Cara Merawat Rambut agar Sehat, Kuat dan Berkilau

Cara Merawat Rambut agar Sehat, Kuat dan Berkilau

Cara merawat rambut agar sehat, kuat dan berkilau sesungguhnya tak sulit untuk dilakukan. Apalagi jika kamu memiliki rambut yang masih alami dan jarang tersentuh obat kimia. Tapi jika aktivitas sehari-harinya sudah terbiasa dengan catokan atau curling iron setiap hari, nah kamu harus waspada!

Saat rambut sering terkena panas, baik itu karena alat penata rambut maupun langsung dari sinar matahari, kamu perlu merawatnya secara rutin. Karena apa? Ya, agar keindahannya terjaga karena rambut itu sendiri bisa dikatakan mahkota bagi kaum wanita.

Rambut Kusam dan Kering Membuat Penampilan Kurang Pede?  

Kurangnya produksi minyak alami tentu menyebabkan rambut tampak lebih kering, rapuh, kusam bahkan bercabang. Rambut yang sudah rusak lama-kelamaan akan semakin susah diatur dan rontok. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Tentu saja, kamu harus memahami apa saja penyebab rambut menjadi tak sehat lagi. Misalnya saja lingkungan atau udara yang kotor bisa memudarkan kilau alami rambut. Kondisi ini juga menyebabkan ketombe pada rambut loh jika tidak segera diatasi.

Paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat merusak rambut karena air yang ada di bagian akar rambut menguap sehingga tak jarang menyebabkan kerusakan pada 3 lapisan rambut yaitu kutikula, korteks, dan medula rambut.

Hal sepele lainnya yang jarang kita sadari bahwa keramas terlalu sering juga menyebabkan rambut cepat kering. Ini dikarenakan minyak alami di rambut tercuci oleh shampo saat proses keramas. Dan buat kamu yang suka mewarnai rambut juga wajib hati-hati karena ini memicu kerusakan rambut yang parah!

Cara Merawat Rambut agar Sehat dan Kuat

Coba deh sekarang kamu sentuh helai rambutmu dan rasakan apakah teksturnya masih lembut ataukah sudah kasar. Jika sudah ke arah kasar dan kering, kamu harus berhati-hati karena ini adalah tenda bahwa rambut kamu butuh perawatan.

Lalu, bagaimana sih cara merawat rambut agar sehat alami sepanjang waktu:

1. Pijat Kepala secara Rutin

Pernah tahu tentang ini? Memang, ini terdengar sepele namun ternyata sangat bermanfaat untuk menguatkan rambut. Ya, kamu hanya perlu melakukan pijatan dengan gerakan melingkar pada kulit kepala. Berminat mencoba?

2. Potong Rambut

Seberapa sering kamu memotong rambut? Nah, ternyata memotong rambut secara rutin itu tak hanya membuat rambut menjadi lebih rapi. Tapi juga merupakan salah satu metode untuk emrawat rambut karena dapat mencegah rambut bercabang.

3. Keramas dengan Air Hangat

Ternyata saat keramas pun, kita harus memperhatikan suhu air agar rambut tetap terjaga. Cara yang tepat saat keramas adalah membasahi rambut menggunakan air hangat (bukan panas) saat keramas. Kemudian, bilas dengan air sejuk (bukan dingin). Dengan cara ini, rambut akan tetap terawat sepanjang waktu.

4. Pilih Shampo yang Cocok untuk Rambut

Jenis rambut yang bervariasi, seperti normal, berminyak maupun kering membutuhkan shampo yang tak sama. Jadi, untuk kamu yang ingin melakukan perawatan rambut, pilihlah produk shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Tentunya, hindari pula kandungan zat berbahaya yang dapat merusak rambut.

5. Jangan terlalu sering memakai Catokan dan Pengering Rambut

Nah, cara styling rambut yang dengan alat catok atau pengering rambut memang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Namun kamu juga harus tahu bahwa jika dilakukan dalam jangka panjang, akan mendatangkan efek rambut kering, kasar dan juga rapuh. Jadi, antisipasi dengan jarak penggunaan yang tak terlalu sering!

Cara merawat rambut secara alami
Cara merawat rambut

Produk Perawatan Rambut yang Rekomended

Nah, saya sendiri memiliki rambut dengan tekstur agak kering karena sempat melakukan smoothing beberapa bulan yang lalu. Tapi saya mencoba untuk merawatnya secara perlahan agar efek sampingnya tak terlalu parah.

Selain rutin merawatnya dengan masker rambut, saya juga pilih shampo yang aman buat rambut. Nah, produk perawatan rambut yang saya sukai dan cocok banget untuk merawat rambut harian adalah TRESemme.

TRESemme adalah brand perawatan rambut ternama asal Amerika Serikat yang menyediakan berbagai macam rangkaian produk haircare seperti shampoo dan conditioner, dry shampoo, mousse, gel, hair spray, dan sebagainya.

TRESemmé selalu berupaya memotivasi wanita modern di mana pun untuk berjalan dengan rasa percaya diri setiap hari. Oleh karenanya, dengan produk ini, rambut saya menjadi lebih halus, lembut, sehat dan tidak bercabang.

Tak hanya itu, cara menghilangkan ketombe basah, cara merawat rambut yang diwarnai,  juga bisa dilakukan dengan produk ini. Empat kategori produknya, yaitu shampo, kondisioner, hair spray dan Heat Protect Spray cukup memanjakan kita yang ingin memiliki rambut sehat, lembut dan berkilau.

Saya sudah mencoba TRESemme nih, kamu kapan?

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.