Mencegah Bau Badan Secara Alami? Begini Caranya!

Mencegah Bau Badan Secara Alami

Mencegah bau badan secara alami memang menjadi solusi banyak orang untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jika ditanyakan kepada setiap orang, sudah tentu diantara mereka tak ada yang ingin memiliki bau badan. Selain mengurangi rasa percaya diri, bau badan juga membuat orang-orang di sekitar kita merasa tak nyaman.

Ingin tahu cara mencegah bau badan secara alami? Begini caranya, jangan skip membaca ya 🙂

Apa sih Penyebab Bau Badan?

Bau badan merupakan bau tidak sedap yang dikeluarkan tubuh, dimana ini biasanya disebabkan oleh keringat. Sedangkan keringat adalah proses alami yang membantu tubuh untuk mengatur suhunya. Sesungguhnya keringat itu tak berbau, namun karena bakteri di kulit memanfaatkannya sebagai media untuk berkembangbiak, maka keringat mengeluarkan bau tak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, mencegah bau badan secara alami menjadi solusi aman yang bisa diaplikasikan oleh setiap orang.

Cara Mencegah Bau Badan secara Alami dan Mudah

Jangan sampai kamu dijauhi orang-orang di sekitar gara-gara tercium aroma tubuh yang kurang sedap. Ada cara mengatasi yang mudah, cepat dan tak berisiko? Tentu saja ada. Berikut adalah cara mencegah bau badan secara alami yang bisa kamu coba di rumah!

1. Mencukur Bulu Ketiak

Hasil bakteri yang memecah keringat menjadi penyebab bau badan. Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan mencukur bulu ketiak, baikd engan waxing maupun cukuran. Ini akan membawa manfaat positif, dimana sabun dan produk kebersihan lebih mudah masuk ke dalam kulit dan lubang folikel rambut.

2. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Ternyata ada beberapa makanan yang dapat memicu bau badan. Tentu saja, makanan ini harus kamu hindari agar mengurangi atau mencegah bau badan. Beberapa makanan ini adalah bawang bombai, bawang putih, leek, dan daun bawang, kol, brokoli, kubis Brussel, cabai rawit, daging merah serta alkohol.

3. Manfaatkan Jus Tomat

Siapa penyuka jus tomat? Nah, ada kabar baik nih. Ternyata jus tomat juga berkhasiat untuk melawat bau tak sedap dari tubuh. Selain mengendalikan keringat berlebih, buah tomat ternyata memiliki sifat anti bakteri dan antiseptic yang dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan.

Selain diminum, jus tomat tanpa gula juga bisa dioleskan ke ketiak dengan kapas bersih yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam jus. Mau cobain?

Mencegah Bau Badan Secara Alami dengan Jus Tomat
Mencegah Bau Badan Secara Alami dengan Jus Tomat (pixabay.com)

4. Oleskan Lemon pada Ketiak

Selain jus tomat, kamu juga bisa oleskan irisan lemon langsung pada ketiak. Jika kulitmu sensitive, kamu bisa tambahkan air pada perasan lemon dan usapkan ke ketiak menggunakan kapas. Biarkan sampai kering lalu bilas setelah 10 menit.

Buah yang bersifat asam seperti lemon dapat menyeimbangkan tingkat pH di kulit ketiak, disamping bermanfaat pula untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan ketiak serta mencerahkan ketiak yang gelap.

5. Gunakan deodoran sebelum Tidur

Deodoran sendiri bukan bermanfaat untuk mencegah keringat namun untuk menutupi bau yang dihasilkan bakteri saat berkeringat. Nah, sebelum menggunakan deodorant, pastikan ketiakmu dalam kondisi kering dan bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan deodorant di malam hari sebelum tidur karena kondisi baik untuk menyumbat saluran keringat.

Seimbangkan Tubuh dengan Minum Air Putih

Nah, cara paling mudah mengurangi bau badan adalah dengan banyak minum air putih. Alasannya? Nah, keringat sendiri kan mengandung banyak air. Jika kamu kekurangan cairan, keringat bisa lebih terkonsentrasi dan baunya lebih kuat. Jika menyeimbangkan tubuh dengan air yang cukup, maka racun & bakeri tubuh akan mudah dikeluarkan sehingga akan meminimalisir bau badan.

Jadi, jangan lupa minum air putih yang cukup ya agar selalu fresh dan bebas bau badan!

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.