8 Gejala PMS pada Wanita yang Wajib Kamu Tahu

Inilah gejala PMS pada wanita

Gejala PMS pada wanita tak jarang mendatangkan perasaan kurang nyaman, baik bagi diri sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Area payudara dan perut sering menjadi biang keroknya, sehingga tak heran jika wanita di masa ini sering merasa kurang sehat bahkan memiliki emosi yang tak stabil.

Banyak pria kadang merasa heran atau bingung saat mendapati pasangannya mengalami PMS, apa pun yang dilakukan selalu saja salah. Hehehe… Nah, untuk mengantisipasi, yuk belajar bareng tentang PMS pada wanita.

Apa itu PMS?

Premenstrual syndrome (PMS) adalah serangkaian gejala yang dirasakan wanita menjelang haid atau menstruasi. Gejala yang paling tampak dirasakan adalah mood yang berubah drastis, mudah marah, mengidam makanan tertentu seperti saat hamil, payudara mengencang bahkan terparahnya adalah depresi.

Hal yang harus digarisbawahi, umumnya gejala PMS pada wanita akan makin buruk seiring pertambahan usia. Apalagi untuk wanita yang hampir memasuki usia 40 hingga 50 tahun, atau yang mendekati masa menopause bisa jadi mengalami PMS yang lebih berat.

Setiap wanita akan mengalami gejala PMS yang tak selalu sama. Oleh karenanya, saat memasuki masa PMS, sebaiknya wanita berusaha untuk menenangkan hati dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Kapan Wanita Mengalami PMS?

Gejala PMS bisa dirasakan wanita sejak satu hingga dua minggu sebelum haid atau menstruasi. Tenang saja, kondisi ini akan langsung hilang begitu memasuki masa menstruasi.

Penyebab PMS pada Wanita

Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya faktor apa yang menyebabkan terjadinya PMS pada wanita? Menurut informasi yang saya baca, kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron secara drastis. Itulah alasan mengapa PMS tak jarang menimbulkan perubahan suasana hati, bahkan memicu kecemasan.

Selain itu, hormon serotonin juga berpengaruh pada emosional wanita. Hormon yang satu ini merupakan zat kimia pada otak dan usus yang kan menimbulkan dampak tertentu pada hati, pikiran juga emosi.

Inilah Gejala PMS pada wanita yang sering dirasakan
Gejala PMS pada wanita (PMS)

Ciri-Ciri PMS yang Dialami Wanita  

Sindrom pra-menstruasi atau PMS biasanya muncul setelah masa ovulasi atau terlepasnya sel telur dari indung telur, hingga menjelang masa haid. Kalau kamu menemukan seseorang dengan ciri-ciri lagi PMS, jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang menyinggung ya, daripada kena semprot. Hahaha.. Bercanda.

Nah, agar lebih memahami apa saja sih gejala PMS pada wanita yang sering dialami, berikut saya berikan sedikit ulasannya.

1. Mudah Lelah

Jika kamu suatu ketika hanya ingin bermalas-malasan, sering mengantuk bahkan mudah lelah saat kondisi tertentu, bisa jadi ini adalah tanda-tanda PMS. Jika begini, jangan lupa konsumsi makanan penuh vitamin agar kesehatan terjaga.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala menjelang haid sering disebabkan akibat perubahan kadar hormon, dan ini bisa terjadi sebelum, selama atau setelah masa menstruasi. Tak perlu khawatir berlebihan karena banyak wanita yang merasakan hal sama.  

3. Nyeri pada Payudara

Ada yang merasakan bagian payudara nyeri dan terasa berat? Ini adalah salah satu ciri-ciri PMS yang wajar terjadi. Jika terpaksanya harus melakukan treatment sekitaran payudara, beri tekanan lembut saja agar tak menimbulkan rasa sakit.

4. Vagina Kering

Keputihan pada wanita sering menjadi tanda sebelum masa menstruasi tiba. Namun kondisi lain bisa saja terjadi, dimana sebagian wanita juga menderita kekeringan vagina sehingga tak jarang menimbulkan rasa sakit saat berhubungan badan.

