Jogja Sinergy Office Rutin Fasilitasi Program Kesehatan Gratis

Senyum Warga Dusun Klidon Sambut Event Sehat Jogja Sinergy Office

Jogja Sinergy Office – Iringan lagu “Pamer Bojo” versi cendol dawet meramaikan senam sehat di pagi itu (29/02/20). Ya, Dusun Klidon yang ada di Ngaglik, Sleman ini memang tampak bersih nan hijau. Pertama kali memasuki area ini memang berbeda, hawa segarnya masih sangat terasa. Dalam rangka apa sih saya bela-belain datang ke sini? 😀

Nah, ceritanya hari itu merupakan hari istimewa bagi kampung tersebut. Pasalnya, warga diajak untuk beraktivitas sehat mulai pagi hingga menjelang siang. Warga kampang pun berbondong-bondong mendatangi area salah satu warga yang memiliki sebuah halaman luas. Tak lama, instruktur senam yang mengenakan atribut serba merah pun mulai menyemangati warga dengan sapaan ramah.

Membangun Masyarakat Sehat dan Produktif

Saya dan seorang blogger sahabat, Vika Kurniawati, juga tampak asyik mempersiapkan “alat perang” untuk mendokumentasikan acara menarik ini. Sebelum acara pertama dimulai, seorang warga memberikan sepatah dua patah kata untuk rangkaian acara yang akan dilaksanakan. Tak terkecuali pengumuman kegiatan internal kampung mumpung banyak warga yang hadir di tempat itu.

Oh ya, biar gak penasaran, saya akan kasih tahu rangkaian kegiatan menyehatkan yang membuat warga tampak senyum ceria di pagi cerah itu.

1. Senam Kesehatan Jasmani

Kepala saya ikut-ikutan bergoyang saat beberapa lagu dangdut koplo “mengguncang” kampung ini. Ya, gerakan warga mulai dari balita hingga lansia ini tampak dinamis dan lumayan menyumbangkan kehangatan di pagi yang dingin itu. “Pake senam lansia aja nggih bu, gerakannya gampang, biar semua bisa ikut”, terang instruktur saat ingin memulai gerakan olah tubuh ini.

Senam Kesehatan di Pagi hari (dok. Riana Dewie)

Walaupun tampak sepele, namun raut wajah ceria tak luput dari sebagian besar warga yang mengikuti senam. Dibalik semangat mereka, ada beberapa kejadian lucu yang terekam, misal seorang ibu yang selalu salah mengikuti ritme gerakan atau seorang bapak yang menurut saya punya stok semangat berlebih hingga tak canggung berteriak saat mengikuti hentakan gerakan instruktur. Hihihi…

2. Kembulan Jajan Pasar

Ada sekitar lima lagu yang mengiringi senam sehat ini, mulai pemanasan hingga pendinginan tubuh. Hebat loh, diantara mereka yang mengikuti senam, tak ada satu pun yang “tumbang” di tengah jalan. Bahkan makin lama, warga yang bergabung makin banyak. Tentu ini mengisyaratkan bahwa kegiatan ini lumayan menarik perhatian warga sekitar.

Aneka Jajan Pasar Dinikmati oleh warga desa usai senam sehat (Dok. Riana Dewie)

Usai mengikuti senam kesehatan, warga disuguhi dengan aneka jajan pasar yang menarik hati. Saya dong, gak mau ketinggalan juga buat icip-icip jajanan yang lumayan membuat selera makan saya meningkat, diantaranya martabak dan jenang. Eh, ada satu lagi kudapan yang dibuat dari singkong namun saya lupa namanya. Hihihi… Saya mah tahunya enak dan enak banget. Pokoknya dinikmati 😀

Disini saya lihat warga berbaur dan saling bercerita satu sama lain. Ada yang nge-gosip tentang aktivitas mereka di pagi hari, ada yang sharing tentang makanan kesukaan dsb.

