Menghadapi Pasien Covid di Rumah? Begini Cara Merawatnya!

Menghadapi Pasien Covid di Rumah

Pasien covid di rumah, yaitu suami saya sendiri pernah saya rawat selama hampir 14 hari. Ya, inilah secuil pengalaman yang sungguh berharga dan akan saya kenang sepanjang masa. Saat krisis kesehatan melanda karena COVID-19, mental kita diuji berulang kali dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Lalu,  bagaimana rasanya menghadapi pasien COVID-19 di rumah? Begini cara merawat berdasar pengalaman saya setahun lalu.

Pengalaman Merawat Pasien Covid-19

Suatu ketika, di awal bulan Juli 2021, saya melihat gejala flu pada suami. Badan demam, batuk, dan kondisinya lemah. Pada saat itu saya tak khawatir karena memang suami jarang keluar rumah dan kerjanya pun dari rumah.

Namun selang beberapa hari, saat subuh saya mendapati nafasnya pendek-pendek dan sedikit agak tersiksa dengan kondisi badannya. Langsung saya bawa dia ke klinik sebelah rumah karena saya merasa bahwa sakitnya tak biasa. Setelah dicek oleh tenaga medis, benar bahwa ia positif COVID-19.

Saat itu kondisi psikis saya mendadak kacau. Saya langsung berkonsultasi dengan petugas medis, bagaimana cara merawat pasien COVID-19, apa saja yang harus saya persiapkan dll. Saya disarankan untuk membeli Oxymeter atau alat ukur saturasi oksigen karena suami saya ada gejala sesak nafas. Makin kacau perasaan saya saat itu!

Support dari Keluarga dan Sahabat

Gejala COVID-19 sendiri bisa dialami pasien mulai dari ringan hingga parah. Untuk suami saya sendiri, saya bisa menyimpulkan bahwa ia berada pada level gejala sedang dengan saturasi oksigen antara 88-93. Namun melihat kondisi beberapa Rumah Sakit Jogja yang penuh dengan pasien COVID-19 saat tu, saya berniat untuk merawatnya sendiri di rumah.

Saya mulai mencari referensi untuk browsing informasi dari Google. Saya pahami satu per satu hingga banyak orang yang peduli dengan kami. Banyak bantuan berdatangan, mulai dari bahan makanan, obat hingga doa yang tak berhenti sepanjang kami berjuang.

Merawat Pasien COVID-19 dari Rumah, Begini Pengalaman Saya

Saat itu saya bertugas sebagai perawat pasien covid, ibu rumah tangga yang menyelesaikan pekerjaan rumah juga karyawan perusahaan yang tetap harus menyelesaikan tugas harian dengan sistem work from home (WFH).

Terasa sangat berat karena saya baru bisa beristirahat di siang menjelang sore, juga di malam harinya. Itu pun harus terpisah kamar dari suami agar lebih aman. Ya, dalam kondisi demikian, saya juga harus berjuang untuk menjaga imun tubuh agar tak tertular.

Pasien Covid di Rumah - Protokol kesehatan
Protokol Kesehatan (pixabay.com)

Nah, inilah beberapa hal yang saya lakukan saat merawat suami yang saat menderita sakit COVID-19 varian Delta.

Pertama, memberikan makanan dengan kandungan gizi baik agar kebutuhan nutrisi terpenuhi sehingga imun tubuh meningkat kembali.

Kedua, pemeriksaan saturasi oksigen harus dilakukan setiap hari (bahkan hampir setiap jam) dan memastikan bahwa angkanya di atas 90.

Ketiga, saya harus menjalankan protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan dan menggunakan masker agar tak tertular.

Keempat, menyemprot disinfektan di bagian-bagian rumah yang sering tersentuh tangan dan membuang sampah medis dalam plastik tertutup rapat. Sprei dan baju pasien juga harus ganti setiap hari agar selalu bersih.

Dan kelima, mental harus selalu sehat, dibuat happy dan selalu berpikir positif.

IndiHome Memfasilitasi Manfaat Internet Cepat untuk Bekerja dari Rumah

Saya sadari sepenuhnya, lebih dari separuh kegiatan di rumah sangat membutuhkan internet dengan jaringan lancar saat itu. Untungnya saya berlangganan IndiHome, salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet) serta layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV).

Sebagai salah satu penyedia layanan internet terbesar di Indonesia, saya sangat terbantu oleh IndiHome atas segala aktivitas saya di dunia maya. Terlebih saat mencari referensi cara merawat pasien COVID-19 dari rumah, obat yang rekomended, cara membersihkan rumah agar steril dari virus, cara mencuci baju pasien COVID dsb.

Tak hanya itu, semua pekerjaan kantor juga dapat saya selesaikan tepat waktu karena manfaat internet cepat dari IndiHome benar-benar saya rasakan dengan internet fiber. Apa saja sih keuntungannya?

  1. IndiHome menghadirkan internet Fiber melalui jaringan fiber optik yang memiliki kualitas jauh lebih stabil apabila dibandingkan dengan jaringan kabel koaksial (tembaga).
  2. Internet fiber dilengkapi dengan Kabel fiber optik. Ini lebih tahan dalam kondisi cuaca apa pun, seperti gangguan elektromagnetik juga serangan petir yang kapan pun bisa terjadi.
  3. Ini adalah teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

***

Jadi, setiap kesusahan pasti terlewati apabila kita menjalaninya dengan penuh rasa syukur. Itulah sedikit pengalaman saya saat merawat pasien COVID-19 sambil bekerja dari rumah. Jaga kesehatan yuk, karena pandemi belum usai 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.