5. Sakit Punggung

Ada yang langganan kram menstruasi setiap bulannya? Nah, ini tentunya sangat menyebalkan karena wanita akan merasakan nyeri pada punggung, perut maupun paha bagian dalam. Ya, atur waktu istirahat senyamannya agar rasa sakitnya berkurang.

6. Mudah Haus

Wanita yang sedang mengalami PMS seringkali merasa kehausan saat beraktivitas. Untuk menjaga keseimbangan tubuh, tak ada salahnya memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.  

7. Perubahan Suasana Hati

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, salah satu gejala sebelum wanita haid adalah terjadinya perubahan suasana hati yang terjadi tiba-tiba. Ini menimbulkan perasaan sensitif yang membuat wanita ingin terus dimengerti oleh orang-orang sekitarnya.

Wanita makan kue enak
Wanita makan kue (pixabay)

8. Ngidam seperti Orang Hamil

Ada yang tiba-tiba ingin makan mangga muda, sambal super pedas, nafsu makan meningkat drastis atau ngidam makanan lain tanpa alasan jelas? Nah, bisa jadi ini merupakan gejala PMS yang harus diperhatikan. Nah, moment ini boleh banget dimanfaatkan untuk memanjakan lidah. Hehehe…

Cara Mengatasi PMS dengan Positif

Untuk mengurangi dampak akibat ketidakstabilan tubuh, baik fisik maupun psikis menjelang menstruasi, lakukan segala aktivitas yang selalu bikin happy, jauhkan diri dari pikiran negatif, piknik ke tempat asyik bersama orang-orang tercinta dan jangan lupa, konsumsi makanan sehat dan banyaklah istirahat.

Riana Dewie

11 thoughts on “8 Gejala PMS pada Wanita yang Wajib Kamu Tahu

  1. Aku pernah konsul ke halodoc, karena masalah sakit punggung, sebelum2nya nggak pernah ada keluhan sakit punggung, setelah konsul udah lega jadi tau penyebapnya, sama dikasih anjuran vitamin yg bisa langsung dipesan di halodoc juga.

  2. Nah, ini bapack2, abang2, mas2 WAJIB BANGET paham seputar gejala PMS.
    Jadi kalo pasangannya tampak cemberut, mood swing, gampang ngegas, dll dst, mohon dipahami yaaakk 😀
    Ini siklus sebulan sekali doang kok wkwkwkwk
    bukanbocahbiasa(dot)com

  3. Kalau lagi PMS itu nano-nano banget, mood berubah. Seringnya mudah marah gitu. Makanya kalau udah masuk tanggal, agak menghindari hal-hal yang bisa bikin naik darah

  4. Kalo saya sakit paha
    Luar biasa sakitnya, tapi saya tahan karena gak mau kebiasaan minum obat
    Paling minum kunyit asam buatan sendiri

  5. benar banget ini mbak
    aku klo pmas suka ngerasa nyeri pada payudara
    terus mood swing banget
    btw aku juga pernah konsultasi kesehatan lewat halodoc

  6. Aku dulu sering ngalamin ngidam jelang menstruasi. Bingung juga sih karena ketika hamil nggak pernah ngidam, hahaa

  7. Kalau istriku di rumah kadang juga begitu sih. Cuma gak sampe yang kesel banget enggak. Biasanya badan jadi lemes aja. Gak sampai kayak yang ekstrem gitu.

  8. Hahhahha kalau aku biasanya jerawatan di lokasi yang itu-itu aja dna suka ngidam wkwkkw lucu ya PMS ternyata bisa mempengaruhi hal-hal yang kadang di luar nalar

  9. Kalau saya itu yang kerasa banget, menjadi bad mood alias suka marah2. Tapi untung suami paham …. Maka ya dicuekin aja. Maksudnya nggak dimasukin ke hati

  10. Iya niih…artikelnya pas banget sama aku yang sedang menyambut PMS.
    Rasanya gak nyaman banget dan mudah lelah. Tiba-tiba kedinginan dan ingin tidur.
    Apa banyak makan makanan manis ini ngefek juga yaah?

Tinggalkan Balasan

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.