Nah, walau tampak banyak, ternyata tidak semua warga bisa hadir pagi itu karena kesibukan mereka. “Sobo wonten sawah, mbak….”, terang seorang ibu yang duduk di sebelah saya sambil menikmati kudapan berwarna hijau saat menjelaskan alasan absennya sebagian warga.

3. Cek Kesehatan Gratis

Nah, ini adalah acara klimaks dari rangkaian kegiatan sehat di pagi itu. Jadi, setelah berhepi-hepi ria untuk membentuk mood baik di hari itu, warga juga diberikan fasilitas cek kesehatan gratis.

Ada tiga macam fasilitas cek kesehatan yang disediakan, yaitu cek tekanan darah, cek gula darah dan juga cek asam urat. Warga yang ingin mengikuti wajib menulis daftar nama di form yang sudah disediakan lalu mengantri sesuai dengan nomor urutannya.

.

Mereka tampak bersemangat untuk mengikuti rangkaian acara sehat di hari itu. Sesekali candaan dilontarkan warga ke tenaga medis yang hadir sehingga menghadirkan suasana yang cair bahkan tampak guyub rukun. “umur kulo sampun 90, tigang dinten kulo kraos mumet” (umur saya sudah 90, tiga hari ini saya merasa pusing), keluh seorang simbah yang menjadi peserta terakhir dari program ini.

Tahu Gak Siapa yang Sponsorin Kegiatan Sosial ini?

Sekecil apapun perbuatan baik pastinya bisa berdampak besar bagi yang membutuhkannya. Jadi, rangkaian kegiatan sehat ini diadakan oleh JSO (Jogja Synergy Office). Ada yang sudah tahu, apa itu JSO? Kalau belum, yuk kita kenalan dulu 🙂

Pada Desember 2018, JSO SMB yang merupakan singkatan dari Jogja Synergy Office – Sinergi Membangun Bangsa berdiri dengan memegang prinsip ‘bersinergi’. Dengan siapa saja? Tentu saja banyak dan tak ada batas, bisa dengan para karyawan, investor, stakeholder dan semua pihak yang  memiliki semangat tinggi untuk bergabung dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) demi membangun bangsa.

Nah, acara kesehatan yang saya ikuti ini merupakan program CSR kedua, dimana yang pertama telah sukses diselenggarakan di daerah Prambanan pada Desember tahun lalu. Berdiri di bawah nauangan PT. Sinergi Membangun Bangsa, perusahaan ini tak hanya beriorientasi pada profit namun juga berkomitmen untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik. Ya, keseimbangan sosial kan harus diperjuangan untuk mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat.

Selain berkecimpung di bidang sosial, JSO juga mewadahi anak-anak jaman sekarang untuk mengolah ide ataupun kreativitasnya di Meeting Room Space yang disediakan. Tak hanya itu, JSO juga akan memberikan pelayanan terbaik jika ada masyarakat yang membutuhkan beberapa jasa, seperti Tour and Travel, Property Developer, Web Developer dan berbagai kebutuhan ekonomi lainnya.

Warga Desa Klidon Berfoto bersama dengan Tim Jogja Sinergy Offoice (dok. Riana Dewie)

Ternyata kebutuhan akan perawatan kesehatan masyarakat memang sering terabaikan, terutama saat diri sendiri tidak peduli. Dari acara ringan bertajuk “Sehat Bersama PT. Sinergi Membangun Bangsa” ini, semoga kedepannya masyarakat Dusun Klidon semakin menyadari pola hidup sehat dan mengolah kebugaran untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Semoga JSO selalu sukses dalam pelayanan kepada masyarakat dan semakin banyak pihak yang bersinergi untuk membangun bangsa agar lebih maju dan sehat.  

Seperti kata bijak dari Abdullah Gymnastiar (AA Gym) berikut ini, “Bantu sesama. Kalau orang yang kita bantu kemudian membantu orang lain, Insya Allah akan terjadi sinergi”.

Riana Dewie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *