Miss Riana

Taman Air Menari Perwujudan “One Planet One Health”

Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta

Jika orang tua sering mengeluhkan rutinitas yang membuat  jenuh  dan  stres,  tampaknya  hal  ini  juga berlaku bagi anak. Sekalipun mereka  tak  pernah secara langsung mengatakan, hal  ini bisa dilihat dari tingkah laku anak yang mungkin berbeda dari biasanya. Malas makan, murung, mengurung diri, malas belajar, rewel bahkan menolak saat diajak temannya bermain bisa jadi karena ia jenuh. 

Nah, untuk mengembalikan moodnya, gak ada salahnya loh bunda ajakin  si  kecil  untuk refreshing atau jalan-jalan. Tentu saja ini membawa dampak positif bagi si anak. Selain melatihnya untuk mengenal alam dan berempati terhadap lingkungan di luar sana, cara ini juga ampuh untuk memperkuat ikatan kasih sayang dalam keluarga.

Ternyata Mainan Air itu Bermanfaat bagi Anak

Salah satu  media bermain yang sangat disukai anak-anak adalah air.  Ya, memang  menyejukkan dan dan sensasi dinginnya sangat menarik perhatian anak-anak. Jika sudah mendekat, dijamin deh si anak bakal mewek kalau dijauhkan dari area bermain basah-basahan ini. Hehe….

Wajar jika bunda merasa khawatir jika buah hatinya berlama-lama di air. Takut sakit flu, batuk terus apa lagi? 😀 Tapi ada yang perlu bunda tahu, bahwa bermain air ternyata juga punya manfaat positif bagi anak loh.

Beneran? Iya dong. Biar gak penasaran, berikut beberapa manfaat yang perlu bunda tahu:

1. Meningkatkan perkembangan fisik, motorik dan sensorik anak

Loh kok bisa ya? Bisa dong. Jadi, saat anak bermain air, secara otomatis akna terjadi koordinasi antara mata, tangan, kaki dan alat gerak lainnya. Nah, ini bermanfaat banget untuk melatih ketangkasan tubuh anak.

2. Meningkatkan ilmu pengetahuan anak

Kepikir gak, saat anak bermain air, secara otomatis bunda mengajarkan kepada anak tentang air, terjadinya hujan, bentuk zat cair dsb. Gak hanya itu, konsep pengukuran, banyak dan sedikit dst juga bisa dipelajari dari berman air. Wih, hebat juga ya 😀

3. Memancing Anak Menemukan Solusi Masalah

Nah, saat anak pertama kali belajar berenang, tubuhnya akan sangat ringan hingga potensi tubuhnya terbalik, terombang-ambing, bahkan tenggelam pasti ada. Nah, disanalah secara alami ia akan mencari cara bagaimana agar tubuhnya seimbang dan bernafas dengan nyaman.

4. Melatih Kreativitas anak

Nah, saat berada di air, ada banyak bahasa tubuh anak yang bisa terlihat. Ada yang membawa wadah untuk diisi air, ada yang berpose membelai rambut seperti yang sering ia lihat di TV, dsb. Disitulah kreativitas dan imajinasi anak terbentuk. Mereka bebas menjadi apa yang mereka mau.

5. Melatih Kesabaran

Karena air, banyak anak yang terkena cipratan hingga matanya pedas atau terpeleset hingga kakinya bengkak. Tapi yang namanya anak, mereka mengabaikan sakit dan melanjutkan permainannya. Disinilah anak belajar, bahwa kesabaran itu memang dibutuhkan untuk mendapatkan sesuai yang diinginkan.

Re-Opening “Taman Air Menari” di Taman Pintar untuk Mendukung Keluarga Sehat

Nah, setelah melihat betapa bermanfaatnya bermain air, bunda masih saja khawatir nih saat si kecil main becek-becekan? Hihihi.. Jika masih galau, cobain deh ajakin mereka ke “Taman Air Menari” di Taman Pintar Yogyakarta. Menarik banget loh, apalagi kemarin baru saja diadakan re-opening taman bermain yang jadi idola anak-anak ini.

Ini karya siapa sih? Jadi, Taman Air Menari ini sukses dikembangkan atas kerjasama Taman Pintar Yogyakarta dengan Danone Indonesia. Sejalan dengan komitmennya, yaitu mendukung kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak Indonesia, wajah baru wahana Taman Air Menari ini akhirnya dipamerkan. Saat membahas tentang keunggulan wahana ini, saya yakin beberapa bunda yang sebelumnya mengkhawatirkan anaknya bermain air, akan langsung luluh deh. Hihihi… Berikut keunggulan Wahana “Taman Air Menari” yang baru saja dibuka kembali.

1. Perwujudan misi “One Planet One Health”

Nah, Danone punya misi “One Planet One Health”, dimana tujuannya adalah membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang di dunia melalui nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat hingga aktivitas fisik yang teratur. Wahana “Taman Air Menari” ini memang bermanfaat karena memberikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi di luar ruangan sambil mengasah kemampuan motorik dan imajinasinya.

2. Mendukung Gaya Hidup Sehat

Keunggulan wahana ini adalah mendukung gaya hidup sehat keluarga Indonesia. Kok bisa? Begini, data Riskedas tahun 2018 menunjukkan bahwa 33,5% masyarakat Indonesia di atas 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal, ini bermanfaat banget untuk menjaga kesehatan, kebugaran, penyerapan nutrisi dsb.

Nah, beruntung banget kemarin saya sempat menyimak informasi yang diberikan oleh dr. Mei neni Sitaresmi, PhD, SPA (K), yang tak lain merupakan dokter anak dengan pengalaman yang luar biasa. Beliau mengatakan bahwa orang tua harus mengarahkan anak-anaknya untuk belajar hidup sehat sedini mungkin. Nah, dengan cara apa saja itu? Tentu saja dengan konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan melakukan aktivitas fisik untuk menstimulasi si kecil.  

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak diatas 2 tahun, bunda bisa mengaplikasikan program “Isi Piringku”, dimana ini merupakan kombinasi 50% buah dan sayur, serta 50% karbohidrat dan protein (hewani) dengan makanan yang bervariasi. Nah, untuk mendukung aktivitas fisik, bunda bisa mengajak si kecil untuk refreshing di wahana bermain yang ia suka, seperti “Taman Air Menari” ini.

3. Fasilitas Gratis untuk pengunjung

Berapa sih tiket masuk wahana ini? Jangan khawatir, “Taman Air Menari” yang terletak di area outdoor ini bisa dinikmati secara gratis atau tanpa dipungut biaya appaun. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Danone dalam rangka menyediakan sarana bermain anak yang aman, nyaman, dan memberi kesempatan mereka untuk berkembang.

Wah, asyik banget ya wahana ini. Selain punya banyak keunggulan, ternyata juga gratis loh untuk dinikmati setiap pengjung. Yuk bunda, ajakin aak-anak main ke sana, wahana bermain anak yang murah meriah dan aman pastinya karena dilengkapi dengan standar keamanan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *