihusada Prambanan. Capek gak? Bangettssss, tapi rasanya seneng juga bisa muter-muter pabrik yang produknya sudah mendunia ini. Saya dan teman-teman blogger Jogja yang lain tentu mendapat banyak pengalaman berharga karena event Danone Open Doors ini.

Nah, kini saatnya saya mengucapkan selamat ulang tahun Danone yang ke-100, teruslah berinovasi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan melestarikan lingkungan alam sekitar dengan misi one planet one health-nya ๐Ÿ™‚

22 thoughts on “Danone Open Doors Wujud Selebrasi 100 Tahun Danone

  1. Yuhh, beruntung banget mba bisa ikutan trip in karena nggak semua orang punya kesempatan yang sama… Tempatnya bersih banget ya ternyata, padahal pabrik loh ku tak menyangkaaa… pengunjung yang datang pun harus dalam keadaan bersih dan steril…

  2. Mantap Sari Husada dengan visi One Planet, One health Dari mulai tempatnya yang adem, nyaman dan ramah serta fokus pada pelestarian lingkungan. Apalagi produk daur ulang sampahnya, tumblernya itu lho, cakep hehehe. Semoga kalau ada kesempatan bisa mampir ke situ. Terima kasih sudah berbagi cerita yang menarik Mba Riana ๐Ÿ™‚

    Cheers! ๐Ÿ˜€

  3. Wah sudah seabad. Semoga Danone lebih baik lagi ya. Suka banget konsep limbah untuk menyirami tanaman. Apalagi digalakkan habiskan makanan atau ambil secukupnya. Semoga perusahaan lain ngikutin Sarihusada juga dalam less wastenya.

  4. Uwwwwwiiii asik banget bisa ikutan factory visit! Pengen ikutan juga, tapi pas jam kerja… Hiks. Btw keren banget dah itu ada produk2 hasil daur ulang. Dari yang dianggep sampah, eh bisa jadi cuaaan ~

  5. Huhuhu… sedih aku ga bisa ikutan.. padahal aku pelanggan setia produknya SGM lhoooo.. Btw selamat ulang tahun juga untuk Danone. Ga terasa sudah 1 abad ajahhh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *